Pentingnya Menggambar Bagi Si Kecil dan Tips Mengembangkan Bakatnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2019 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Menggambar merupakan kegiatan yang disukai oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Tak jarang di usia balita hingga awal masuk sekolah, tembok rumah Anda dipenuhi berbagai coretan gambar si kecil. Tenang, tidak perlu marah. Aktivitas gambar di mana saja ada tempat kosong ini memang lumrah terjadi di usia anak-anak.

Anda sebagai orangtua hanya perlu memberikan wadah yang tepat saja, berupa kanvas atau kertas gambar contohnya. Lagipula, menggambar punya banyak manfaat besar untuk anak Anda. Apa saja manfaatnya?

Manfaat menggambar untuk anak

manfaat menggambar

1.  Motorik halus anak bisa berkembang

Gerakan tangan anak saat ia gambar sesuatu di kertas atau bahkan tembok rumah Anda ternyata bermanfaat untuk motorik halusnya. Motorik halus (termasuk gerakan tangan, pergelangan tangan, dan jari) perlahan bisa terlatih dan semakin berkembang.

Perlu diketahui bahwa motorik halus orang dewasa contohnya berupa keterampilan saat mengetik, mengemudi, atau bahkan menulis dengan tangan. Sedangkan pada usia awal atau usia anak-anak contoh motorik halus yang bisa dikembangkan yaitu menggambar, memegang, atau menggenggam sesuatu.

2. Membantu anak membangun konsentrasi

Apabila anak suka menggambar di rumah, jangan dilarang! Aktvitas corat-coret di kertas ini bisa bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak, lho. Anak juga akan fokus pada rincian kecil pada gambar, anak akan berimajinasi dalam gambarnya, dan anak juga bisa fokus menyelesaikan sesuatu dengan gambarnya.

3. Meningkatkan kekompakan antara fungsi mata dan tangan

Selain meningkatkan keterampilan motorik halus, menggambar memungkinkan anak Anda untuk menyatukan sinkron antara apa yang ia lihat dan yang ia torehkan di kertas gambar.

Koordinasi tangan dan mata ini penting untuk perkembangan anak, contohnya saat olahraga atau bahkan untuk manfaat akademiknya saat pelajaran menulis.

4. Meningkatkan kepercayaan diri anak

Tanpa disangka, ketika anak menggambar lalu dipuji oleh orangtuanya bahwa gambarnya bagus, itu dapat membangun kepercayaan dirinya.

Ketika anak Anda memiliki kesempatan untuk membuat gambar dari imajinasi, pikiran, dan pengalamannya, ini akan membuat mereka terus menggali sesuatu yang baru. Secara tidak langsung kepercayaan diri anak dapat terbangun dengan apa kemampuan yang ia punya.  

5. Mengajarkan anak memecahkan masalah secara kreatif

Manfaat menggambar untuk anak tidak hanya untuk melatih kreativitas atau imajinasinya saja. Ini juga bisa sebagai cara anak berlatih menyelesaikan masalah secara kreatif. Contohnya, saat anak menggambar, ia harus menentukan cara terbaik untuk menghubungkan bagian-bagian atau titik tertentu, menggambarkan emosi, dan menggambarkan tekstur gambar tertentu.

6. Melatih kesabaran anak

Anak-anak yang berlatih keterampilan seperti balet atau bahkan menggambar, pastinya butuh banyak waktu untuk mencapai goal-nya. Contoh, dalam menggambar anak akan berusaha menyempurnakan gambarnya satu sampai empat kali percobaan. Selama proses menyempurnakan gambar ini, anak akan belajar bersabar agar gambarnya lebih bagus lagi.

Ini sangat penting bagi anak dalam menghadapi dunia kompetisi dewasa nanti saat anak dituntut untuk tetap sabar dan tidak mudah menyerah saat mempelajari keterampilan baru.

Orangtua yang menggambar bersama anak juga akan dapatkan manfaatnya

Saat anak menggambar, coba sesekali Anda menemaninya dan ikut gambar sesuatu di kertas yang berbeda. Kegiatan ini juga dapat membuat ikatan dan hubungan Anda dengan anak bertambah dekat.

Anda wajib meluangkan waktu bersama anak, terlebih apabila Anda sehari-harinya bekerja jarang bertemu anak. Anda juga bisa melihat bagaimana seberapa jauh perkembangan dan tumbuh kembang anak pada kegiatan ini.

Selain itu, menggambar bagi orang dewasa juga punya banyak manfaat seperti bisa memperbaiki mood yang buruk. Saat menorehkan pensil pada kertas gambar, perhatian dan konsentrasi Anda dapat teralihkan sementara pada gambar yang sedang Anda kerjakan.

Di sinilah proses seni gambar dapat menyingkirkan stres kerja, emosi, rasa kesal dan apa pun yang bisa buat mood Anda turun. Maka dari itu, beberapa kegiatan seni seperti gambar, menari, atau menyanyi  bisa memperbaiki suasana hati seseorang.

Tips mendukung keterampilan menggambar anak

manfaat seni

Orangtua umumnya bisa melihat apa bakat anak, apa yang anak sukai, atau jenis kegiatan apa yang mereka minati. Jika sudah muncul ketertarikan pada menggambar atau melukis, sebaiknya orangtua memfasilitasi dengan menyediakan ruangan atau area khusus, meja, kertas gambar, dan pensil warna bagi anak mengembangkan kreativitasnya.

Memiliki area khusus untuk anak menggambar bisa menjadi cara yang bagus untuk  menarik dan mendorong anak-anak rajin menggambar.

Mengekspresikan bakat kreativitas anak dapat membangun kemandirian pada anak-anak, karena mereka secara alami belajar melakukan apa pun sendiri, berdasarkan kemampuan dan kreativitasnya.

Untuk mendukung bakat anak, coba para orangtua berupaya atau menunjukkan minat dengan bertanya kepada anak mereka tentang kisah atau makna di balik gambarnya seperti, “Wah, Adek, gambarnya bagus. Tentang apa ini?” atau “Susah, nggak, Adek bikin gambar sebagus ini?”

Jangan lupa untuk memberikan pujian pada setiap karya yang ia buat. Ketika anak meminta pendapat atau mengajukan pertanyaan terkait gambarnya, jangan ragu untuk memberikan jawaban manis yang bisa mendukung ia untuk tetap terus membuat gambar yang lebih bagus.

Untuk menambah ketertarikannya soal gambar, coba tugaskan anak untuk membuat gambar tentang keluarga dengan permintaan warna yang cerah. Dengan begitu, anak akan merasa bahwa karya dan kemampuan mereka dihargai, dibutuhkan, dan yang paling penting ia merasa bahwa yang ia lakukan didukung sepenuh hati oleh orangtuanya.

Untuk membantu anak Anda merasa termotivasi untuk terus berkarya, Anda mungkin bisa membingkai atau memajang gambar anak di kamarnya, ruang keluarga, atau bahkan di tempat ruangan gambar khusus miliknya.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Serba-Serbi Membesarkan Anak Dengan Kepribadian Introvert

Cari tahu apa itu introvert, apa tanda-tandanya jika si kecil memiliki kepribadian introvert, dan apa yang perlu Anda lakukan sebagai orangtua.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 20 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Demam Anak Tidak Sembuh-Sembuh Meski Sudah Minum Obat, Harus Bagaimana?

Demam anak umumnya mudah ditangani dengan obat penurun panas. Tapi jika demamnya tidak kunjung sembuh setelah minum obat, bahayakah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gejala Umum pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 17 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

10 Cara Seru Mengajarkan Anak Belajar Membaca

Hobi membaca buku wajib ditanamkan sejak kecil agar terus berlanjut sampai dewasa. Bagaimana cara mengajarkan anak mulai belajar membaca?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 16 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit

TBC Pada Anak: Ketahui Gejala, Perbedaan dengan Orang Dewasa, dan Pengobatannya

Banyak kasus TBC atau TB pada anak terlambat ditangani karena gejalanya sering kali bukan batuk-batuk. Apa saja gejala yang biasanya muncul pada anak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Gangguan Pernapasan pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 14 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pedoman makanan anak 1-3 tahun

Pedoman Praktis Makanan untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
kasur tempat tidur bayi

4 Tips Mudah Memilih Kasur Bayi yang Aman dan Nyaman

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 27 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
anak cengeng

7 Cara Menghadapi Anak Cengeng Tanpa Drama

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit