Anak Hobi Main Gadget? Jaga Kesehatan Matanya dengan Buah Merah

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Menjaga kesehatan mata anak menjadi salah satu tantangan orangtua, terutama di zaman modern ini. Anak yang banyak menghabiskan waktunya bertatap dengan layar gadget, umumnya mengalami beberapa keluhan.

Selalu ada cara untuk menjaga agar mata anak tetap sehat. Salah satunya dengan konsumsi buah merah dan minyak ikan.

Buah merah untuk menjaga kesehatan mata anak

penyakit mata pada anak

Anda mungkin tak bisa menghindari anak memegang dan berinteraksi dengan gadget. Di zaman yang modern ini, anak secara mudah mengoperasikan gadget. Ketertarikan terhadap teknologi layar sentuh membuat mereka enggan melepaskannya.

Terlalu lama menatap layar gadget membuat ketegangan pada otot mata. Hal ini bisa menimbulkan gejala seperti mata terasa panas, gatal, dan lelah. Sebagian anak juga merasakan pusing, kelelahan, pandangan kabur, kehilangan fokus, dan sakit pada leher.

Bagaimanapun, orangtua juga perlu mengajak anak untuk menjaga kesehatan mata. Selain melakukan upaya untuk mengurangi penggunaan gawai, orangtua perlu memberikan suplemen khusus untuk menjaga mata anak agar tetap sehat.

Salah satu caranya dengan konsumsi buah merah. Dikenal dengan istilah Pandanus conoideus, buah ini memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan mata anak. Buah merah  merupakan buah yang kaya akan beta karoten sebagai sumber vitamin A.

Penelitian dari Public Health Nutrition juga mencatat bahwa buah merah dapat menjadi cara untuk mengatasi kekurangan vitamin A.

Vitamin A merupakan komponen antioksidan yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan mata, pertumbuhan tulang, dan sistem imunitas tubuh. Kandungan tersebut juga menjaga lapisan mata dan secara efektif menangkal bakteri, virus, maupun mengurangi risiko infeksi mata.

Masalah yang kerap dihadapi oleh anak yang sering bermain gadget adalah mata kering dan merah. Vitamin A yang terkandung dalam buah merah ini mampu memberikan perlindungan terhadap kornea. Kandungan ini pun membantu lubrikasi, sehingga mata tetap terjaga kelembabannya.

Selain buah merah, penting juga mengonsumsi minyak ikan

Manfaat minyak ikan adalah

Di samping buah merah, minyak ikan pun dapat menjaga kesehatan mata anak. Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan mengandung DHA dan EPA. Kedua kandungan tersebut dalam asam lemak omega 3 bermanfaat untuk menjaga kelembaban mata dan mendukung fungsi otak. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, anak yang terbiasa bermain gadget biasanya mengalami mata kering hingga iritasi. Namun, keduanya juga dapat dicegah dengan konsumsi minyak ikan. 

Walaupun anak kerap menghabiskan waktunya di hadapan gadget, orangtua bisa memberikannya suplementasi minyak ikan. 

Kelenjar meibom dapat secara alami diperbaiki oleh asam lemak omega 3 (EPA dan DHA) dalam minyak ikan. Dengan demikian kelenjar tersebut dapat secara optimal memproduksi minyak pada air mata sehingga dapat terjaga kelembapannya.

Dalam kondisi tertentu, mata kering dapat menimbulkan iritasi. Menurut National Eye Institute, suplementasi minyak ikan bisa dilakukan untuk mengurangi gejala mata kering dan iritasi pada mata.  Sehingga kesehatan mata anak pun terjaga secara baik.

Optimal jaga kesehatan mata anak dengan suplemen buah merah dan minyak ikan

Mengingatkan anak untuk membatasi diri dengan pemakaian gadget, tentu baik untuk merawat matanya secara keseluruhan. Selain itu, beritahu anak bahwa ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena bisa merusak kesehatan matanya, seperti menonton televisi terlalu dekat, sering membaca, atau menonton dalam gelap.

Bagaimanapun, mata merupakan indera penglihatan yang berkontribusi dalam melakukan aktivitas hariannya baik di sekolah, rumah, maupun dalam pergaulannya.

Sebagai orangtua, Anda juga perlu mengajak anak untuk menjaga kesehatan matanya. Melalui suplemen yang mengandung buah merah dan minyak ikan. Di mana keduanya memiliki kandungan aktif untuk mencegah mata kering dan iritasi mata. 

Oleh karena itu, kesehatan mata anak perlu senantiasa terawat. Terutama anak yang sering melibatkan aktivitasnya pada gadget.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain Kesulitan Membedakan Warna, Amati Ciri-Ciri Buta Warna Lainnya Pada Anak

Dari beragam masalah mata, buta warna merupakan salah satu yang mungkin dialami si kecil. Apa saja ciri-ciri buta warna pada bayi dan anak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 23 April 2020 . Waktu baca 7 menit

Kapan Anak Boleh Pakai Lensa Kontak?

Selain kacamata, ternyata anak dengan masalah mata tertentu juga boleh pakai lensa kontak. Namun, kapan anak sudah dibolehkan menggunakan alat ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 16 Mei 2019 . Waktu baca 3 menit

7 Manfaat Tak Terduga Buah Kesemek untuk Kesehatan

Tak banyak yang tahu seperti apa buah kesemek. Padahal, buah kesemek mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang sangat sayang jika dilewatkan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Fakta Gizi, Nutrisi 25 April 2019 . Waktu baca 5 menit

Amblyopia (Mata Malas)

Mata malas (amblyopia) adalah satu jenis gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerja otot mata dan saraf otak yang tidak bekerja sama dengan baik.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 4 Desember 2018 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mempertajam penglihatan mata

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit
minyak hati ikan kod

4 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod Bagi Kesehatan Anak

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
menjaga kesehatan mata anak

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit
omega 3 untuk ibu hamil

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit