Chondroitin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Manfaat

Untuk apa chondroitin?

Chondroitin adalah suplemen herbal yang sering digunakan sendiri atau dicampur dengan glucosamine. Chondroitin adalah zat yang sebelumnya memang sudah ada di tubuh manusia. Hal ini diyakini dapat membantu menarik air dan nutrisi ke dalam tulang rawan manusia tetap kenyal dan sehat. Chondroitin juga bisa ditemukan pada tulang rawan sapi.

Biasanya chondrotin digunakan untuk mengatasi kondisi nyeri sendi seperti arthritis. Herbal ini juga digunakan sebagai antithrombotic, agen terapi extravasasi, dan sebagai pengobatan untuk penyakit jantung iskemik dan hiperlipidemia.

Beberapa orang menggunakan chondroitin untuk penyakit jantung, osteoporosis, dan kolesterol tinggi. Sedangkan jenis chondroitin sulfat dan tambahan zat besi digunakan untuk mengatasi anemia kekurangan zat besi. Beberapa orang dengan arthritis menggunakan chondroitin salep atau krim kulit yang mengandung chondroitin sulfat untuk mengatasi rasa sakit, dalam kombinasi dengan  glucosamine sulfate, tulang rawan, dan camphor.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada penelitian yang cukup tentang bagaimana suplemen chondroitin ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa studi yang fokus pada penggunaan chondroitin sulfat untuk membantu mengatasi sakit arthritis jika digunakan bersamaan dengan obat konvensional seperti aspirin, untuk nyeri dan bengkak. Tapi setelah itu hasil penelitian tidak lagi positif. Sekarang, ilmuwan percaya bahwa chondroitin sulfat dapat mengurangi sedikit nyeri arthritis.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk chondroitin untuk orang dewasa?

Chondroitin adalah suplemen herbal yang bisa diminum dengan dosis 200-400 mg 2-3 kali setiap hari atau 1.000-1.200 mg sekali setiap hari. Sedangkan penggunaan kulit pada kulit untuk kondisi osteoarthritis, dosisnya mengandung 50 mg/g chondroitin sulfat, 30 mg/g glucosamine sulfate, 140 mg/g tulang rawan, dan 32 mg/g kamper telah digunakan sebagai kebutuhan untuk nyeri sendi .

Dosis suplemen herbal ini dapat berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang digunakan tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk dosis yang sesuai.

Dalam bentuk apa saja chondroitin tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk kapsul dan salep krim.

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh chondroitin?

Chondroitin adalah suplemen yang dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk alopecia (kebotakan), sembelit, diare, sakit perut, edema kelopak mata, edema ekstremitas bawah, asma, dan gejala kulit.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi chondroitin?

Chondroitin adalah suplemen atau salep yang bisa disimpan pada tempat yang dingin, kering, jauh dari panas, dan lembap.

Jangan gunakan berbarengan dengan obat antikoagulan, NSAIDs, atau salisilat karena berisiko meningkatkan perdarahan.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah chondroitin?

Tidak banyak yang diketahui tentang penggunaan chondroitin sulfat saat hamil dan menyusui. Chondroitin sulfate dapat membuat asma memburuk. Penggunaan chondroitin sulfat dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang-orang dengan gangguan penggumpalan darah. Chondroitin dapat menyebabkan penyebaran atau kanker prostat kambuhan.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi chondroitin?

Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat yang sedang digunakan atau kondisi medis Anda. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

Peningkatan pada international normalized ratio (INR) dapat terjadi pada pasien yang menggunakan antikoagulan seperti warfarin (contohnya Coumadin), juga dengan chondroitin sendiri atau dalam kombinasi dengan glucosamine.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Obat Tradisional (Herbal) untuk Membantu Mengatasi Kanker Otak

Selain pengobatan medis, obat tradisional kanker otak sering kali digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Apa saja obat herbal yang aman digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 16 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Obat Herbal yang Berpotensi Mengobati Kanker Lambung (Perut)

Selain kemoterapi, kanker lambung (perut) mungkin juga bisa diredakan gejalanya dengan obat tradisional. Apa saja obat herbal kanker lambung yang aman?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Kanker Lambung 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Beragam Obat Herbal dan Pengobatan Alami untuk Kanker Prostat

Selain cara medis, obat herbal dan alami bisa Anda gunakan untuk mengobati kanker prostat. Apa saja bahan herbal dan pengobatan alami untuk kanker prostat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker Prostat, Kanker 13 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Daftar Obat Herbal yang Berpotensi Mengobati Kanker Ovarium

Selain pengobatan dokter, periset terus meneliti berbagai obat herbal kanker ovarium. Apa saja obat tradisional untuk kanker ovarium?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Kanker Ovarium 23 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Pedoman Memilih Suplemen dan Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
7 Obat Rematik Alami

7 Jenis Obat Rematik Alami untuk Membantu Mengatasi Gejala yang Timbul

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
vitamin penambah nafsu makan anak

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak: Ketahui Jenis, Kandungan, dan Cara Memilihnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit