backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak Satu Tahun ke Atas​​

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Riska Herliafifah · Tanggal diperbarui 05/04/2024

Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak Satu Tahun ke Atas​​

Susu adalah sumber nutrisi yang penting untuk anak karena kandungannya yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan protein yang baik. Mulai usia satu tahun, anak sudah dibolehkan untuk mulai minum susu sapi. Namun, jenis susu yang seperti apa yang baik dikonsumsi si kecil? Berikut tips memilih susu untuk anak usia di atas satu tahun.

Jenis-jenis susu untuk anak

Anak usia 1 tahun ke atas dapat diberikan susu pertumbuhan, hal ini dikarenakan sistem pencernaan anak usia satu tahun sudah matang dan relatif mampu mencerna berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu sapi.

Susu sapi adalah susu yang paling banyak dikonsumsi, dan mengandung berbagai vitamin dan nutrisi penting, seperti vitamin D, kalsium, natrium, niasin, dan protein.

Ada berbagai jenis susu sapi yang tersedia di pasaran, seperti susu skim, susu low fat (rendah lemak), dan susu bubuk. Dari semua jenis susu sapi ini memiliki kandungan lemak yang berbeda.

Berikut adalah jumlah lemak yang dimiliki setiap jenis susu.

  • Susu skim: sekitar kurang dari 2 gram lemak
  • Susu rendah lemak: sekitar 2,5-4,5 gram lemak
  • Susu bubuk: sekitar 5 gram lemak

Susu sapi jenis apa yang terbaik untuk anak?

Jika melihat dari kandungan lemak tersebut, mungkin Anda sebagai orangtua akan lebih memilih memberikan susu skim atau rendah lemak, karena kebanyakan orang tua menganggap lemak tidak baik. Padahal sebenarnya, lemak dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak.

Lemak adalah zat gizi yang termasuk penting dalam perkembangan anak Anda. Lemak dibutuhkan untuk membangun jaringan tubuh, termasuk sistem saraf dan pengendalian hormon. Jadi, pastikan kebutuhan lemak anak Anda terpenuhi.

Lemak susu mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak anak.

Bahkan, sebuah penelitian dari Nutrients juga mendukung bahwa kandungan asam lemak omega 3&6 dapat membantu menurunkan risiko obesitas.  

Oleh karena itu, susu bubuk bisa menjadi pilihan jenis susu untuk anak usia satu tahun ke atas yang baik.

Selain dari kandungan lemak, susu bubuk yang melalui proses fortifikasi juga memiliki lebih banyak nutrisi penting untuk dukung tumbuh kembang anak Anda.

Di dalam susu bubuk yang terfortifikasi terdapat juga nutrisi penting seperti zat besi, vitamin C, dan DHA yang berpengaruh besar bagi kognitif dan tumbuh kembang anak.

Perhatikan kandungan zat besi dalam susu

Selain lemak, kandungan zat besi tidak kalah penting dalam mendukung pertumbuhan anak. 

Dikutip dari penelitian yang dipresentasikan di ICHWB 2023, anak yang terpenuhi kebutuhan zat besi hariannya mengalami kenaikan tinggi badan 0,5 cm. 

Berdasarkan penelitian terbitan Plos One, zat besi berperan penting dalam menjaga anak tetap fokus dan mendukung kecerdasan otak anak. Si kecil berisiko mengalami anemia bila kekurangan zat besi.

Maka dari itu, memenuhi kebutuhan tinggi badan anak, berikan asupan gizi seimbang, terutama dari sumber protein hewani yang kaya zat besi. Salah satunya adalah susu yang menjadi nutrisi tambahan pilihan untuk memenuhi kebutuhan zat besi si Kecil.

Untuk itu, bantu optimalkan kebutuhan zat besi harian si Kecil dengan pemberian susu pertumbuhan yang terfortifikasi dengan kombinasi unik zat besi dan vitamin C 

Kombinasi unik zat besi dan vitamin C dengan rasio molar 1:2 dapat memaksimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh hingga 2x lipat untuk pencegahan anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi.

Cara memilih susu bubuk yang baik untuk anak

Pilihan susu yang baik untuk anak adalah susu pertumbuhan dalam bentuk susu bubuk yang telah difortifikasi dengan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk dukung tumbuh kembang anak. 

Salah satu susu pertumbuhan yang mengandung banyak nutrisi penting adalah SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor 1+ sudah terbukti menjadi susu No.1 pilihan jutaan Bunda untuk mendukung nutrisi anak Indonesia. 

Tentunya jutaan Bunda ini memiliki jutaan alasan mengapa pilih SGM Eksplor 1+. Salah satu alasannya karena SGM Eksplor merupakan satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung IronC™, kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi hingga 2x lipat. 

Konsumsi 2 gelas SGM Eksplor setiap harinya sudah terbukti bantu pemenuhan 100% kecukupan zat besi harian si kecil selain dari makanan. Zat Besi penting untuk dukung kecerdasan si Kecil.

Alasan berikutnya, dalam setiap gelas SGM Eksplor 1+, mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan anak untuk dukung tumbuh kembang maksimalnya, seperti:

  • DHA 100% berkualitas, 
  • minyak ikan tuna yang lebih baik dari minyak ikan lainnya, dan 
  • omega 3&6.
  • Kandungan ini sangat bagus untuk mendukung perkembangan daya pikir si Kecil.

    Selain dukung daya pikir, SGM Eksplor 1+  juga tinggi akan protein, vitamin D, dan kalsium untuk dukung pertumbuhan fisik. 

    Nah, ini yang tidak kalah penting, SGM Eksplor 1+ juga mengandung sumber serat pangan, juga dilengkapi tinggi vitamin C dan Zinc untuk dukung daya tahan tubuh si Kecil. Dengan kandungan tersebut dapat dukung si Kecil untuk tumbuh jadi Generasi Maju yang berpikir cepat dan berani maju.

    Selain itu rasanya pasti disukai si Kecil, terbukti 99% anak suka rasa dari SGM Eksplor yang creamy dan milky!

    Perlu diingat pemberian susu pertumbuhan ini perlu dibarengi dengan pemberian makanan dengan gizi seimbang dan stimulasi tepat. Jadi, pastikan untuk pilih yang isinya lebih banyak nutrisi penting untuk dukung tumbuh kembang maksimal anak.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Tania Savitri

    General Practitioner · Integrated Therapeutic


    Ditulis oleh Riska Herliafifah · Tanggal diperbarui 05/04/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan