backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan
Konten

Perhatikan! Ini Cara Mengeluarkan Benda Asing dari Hidung Anak

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 07/07/2023

Perhatikan! Ini Cara Mengeluarkan Benda Asing dari Hidung Anak

Tak jarang orangtua merasa panik hingga melakukan berbagai cara untuk mengeluarkan benda asing dari hidung si Kecil karena keisengannya. Seperti Anda ketahui, selain sering terjatuh dari kursi atau digigit serangga, anak-anak cenderung suka memasukkan segala macam benda asing ke dalam hidung mereka.

Begitu terjebak di dalam hidung, benda tersebut bisa menyebabkan banyak masalah dari ringan hingga berat. Inilah kenapa, mengetahui cara mengeluarkan benda asing dari rongga hidung anak menjadi sangat penting, terutama bagi orangtua. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tanda hidung anak kemasukan benda asing

Anak-anak di bawah 5 tahun memang sering bereksperimen dengan tubuh mereka dengan memasukkan benda asing atau benda yang bukan milik mereka ke dalam hidung.

Kondisi ini memang merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan anak. Sering kali mereka melakukannya karena penasaran.

Namun, bisa jadi anak Anda meniru anak-anak lain. Bahkan terkadang, mereka secara tidak sengaja menghirup benda asing saat mencoba menciumnya.

Anak Anda mungkin memberi tahu kalau ia memasukkan sesuatu ke dalam hidungnya atau Anda mungkin menemukan tandanya sendiri.

Mengutip University of Rochester Medical Center, disebutkan bahwa gejala paling umum dari benda asing yang masuk ke dalam hidung adalah drainase hidung.

Drainase biasanya hanya muncul di sisi hidung dengan objek dan seringkali berbau tidak sedap.

Kendati begitu, akibat dari hidung yang kemasukan benda asing ini bisa bermacam-macam, mulai dari sulit bernapas, iritasi, infeksi, atau bahkan perdarahan.

Terkadang juga saat anak Anda bernapas terdengar suara ngik-ngik atau mengi.

Cara mengeluarkan benda asing dari hidung anak

hidung kemasukan benda

Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa digunakan oleh Anda untuk mengeluarkan benda dari hidung, sebagai berikut.

1. Menggunakan alat

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil benda asing di hidung yakni menggunakan bantuan alat.

Jika Anda bisa melihat benda tersebut, gunakan pinset datar untuk mengeluarkannya. Apabila anak Anda cukup dewasa dan tahu cara meniup hidungnya, mintalah dia untuk melakukannya.

2. Dengan tiupan

Ada teknik yang dianggap aman dan efektif untuk mengeluarkan benda asing seperti kacang polong dari hidung anak. Ini disebut mother’s kissatau “ciuman ibu.”

Supaya berhasil, yang dibutuhkan hanyalah ibu atau pengasuh anak yang dipercaya.

Pertama-tama, sebagai proses ciuman, silakan Anda “kunci” atau bungkam mulut anak dengan mulut Anda sendiri.

Kemudian, Anda memblokir lubang hidung anak yang tidak tersumbat dengan jari Anda.

Terakhir, tiup udara dengan kuat ke dalam mulut anak. Berkat adanya tekanan, benda yang terjebak dalam hidung anak akan tertiup keluar.

Meski begitu, bila benda asing ternyata masuk ke dalam kedua lubang hidung anak Anda bahkan hingga menyebabkannya sulit untuk bernapas, maka segera bawa ia ke dokter.

Hal itu dilakukan agar dokter dapat mengeluarkan benda asing itu secepatnya.

Benda yang rentan masuk ke hidung

  • Tisu.
  • Manik-manik.
  • Tanah liat.
  • Busa.
  • Potongan mainan.
  • Penghapus.

Pertolongan pertama untuk mengeluarkan benda asing dari hidung anak

tulangb hidung sakit

Sebelum mengeluarkan benda asing dari hidung anak, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat dan lakukan sebagai langkah pertolongan pertama, meliputi.

  • Jangan pernah memasukkan jari atau apapun ke dalam lubang hidung anak untuk mengeluarkan benda tersebut. Ini bisa mendorong benda yang terjebak menjadi masuk semakin dalam ke rongga hidung.
  • Jika Anda tidak bisa melihat benda tersebut, jangan mencoba untuk mengeluarkannya. Pada situasi ini, bawalah anak Anda langsung ke dokter untuk meminta bantuan.
  • Jika Anda merasa bahwa Anda belum mengeluarkan semua bagian kacang dari hidung anak, pergilah ke rumah sakit.
  • Jika Anda telah mengeluarkan benda yang terjebak tetapi hidung anak Anda tetap berdarah, bawalah dia ke rumah sakit.

Setelah mengeluarkan benda tersebut, dokter anak Anda mungkin meresepkan obat tetes hidung, salep antibiotik, atau antibiotik oral jika dicurigai adanya infeksi terkait.

Hidung yang tersumbat karena benda asing adalah hal yang sangat umum pada anak-anak, terlepas dari kenyataan bahwa ini bisa mengancam hidup anak Anda.

Sangat penting bagi orang tua untuk memiliki pengetahuan cara untuk mengatasi kecelakaan ini. 

Selain itu, ingatlah untuk mengajarkan pada anak Anda cara yang benar dalam memilih jenis mainan terutama dengan benda-benda kecil.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 07/07/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan