Minum Metformin Bikin Kurus, Apa Benar?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda memiliki diabetes tipe dua dan harus melakukan kontrol gula darah dengan obat, bisa jadi Anda pernah mendapatkan metformin dalam resep yang diberikan oleh dokter Anda. Ya, metformin merupakan obat paling umum yang biasanya diresepkan untuk penderita diabetes tipe dua. Metformin adalah obat antidiabetes golongan sulfonilurea. Obat ini berfungsi untuk mengendalikan dan menstabilkan kadar gula yang berada di dalam darah. Metformin bekerja dengan mengurangi kadar gula yang diproduksi oleh hati, tempat pankreas menghasilkan hormon insulin, ke aliran darah. Obat ini juga mengembalikan respons tubuh Anda terhadap insulin.

Metformin merupakan obat lini pertama yang sering dianjurkan bagi penderita diabetes tipe dua. Obat ini diberikan ketika gula darah tak dapat lagi dikendalikan hanya dengan pengaturan makan dan olahraga. Hampir setiap obat-obatan memiliki efek samping, meski jarang yang membutuhkan perhatian serius. Hal ini berlaku pula ketika Anda minum metformin.

Konsumsi metformin mungkin bisa membawa efek samping. Beberapa efek samping yang dapat Anda rasakan antara lain adalah nyeri otot, sakit perut, mengantuk, dan diare. Dari efek-efek samping yang dihasilkan oleh metformin, mungkin akan ada satu efek samping metformin yang dapat Anda terima dengan tangan terbuka, yakni bikin kurus. Terlebih jika Anda memiliki obesitas, tentu Anda melihat ini sebagai peluang menurunkan berat badan.

Bagaimana metformin bisa bikin kurus?

Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap normal merupakan sebuah keharusan untuk mencegah komplikasi diabetes. Penggunaan metformin, tentu dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dengan kadar gula yang terus terkontrol, seorang penderita diabetes bisa terhindar dari komplikasi.

Metformin juga terbukti dapat bikin kurus alias  menurunkan berat badan. Itu sebabnya, obat ini kerap diresepkan kepada pasien diabetes yang juga obesitas. Hal ini dapat terjadi jika penderita diabetes tersebut tetap mengimbangi konsumsi metformin sambil menjalankan program perencanaan makan yang sehat dan olahraga rutin.

Metformin bekerja dengan cara menjaga agar gula darah tidak melonjak terlalu tinggi sehingga tubuh tak perlu memproduksi insulin terlalu banyak. Belum ada penyebab pasti mengapa obat ini dapat menurunkan bobot tubuh sehingga bikin badan kurus. Namun, salah satu teori mengatakan bahwa metformin mampu mengurangi bobot tubuh karena berperan dalam menekan nafsu makan. Dengan begitu, makanan yang masuk ke tubuh menjadi lebih sedikit.

Metformin dinilai mampu mengubah cara tubuh Anda dalam menggunakan serta menyimpan lemak. Itu sebabnya pasien yang mengonsumsi obat ini tidak akan merasa lapar dengan cepat. Penurunan berat badan yang terjadi akibat konsumsi obat ini biasanya terjadi secara bertahap dalam satu hingga dua tahun. Meski begitu, persentase penurunan beratnya pun akan berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Bolehkan orang yang tidak diabetes minum obat ini?

Metformin memang bisa bikin kurus, tapi apakah bisa jika digunakan untuk tujuan menguruskan badan.

Perlu diingat, kegunaan utama obat ini bukanlah untuk diet atau menurunkan berat badan. Namun, penggunaannya juga diberikan dalam pengobatan yang bertujuan mengendalikan berat badan pada remaja yang mengalami obesitas, tapi belum terindikasi diabetes. Dengan dibarengi pola hidup sehat, perencanaan makan yang tepat, dan olahraga rutin, konsumsi obat diabetes ini pada remaja dengan obesitas menunjukkan hasil yang baik dalam pengurangan berat badan.

Jadi, apakah obat ini benar-benar diizinkan sebagai obat yang dapat mengurangi berat badan? Beberapa dokter mungkin saja meresepkannya sebagai obat untuk mengelola berat badan, terutama jika Anda dinyatakan obesitas. Namun, badan pengawas obat dan makanan milik Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA), tidak merekomendasikan metformin sebagai obat penurun berat badan.

Obat ini hanya dapat digunakan sebagai obat penurun berat badan apabila beberapa saran utama yang diberikan oleh dokter, seperti menjalani diet, olahraga, dan mengurangi konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh tidak memberikan hasil yang memuaskan pada penurunan berat badan ataupun kontrol gula darah.

Metformin membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar ketika seseorang melakukan latihan fisik sehingga bikin kurus. Mengonsumsi obat yang diklaim dapat menurunkan berat badan ini tanpa disertai dengan gaya hidup sehat lainnya tidak akan membawa banyak perubahan. Pasalnya, untuk mendapatkan kondisi yang ideal, gaya hidup sehat tetap menjadi kunci utama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Jika memiliki kulit leher hitam, ketahui dulu apa penyebabnya. Setelah itu, cari tahu cara menghilangkan hitam di leher. SImak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba kaki lemas? Cari tahu penyebabnya, apakah karena penyakit berbahaya atau hanya sekadar kelelahan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Otak dan Saraf 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Di mobil duduk, di kantor duduk, sampai rumah duduk lagi. Apa kira-kira efeknya pada kesehatan kita?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
diet alpukat

Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit