Imiquimod obat apa?

Oleh

Nama Generik: Imiquimod Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa imiquimod?

Imiquimod adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jenis-jenis tertentu pertumbuhan pada kulit, yaitu pertumbuhan prakanker (actinic keratosis), kanker kulit jenis tertentu (superficial karsinoma sel basal), dan kutil pada bagian luar alat kelamin/anus. Mengatasi kondisi ini dapat mengurangi komplikasi yang bisa terjadi. Imiquimod termasuk dalam kelompok obat yang disebut imun pengubah respon. Ia diyakini bekerja dengan membantu untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pertumbuhan kulit abnormal.

Produk ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada anak-anak di bawah 12 tahun kecuali petunjuk spesifik diberikan dokter Anda.

Bagaimana cara penggunaan imiquimod?

Gunakan obat ini hanya pada kulit. Gunakan obat ini pada area yang terinfeksi sehari sekali sesuai petunjuk dokter Anda. Jumlah waktu dan lamanya Anda menggunakan obat ini tergantung pada masalah spesifik kulit yang diobati. Ketika mengatasi actinic keratoses, gunakan dua kali seminggu selama 16 minggu penuh. Ketika mengatasi superficial karsinoma sel basal, gunakan 5 kali seminggu selama 16 minggu penuh. Ketika mengatasi kutil, gunakan 3 kali seminggu sampai 16 minggu. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang hari apa menggunakan obat ini atau seberapa sering atau berapa lama menggunakan obat ini, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda.

Jangan gunakan obat ini di mata, hidung, mulut, dubur, atau vagina. Jika Anda menggunakan obat ini di area tersebut, bersihkan dengan banyak air. Jika terjadi iritasi, segera hubungi dokter Anda.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan kalender untuk menandai hari Anda akan menggunakan obat ini setiap minggu. Sebelum menggunakan obat ini, bersihkan area yang diobati dengan sabun dan air, dan keringkan seluruhnya. Gunakan paket krim baru untuk setiap penggunaannya. Gunakan sesuai petunjuk dokter Anda tepat sebelum tidur. Bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air setelah menggunakannya. Jangan tutup area yang diobati dengan perban atau penutup anti air lainnya. Tutup area dengan kapas kasa, atau daleman katun jika mengobati area kelamin, diperbolehkan. Tinggalkan krim sepanjang malam, biasanya selama 8 jam jika mengatasi actinic keratoses atau sel karsinoma basal, atau 6-10 jam untuk kutil atau sesuai petunjuk. Pada pagi hari, bersihkan area yang diobati dengan sabun dan air untuk membersihkan krim. Jangan mandi atau basahi area yang diobati sebelum waktu yang diresepkan berlalu. Jangan tinggalkan krim imiquimod lebih lama dari resep dokter Anda. Buang bagian paket obat yang sudah dipakai.

Katakan pada dokter jika kondisi Anda berkepanjangan atau memburuk atau jika ada pertumbuhan baru saat pengobatan.

Bagaimana cara penyimpanan imiquimod?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis imiquimod untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Keratosis:

Actinic Keratosis:
2.5% dan 3.75% krim: gunakan yang baru dikeluarkan pada area yang terinfeksi (juga pada seluruh wajah atau kulit kepala botak) sekali sehari sebelum tidur. Sampai 0.5 g (2 paket atau 2 aktuasi pompa penuh) dapat digunakan pada area yang diobati setiap penggunaannya.

5% krim: gunakan yang baru dikeluarkan pada area pengobatan yang ditetapkan 2 kali per minggu sebelum tidur.

2.5%, 3.75%, dan 5% krim: krim sebaiknya digunakan pada lapisan tipis pada seluruh area yang diobati dan diusap sampai menghilang. Ia sebaiknya ditinggalkan sampa kira-kira 8 jam dan kemudian bersihkan dengan membersihkannya dengan sabun halus dan air.

Dosis Dewasa untuk Condylomata Acuminata:

3.75% krim: gunakan pada lapisan tipis pada bagian luar kelamin kutil sekali sehari sebelum tidur. Sampai 0.25 g (1 paket atau pompa 1 aktuasi penuh) dapat digunakan pada area yang diobati setiap penggunaannya. 

5% krim: gunakan yang baru digunakan pada area luar kelamin kutil 3 kali per minggu sebelum tidur.

Dosis Dewasa untuk Basal Cell Carcinoma:

Dipastikan – biopsi superficial karsinoma sel basal:

5% krim: gunakan yang baru dikeluarkan pada target tumor 5 kali seminggu sebelum tidur selama 6 minggu penuh. 

Bagaimana dosis imiquimod untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak untuk Condylomata Acuminata:

12 tahun ke atas:
3.75% krim: gunakan pada lapisan tipis pada bagian luar kelamin kutil sekali sehari sebelum tidur. Sampai 1 paket dapat digunakan pada area yang diobati setiap penggunaannya.

Dalam dosis apakah imiquimod tersedia?

Krim, Topical: 2.5%, 3.75%, 5%.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena imiquimod?

Cari pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Bersihkan kulit dari obat dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki reaksi kulit serius seperti gatal-gatal parah, terbakar, mengeluarkan cairan, berdarah, atau perubahan kulit di tempat obat digunakan.

Hentikan penggunaan imiquimod dan hubungi dokter Anda segera jika memiliki efek samping serius seperti gejala flu seperti demam, menggigil, sakit badan, merasa lelah, kelenjar bengkak.

Ketika mengatasi kutil kelamin di sekitar vagina, jika Anda memiliki bengkak parah atau masalah buang air, hentikan menggunakan imiquimod dan hubungi dokter segera.

Efek samping kurang serius dapat termasuk:

  • iritasi kulit ringan, gatal, kekeringan, flek, koreng, mengeras, kemerahan, atau kulit mengeras di mana obat digunakan
  • perubahan warna pada kulit yang diobati
  • sakit kepala, pusing, nyeri dada, nyeri pinggul
  • sakit pilek, demam tinggi
  • gejala pilek seperti hidung berair, bersin, sakit tenggorokan
  • mual, diare, hilang nafsu makan
  • vagina gatal-gatal atau berubah

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan imiquimod?

Sebelum menggunakan imiquimod, katakan pada dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap imiquimod, bahan apapun dalam krim imiquimod, atau obat lain. Minta apoteker Anda untuk daftar bahan-bahannya

Katakan pada dokter dan apoteker apa obat resep dan nonresep, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana gunakan. Pastikan untuk menyebutkan pengobatan apapun untuk kutil kelamin atau anal, actinic keratoses, atau superficial basal cell carcinoma.

Katakan pada dokter jika Anda terbakar matahari atau jika Anda memiliki atau pernah memiliki sensitivitas terhadap cahaya matahari, penyakit kulit lain seperti psoriasis, penyakit kulit lainnya, operasi yang beru dilakukan pada area yang terinfeksi atau kondisi yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh (seperti HIV atau AIDS).

Katakan pada dokter jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan imiquimod, hubungi dokter Anda.

Rencanakan untuk menghindari cahaya sinar matahari sebanyak mungkin dan gunakan baju protektif (seperti topi), kacamata hitam, dan tabir surya jika Anda pergi ke luar saat siang hari. Jangan gunakan kasur tanning atau lampu matahari. Krim imiquimod dapat membuat kulit Anda sensitivfterhadap cahaya matahari.

Anda sebaiknya mengetahui bahwa krim imiquimod dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit Anda. Perubahan ini bisa tidak hilang setelah Anda selesai pengobatan dengan krim imiquimod. Katakan pada dokter jika Anda menyadari ada perubahan warna pada kulit Anda.

Apakah imiquimod aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan imiquimod?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan imiquimod?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan imiquimod?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat memengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda bilang ke dokter jika Anda memiliki masalah medis lainnya, khususnya:

  • gangguan autoimun
  • infeksi kulit pada atau di sekitar daerah penggunaan obat
  • luka besar, kulit rusak, atau cedera kulit parah pada area yang penggunaan obat
  • rheumatoid arthritis, remaja atau dewasa (kronis, selalu ada)
  • cahaya matahari, termasuk lampu matahari
  • operasi, pada tempat pengobatan
  • systemic lupus erythematosus (SKE)
  • bengkak vulva (bengkak di sekitar pembukaan vagina) – risiko efek samping dapat meningkat
  • sindrom nevus sel basal
  • human papillomavirus (serviks, anal dalam, intravaginal, dubur, urethral)
  • lemahnya sistem kekebalan tubuh
  • xeroderma pigmentosum (jarang, penyakit kulit turun temurun) – tidak diketahui apakah obat ini akan bekerja pada pasien dengan kondisi ini

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis bisa termasuk:

  • pingsan
  • pusing
  • penglihatan kabur
  • mual

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca