Daftar Makanan Terbaik untuk Penglihatan Anak Anda

Oleh

Nutrisi yang baik bisa menjadi bahan bakar untuk tubuh Anda, memberikan kontribusi untuk kesehatan mata, bahkan bisa mempengaruhi bagaimana pikiran Anda bekerja.

Pada masa-masa remaja Anda, diet sehat sangat penting untuk menjaga Anda tetap waspada dan memperkuat otot dan tulang Anda. Pilihan makanan yang bijak juga membantu menjaga kulit Anda tetap halus dan bersih untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Di samping memberikan energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas di sekolah, berolahraga, dan melakukan kegiatan lainnya, gizi yang baik juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Memulai kebiasaan makan yang baik pada saat remaja akan membantu penglihatan pada kondisi terbaik, menjaga berat badan yang sehat saat dewasa, dan dapat menurunkan risiko masalah mata  serius tertentu di kemudian hari, termasuk katarak, degenerasi makula, dan diabetes retinopati.

Berikut adalah vitamin kunci dan nutrisi yang memainkan peran penting dalam penglihatan yang baik:

Vitamin A

Vitamin A, biasanya bahan pertama pada label botol multivitamin, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anak Anda.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah penglihatan di malam hari. Hal ini juga dapat menyebabkan mata kering cukup parah, yang dapat menyebabkan infeksi mata dan kehilangan penglihatan.

Karotenoid

Nutrisi penting lainnya untuk mata dan penglihatan anak Anda adalah pigmen kuning, oranye, dan merah dalam buah-buahan, serta sayuran yang disebut karotenoid.

Pro-vitamin A karotenoid. Alpha-karoten, beta-karoten dan beta-cryptoxanthin disebut pro-vitamin A karotenoid, karena tubuh anak Anda mengkonversi vitamin tersebut menjadi vitamin A selama pencernaan.

Lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin adalah zat penting untuk mata anak Anda, karena mereka membantu melindungi retina mata dari kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari yang berbahaya, yaitu sinar ultraviolet (UV) dan cahaya berenergi tinggi atau High-Energy Visible (HEV). Terlalu lama terpapar UV dan sinar HEV dapat merusak retina dan meningkatkan risiko terserang degenerasi makula.

Lycopene

Lycopene, sejenis karotenoid lain yang penting untuk penglihatan lebih baik, adalah pigmen yang memberikan warna merah pada tomat. Semakin banyak kandungan lycopene, semakin tomat berwarna merah. Selain tomat dan jus tomat, sumber lycopen termasuk semangka, jeruk, aprikot dan jeruk darah.

Vitamin C

Vitamin C (juga disebut asam askorbat), adalah vitamin yang larut dalam air dan antioksidan yang kuat, melimpah pada banyak buah-buahan dan sayuran. Sumbernya termasuk jeruk dan jus jeruk, paprika merah dan hijau, jeruk, strawberry, brokoli dan kale.

Vitamin C juga sangat penting untuk mata anak Anda. Studi menunjukkan suplemen vitamin C dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula di kemudian hari.

Bioflavonoid

Bioflavonoid (juga disebut flavonoid) adalah keluarga besar pigmen alami yang ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran yang sama dengan sumber dari vitamin C.

Vitamin E

Vitamin E, vitamin antioksidan yang kuat, membantu tubuh anak Anda memproduksi sel darah merah. Vitamin ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah beberapa jenis kanker. Studi juga menunjukkan vitamin E dapat membantu menjaga penglihatan yang baik sepanjang hidup anak Anda dengan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Berikut ini adalah 7 makanan yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan dan dapat membantu menjaga kesehatan mata anak Anda:

  1. WORTEL. Menyediakan vitamin A dan antioksidan beta-karoten yang ampuh. Sebagai sumber kalium dan serat, wortel juga baik untuk seluruh tubuh.
  2. UBI. Makanan satu ini juga kaya vitamin A, beta-karoten, kalium dan serat, seperti wortel. Ini bisa terjadi mungkin karena sama-sama berwarna oranye!
  3. STRAWBERRY.  Buah ini juga memiliki vitamin C, ditambah folat (vitamin B), serat dan berbagai fitonutrien pencegah kanker.
  4. JERUK. Buah ini  adalah “bom” vitamin C dan mengandung potasium, serat, kalsium dan asam folat.
  5. ALMOND. Almond mengandung vitamin E, bersama dengan asam lemak tak jenuh tunggal.
  6. BAYAM. Sayur ini sarat dengan lutein. Mengkonsumsi sayur berdaun hijau yang banyak dapat menurunkan risiko degenerasi makula. Hal-hal lain yang baik dalam bayam adalah zat besi, vitamin K, dan folat.
  7. SALMON. Ikan ini mengandung omega-3 asam lemak lebih banyak dibandingkan ikan laut lainnya.

Yang juga perlu Anda baca