Bagaimana Gangguan Spektrum Autisme Didiagnosis Pada Anak dan Dewasa?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gangguan spektrum autisme semakin sering terjadi pada anak-anak di seluruh dunia. Begitu seorang anak didiagnosis dengan autisme, ia harus menjalani kondisi tersebut seumur hidupnya. Namun, perawatan dini dapat membantunya menjadi lebih baik. Supaya berhasil dalam mengatasinya, autisme harus didiagnosis sesegera mungkin. Lantas kapan dan bagaimana diagnosis autisme bisa diberikan oleh dokter? Ini dia informasi lengkapnya. 

Diagnosis autisme pada anak-anak

Kadang, diagnosis autisme pada anak-anak yang masih terus berkembang sulit untuk dipastikan. Namun, mendapatkan diagnosis dini dapat membantu orangtua memahami kebutuhan anaknya dan memberikannya dukungan dan perawatan yang tepat. Berikut langkah-langkah ditegakkannya diagnosis autisme pada anak.

Konsultasi dokter

Pertama, Anda perlu konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Buat janji dengan dokter yang berpengalaman dengan anak-anak autisme. Bawalah catatan atau buku harian perilaku anak Anda saat menemui dokter. Ingatlah untuk mencatat perilaku yang membuat Anda berpikir bahwa anak Anda mengidap gangguan spektrum autisme.

Pemeriksaan

Jika anak Anda belum bersekolah, dokter bisa menjalankan M-chat (modifikasi checklist untuk gangguan spektrum autisme pada balita). Dokter akan memeriksa perilaku dan perkembangan anak Anda, mengajukan beberapa pertanyaan padanya, atau berbicara dan bermain dengannya untuk melihat reaksi anak. Misalnya bagaimana cara anak berbicara, berperilaku, bergerak, merespon, dan belajar.

Anak Anda (dan anak-anak lain yang tidak dicurigai mengidap gangguan spektrum autisme) harus menjalani pemeriksaan di usia 9 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan 30 bulan. Pemeriksaan ini juga dikenal dengan istilah screening. Terkadang, anak mungkin memerlukan lebih banyak tes screening jika dokter merekomendasikan.

Jika dokter melihat adanya tanda-tanda masalah pada anak Anda, maka akan dilakukan assessment.

Assessment

Para spesialis (dokter perkembangan anak, ahli saraf anak, psikolog, atau psikiater anak) akan mengajukan beberapa pertanyaan pada Anda terkait kesehatan dan perilaku anak Anda. Mereka juga akan memeriksa pendengaran dan penglihatannya. Tes neurologis, tes genetik, dan tes medis lainnya mungkin juga direkomendasikan bila perlu.

Dalam beberapa kasus, Anda dan anak akan diminta untuk menghadiri serangkaian pertemuan dan wawancara sehingga perkembangan, perilaku, keterampilan, dan aktivitas anak Anda bisa terus dipantau. Setelah itu, barulah para spesialis bisa menegakkan diagnosis autisme. 

Diagnosis autisme pada orang dewasa

Ada sejumlah tes online untuk gangguan spektrum autisme, tetapi tidak ada satu pun yang mampu memberikan hasil pasti. Anda harus menemui dokter untuk memahami segalanya secara menyeluruh.

Mendapatkan diagnosis autisme dapat membantu Anda memahami mengapa selama ini Anda mengalami kesulitan, apa yang bisa dilakukan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan dukungan dan perawatan yang tepat.

mengatasi ejakulasi dini

Konsultasi dokter

Jika Anda atau orang-orang terdekat curiga bahwa Anda mengidap gangguan spektrum autisme, cari dokter terpercaya yang berpengalaman dalam menangani orang-orang dengan gangguan spektrum autisme. Anda akan menjalani wawancara singkat dengan dokter.

Saat berkonsultasi, jelaskan padanya mengapa Anda atau orang lain bisa berpikir bahwa Anda mungkin mengidap gangguan spektrum autisme. Misalnya Anda mungkin kesulitan untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran, berkomunikasi dengan orang lain, atau menggunakan imajinasi Anda.

Assessment

Selama assessment Anda, tenaga kesehatan (terapis wicara, dokter, terapis okupasi) akan bekerja untuk melihat bagaimana cara Anda berperilaku dalam situasi sosial. Selain itu, mereka juga akan mempelajari masa kecil, riwayat kesehatan, serta kehidupan pribadi maupun pekerjaan Anda.

Jika setelah penilaian ini Anda didiagnosis dengan autisme, mereka akan menyarankan Anda untuk menghadiri pertemuan lebih lanjut untuk mempersiapkan langkah-langkah berikutnya.

Diagnosis dini dapat membantu orang-orang dengan autisme untuk mendapatkan perawatan yang tepat di waktu yang tepat. Dengan begitu, si kecil atau Anda sendiri bisa belajar keterampilan baru dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan sehari-hari.

Menurut badan kesehatan Inggris National Health Service, mendapatkan diagnosis autisme juga akan membantu orang-orang terdekat supaya bisa memahami kondisi Anda lebih dalam. Hal ini tentu bisa meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan keluarga, sahabat, dan rekan kerja.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Memanjangkan kuku seringkali menjadi pilihan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri. Namun, kuku yang panjang ternyata memiliki segelintir risiko.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Berlari tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah kesalahan saat lari yang patut dihindari supaya waktu berolahraga Anda tak terbuang sia-sia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
mencium bau

Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit