Welmove

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Nama Generik: Welmove Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa welmove digunakan?

Welmove adalah merk suplemen makanan berbentuk kaplet yang memiliki kandungan glucosamine hydrochloride 500 mg,  chondroitin, vitamin C, dan berbagai mineral seperti mangan, magnesium, dan zinc.

Sebenarnya, glucosamine adalah molekul yang secara alami ada di dalam tubuh, tetapi zat ini juga biasa digunakan sebagai bahan aktif utama suplemen makan. Bahkan, bahan aktif ini memang digunakan di berbagai suplemen makan, termasuk welmove.

Kandungan glucosamine dan chondroitin yang terdapat di dalam welmove sama-sama digunakan untuk memelihara kesehatan tulang dan sendi. Tetapi, glucosamine memiliki peran yang lebih banyak dan chondroitin biasanya digunakan sebagai bahan pendukung.

Selain memelihara kesehatan tulang dan sendi, welmove juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit, nyeri, dan peradangan yang disebabkan oleh kondisi osteoarthritis, yaitu pengapuran sendi.

Tidak hanya itu, welmove dikabarkan dapat mengatasi beberapa kondisi kesehatan, seperti:

Suplemen ini dianggap aman untuk digunakan sebagai suplemen pengurang rasa sakit, khususnya bagi orang yang tidak bisa menggunakan obat jenis NSAID atau nonsteroidal anti-inflammatory drugs.

Mengingat welmove adalah suplemen, Anda bisa membelinya di apotek tanpa membutuhkan resep dari dokter.

Bagaimana cara penggunaan welmove?

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda harus menggunakan welmove sesuai dengan tata cara penggunaan yang tepat. Di antaranya adalah:

  • Obat ini dikonsumsi dengan cara diminum. Untuk lebih jelasnya, baca aturan pakai yang tertera pada kemasan suplemen.
  • Jika ada informasi yang kurang jelas bagi Anda, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada apoteker atau dokter.
  • Jika Anda sudah menggunakan welmove, hindari menggunakan suplemen lain yang mengandung glucosamine, karena dapat meningkatkan risiko overdosis.
  • Saat menggunakan suplemen makanan ini, hasil tes gula darah Anda mungkin berubah menjadi tidak normal. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, jangan menggunakan obat ini kecuali jika dokter mengizinkan.
  • Jika Anda hendak menjalani operasi, beri tahu dokter Anda terlebih dahulu jika Anda sedang di bawah pengaruh glucosamine.
  • Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda harus rutin menggunakannya selama 4-8 minggu. Tetapi, jika kondisi Anda tidak segera membaik atau justru semakin memburuk, beri tahu dokter.

Bagaimana cara penyimpanan welmove?

Tidak jauh berbeda dengan cara penyimpanan obat, Anda harus menyimpan suplemen makanan ini dengan cara yang baik agar produk tidak rusak. Demi mewujudkannya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Di antaranya adalah:

  • Jangan menyimpan obat ini di tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas. Sebaiknya, welmove disimpan di tempat dengan suhu ruang.
  • Jangan menyimpan suplemen ini di dalam kamar mandi.
  • Jangan pula menyimpannya di dalam freezer hingga membeku.
  • Jauhkan suplemen ini dari tempat yang lembap.
  • Jauhkan suplemen ini dari paparan sinar matahari atau cahaya langsung.
  • Jauhkan suplemen ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Merek lain yang mengandung glucosamine dan chondroitin mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Jika Anda sudah tidak menggunakan suplemen makanan ini lagi atau jika sudah habis masa berlakunya, Anda harus membuang suplemen ini. Meski begitu, tetap ada tata cara yang harus Anda patuhi. Contohnya, sebaiknya saat membuang sampah produk ini, jangan menggabungkannya dengan sampah rumah tangga lainnya. Selain itu, jangan menyiramkan suplemen ini ke dalam toilet atau saluran pembuangan air lainnya.

Hal-hal tersebut harus dilakukan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan akibat sampah obat. Namun, jika Anda tidak yakin bagaimana tata cara membuang obat dan suplemen yang benar, tanyakan kepada apoteker atau petugas dari instansi pembuangan sampah setempat untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis welmove untuk dewasa?

Dosis dewasa untuk osteoarthritis

Satu tablet Welmove (500 mg) dapat diminum tiga kali sehari.  Total dosis hariannya adalah 1500 mg.

Bagaimana dosis welmove untuk anak-anak?

Belum dapat ditentukan dosis suplemen makanan ini untuk anak-anak. Tetapi, jika Anda hendak memberikannya kepada anak-anak, tanyakan kepada apoteker atau dokter apakah suplemen ini boleh digunakan untuk anak-anak.

Pastikan pula manfaat dari penggunaan suplemen lebih baik dibanding risikonya. Hanya gunakan suplemen ini untuk anak-anak jika manfaatnya lebih besar dan dokter memberi saran atau mengizinkan Anda memberikan suplemen ini untuk anak-anak.

Dalam dosis apa welmove tersedia?

Welmove tersedia dalam bentuk kaplet yang mengandung glucosamine HCl 500 mg, Chondroitin SO4 400 mg, vitamin C 50 mg, dan Mn 0.5 mg, Mg, 10 mg, dan Zn 5 mg.

Efek Samping

Apa efek samping yang mungkin terjadi jika menggunakan welmove?

Sama halnya dengan penggunaan obat-obatan atau suplemen lainnya, penggunaan welmove juga memiliki kemungkinan efek samping penggunaan obat. Efek samping ini bisa berupa kondisi kesehatan yang ringan hingga yang cukup serius. Efek samping berikut terjadi akibat kandungan glucosamine di dalamnya, yaitu:

  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Heartburn atau dada terasa seperti terbakar 
  • Perut terasa sakit
  • Sembelit
  • Mengantuk
  • Reaksi alergi
  • Sakit kepala
  • Tubuh terasa lemah
  • Reaksi alergi, seperti ruam kulit, kesulitan bernafas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan.

Sementara, efek samping lain yang mungkin muncul akibat kandungan chondroitin sulfate di dalamnya adalah:

  • Penyakit sapi gila
  • Perut kembung
  • Mata bengkak
  • Betis bengkak
  • Rambut rontok
  • Ruam kulit
  • Ritme jantung tak beraturan

Tidak semua efek samping disebutkan dalam daftar di atas. Anda mungkin tidak mengalami efek samping sama sekali saat menggunakan suplemen makanan ini. Tetapi, jika Anda mengalami efek samping tertentu setelah menggunakan obat ini, segera hubungi apoteker atau dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Peringatan & Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan welmove?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan suplemen makanan ini, Anda mungkin harus mempelajari beberapa hal berikut.

  • Beri tahu dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, kolesterol tinggi, kanker, gangguan liver, asma atau berbagai masalah pernafasan lainnya.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap glucosamine, chondroitin sulfate, atau bahan-bahan lain yang terdapat di dalam welmove. Jika Anda tidak tahu komposisinya, tanyakan kepada apoteker apa saja kandungan welmove.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan, makanan, zat pengawet, zat pewarna, atau hewan.
  • Beri tahu segala jenis obat-obatan yang sedang atau hendak Anda gunakan termasuk obat resep, nonresep, multivitamin, hingga produk herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil atau berencana hamil saat hendak menggunakan suplemen makan ini.
  • Kandungan utama dalam welmove, glucosamine, dapat mengencerkan darah. Oleh sebab itu, sebaiknya tanyakan kepada dokter atau apoteker saat Anda ingin menggunakan obat-obatan pengencer darah karena menggunakannya bersamaan dengan suplemen makan ini mungkin dapat meningkatkan risiko overdosis.
  • Penderita diabetes sebaiknya menghindari penggunaan suplemen makan ini, karena kandungan glucosamine di dalamnya dapat meningkatkan gula darah. Hal ini terjadi karena glucosamine mengandung glukosa.
  • Jika Anda hendak menggunakan suplemen ini, hentikan segala penggunaan obat dan suplemen yang mengandung skullcap, yaitu salah satu jenis tanaman herbal yang biasanya dijadikan ramuan untuk obat-obatan herbal dari Tiongkok.
  • Welmove memiliki kandungan mineral mangan di dalamnya. Terlalu banyak mengonsumsi suplemen ini dapat meningkatkan risiko keracunan mangan.

Apakah welmove aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?

Masih belum dapat diketahui dengan pasti apakah obat ini dapat memberikan dampak negatif terhadap ibu hamil dan kandungannya. Tetapi, sebaiknya jangan menggunakan suplemen makanan ini jika Anda sedang dalam kondisi hamil. Hal ini mungkin diperbolehkan selama Anda telah berkonsultasi kepada dokter dan dokter telah memberikan ‘lampu hijau’ untuk menggunakannya.

Obat ini juga mungkin dapat keluar dari Air Susu Ibu (ASI) pada ibu yang sedang menyusui, sehingga kemungkinannya untuk tidak sengaja dikonsumsi oleh bayi yang menyusu sangat tinggi. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu manfaat dan risiko penggunaan suplemen makanan ini. Hanya gunakan jika manfaatnya lebih besar dibanding risikonya, dan dokter telah memberikan izin agar Anda menggunakannya.

Interaksi

Obat-obatan apa yang dapat berinteraksi dengan welmove?

Suplemen makanan yang satu ini juga memiliki potensi atau kemungkinan interaksi dengan obat-obatan yang Anda konsumsi. Interaksi yang terjadi biasanya disebabkan oleh bahan aktif yang terdapat di dalamnya.

Jika terjadi interaksi, ada dua kemungkinan; baik dan buruk. Kemungkinan baiknya, interaksi antar obat dan suplemen yang terjadi biasanya menjadi pengobatan terbaik untuk kondisi kesehatan Anda.

Kemungkinan buruknya, interaksi dapat meningkatkan risiko efek samping atau justru mengubah cara kerja obat atau suplemen yang sedang Anda gunakan. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mencatat segala jenis obat yang Anda gunakan, termasuk obat resep, obat nonresep, multivitamin, dan produk herbal.

Berikut adalah obat yang mungkin berinteraksi dengan glucosamine dan chondroitin, kandungan bahan aktif utama pada welmove. Jenis interaksi yang mungkin terjadi adalah jenis interaksi sedang, sehingga jika digunakan bersamaan, penggunaan obat dan suplemen mungkin menjadi bentuk pengobatan terbaik untuk Anda. Tetapi, mungkin juga mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek sampingnya.

  • Anisindione
  • Dicumarol
  • Obat-obatan kemoterapi seperti teniposide dan doxorubicin
  • Warfarin dan obat-obatan pengencer darah lainnya.

Apa makanan dan alkohol yang dapat berinteraksi dengan welmove?

Tidak hanya dengan obat, makanan dan minuman juga dapat berinteraksi dengan suplemen ini. Interaksi yang terjadi mungkin dapat meningkatkan risiko efek samping penggunaan suplemen.

Maka dari itu, obat-obatan atau suplemen tertentu sebaiknya tidak dikonsumsi pada waktu makan atau saat memakan jenis makanan tertentu karena dapat terjadi interaksi.

Mengonsumsi alkohol atau produk yang berasal dari tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya interaksi. Diskusikan dengan ahli kesehatan Anda untuk penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau produk yang berasal dari tembakau. Hindari pula mengonsumsi jeruk bali atau olahannya saat menggunakan suplemen ini.

Apa kondisi kesehatan yang dapat berinteraksi dengan welmove?

Tidak hanya obat, makanan dan alkohol, ada pula kondisi kesehatan tertentu yang dapat berinteraksi dengan welmove. Interaksi mungkin terjadi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu saat menggunakan suplemen ini.

Sama halnya dengan interaksi lainnya, interaksi antara obat dan kondisi kesehatan dapat meningkatkan risiko efek samping dari penggunaan obat dan suplemen. Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang mungkin berinteraksi dengan suplemen makan ini, seperti:

  • Kanker
  • Gangguan liver
  • Diabetes. Kandungan glucosamine di dalamnya dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh pada penderita diabetes tipe 2. Sebaiknya, jika hendak menggunakan suplemen makan ini, lakukan pengecekan darah secara rutin.
  • Kolesterol tinggi. Penggunaan welmove dapat meningkatkan level kolesterol pada beberapa orang karena ada kandungan glucosamine di dalamnya. Glucosamine juga dapat meningkatkan kadar insulin.
  • Tekanan darah tinggi. Pada beberapa kasus, suplemen makan ini juga dapat meningkatkan tekanan darah tinggi yang mungkin terjadi jika kadar insulin di dalam tubuh meningkat. Kandungan glucosamine di dalam welmove dapat meningkatkan kadar insulin.
  • Asma atau berbagai masalah pernafasan lainnya.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan satu dosis penggunaan suplemen makan ini, segera minum dosis yang terlupa. Namun, jika waktu telah menunjukkan waktu untuk mengonsumsi dosis berikutnya, minum dosis berikutnya sesuai dengan jadwal dan lewatkan dosis yang terlupa.

Jangan menggandakan dosis karena dosis yang lebih banyak dari yang seharusnya Anda gunakan dapat memicu terjadinya overdosis serta meningkatkan risiko efek samping penggunaan obat.

Selain itu, meningkatkan dosis tidak dapat menjamin Anda akan lebih cepat sembuh. Selalu konsultasikan segala penggunaan obat dan suplemen dengan ahli medis profesional agar tidak melakukan kesalahan penggunaan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca