Dinoprostone obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Dinoprostone Merek: Prostin E2, Dinoprostone dan Dinoprostone.

Penggunaan

Untuk apa dinoprostone?

Dinoprostone adalah obat yang digunakan untuk membantu mempersiapkan serviks (pembukaan yang lebih rendah dari rahim) untuk persalinan. Hal ini digunakan pada wanita yang mengalami kehamilan normal dan yang berada pada atau dekat tanggal jatuh tempo persalinan. Dinoprostone adalah zat alami yang digunakan oleh tubuh Anda untuk membuat persiapan persalinan. Obat ini merilekskan dan melembutkan leher rahim Anda (pematangan serviks) untuk memungkinkan bayi melewati jalan lahir selama persalinan.

Cara Pakai

Bagaimana cara menggunakan dinoprostone?

Dinoprostone adalah obat yang dimasukkan ke dalam vagina dekat leher rahim oleh dokter atau perawat. Anda akan berbaring sementara obat diterapkan, dan Anda biasanya akan perlu untuk terus berbaring selama 2 jam setelah insersi. Perawat kesehatan akan memberitahu Anda ketika Anda bisa bangun dan berjalan-jalan.

Dinoprostone adalah obat yang hanya boleh digunakan di rumah sakit dengan perawat medis yang terlatih. Perubahan serviks Anda akan terus dipantau, untuk tanda-tanda persalinan aktif (misalnya, air pecah, kontraksi berkelanjutan yang kuat), dan untuk kondisi bayi Anda. perawat kesehatan profesional akan melepaskan obat jika ada efek samping, setelah 12 jam, atau ketika tidak lagi diperlukan. Efek obat hilang dengan cepat setelah obat dilepaskan.

Bagaimana cara menyimpan dinoprostone?

Dinoprostone adalah obat yang sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini dapat memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk Anda, atau tanyakan kepada apoteker Anda. Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis dinoprostone untuk orang dewasa?

Untuk orang dewasa Induksi Melahirkan

Gel serviks: Pemeriksaan vagina dengan hati-hati akan mengungkapkan tingkat penipisan yang akan mengatur ukuran kateter endoserviks terlindung untuk digunakan. 20 mm kateter endoserviks harus digunakan jika tidak ada penipisan, dan 10 mm kateter harus digunakan jika serviks 50% dihapuskan. Dinoprostone gel serviks tidak boleh diberikan di atas tingkat os internal.

Setelah pemberian dinoprostone gel serviks, pasien harus tetap dalam posisi terlentang selama minimal 15 sampai 30 menit untuk meminimalkan kebocoran dari saluran serviks. Jika respon yang diinginkan diperoleh, interval direkomendasikan sebelum memberikan oksitosin IV adalah 6 sampai 12 jam.

Jika tidak ada respon serviks atau rahim untuk dosis awal gel serviks, ulangi dosis dapat diberikan. Dosis berulang yang dianjurkan adalah 0,5 dinoprostone mg dengan interval pemberian dosis dari 6 jam. Kebutuhan dosis tambahan dan interval harus ditentukan oleh dokter yang hadir berdasarkan jalannya peristiwa klinis. Maksimum dosis kumulatif yang dianjurkan selama 24 jam adalah 1,5 mg dinoprostone (7,5 mL Prepidil (R) Gel).

Vaginal Insert: 

Dosis dinoprostone di vaginal insert adalah 10 mg dirancang untuk dirilis pada sekitar 0,3 mg / jam selama 12 jam. dinoprostone untuk vaginal insert harus dilepas pada awal persalinan aktif atau 12 jam setelah insersi.

Satu dinoprostone insert vagina diletakkan melintang di forniks posterior vagina segera setelah kemasannya dibuka. Ketika obat dimasukkan ke vagina tidak memerlukan kondisi steril. Setelah dimasukkan, pasien harus tetap dalam posisi berbaring selama 2 jam setelah, tetapi setelah itu boleh berjalan. Perawatan harus dilakukan untuk memastikan insert vagina tetap di tempat jika pasien rawat jalan.

Setelah pelepasan dinoprostone insert vagina, penting untuk memastikan bahwa slab telah.

Dosis Normal Orang Dewasa untuk Aborsi

  • Supositoria vagina

Supositoria yang menggunakan 20 mg dinoprostone harus dimasukkan ke dalam vagina. Pasien harus tetap dalam posisi tidur selama 10 menit setelah penyisipan.

Pemberian intravaginal tambahan masing-masing supositoria berikutnya harus pada interval  3 sampai 5 jam sampai aborsi terjadi. Dalam waktu pengobatan, interval yang direkomendasikan di atas harus ditentukan oleh kemajuan aborsi, respon kontraktilitas rahim, dan dengan toleransi pasien. Penggunaan terus menerus dari obat selama lebih dari 2 hari tidak dianjurkan.

Bagaimana dosis dinoprostone untuk anak?

Dinoprostone adalah obat yang belum memilikiketentuan dosis obat untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah dinoprostone tersedia?

Dinoprostone adalah obat yang tersedia dalam sediaan dosis:

Gel, vagina: Predipil: 0,5 mg / 3 g (3 g)

Insert, vagina: Cervidil: 10 mg

Supositoria, vagina :Prostin E2: 20 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena dinoprostone?

Dinoprostone adalah obat yang dapat menimbulkan efek samping. Efek samping jarang terjadi dan biasanya ringan dan termasuk demam, mual, muntah, diare atau sakit perut.

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda.

Beri tahu dokter Anda segera jika kontraksi Anda melambat atau menjadi tidak konstan, atau jika Anda memiliki:

  • demam
  • perdarahan vagina tiba-tiba
  • batuk, mengi, sesak dada, kesulitan bernapas
  • kulit pucat, bibir berwarna biru.

Setelah bayi lahir, dapatkan perhatian medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda perdarahan yang berlebihan, seperti:

  • kelemahan atau pingsan
  • perdarahan yang tidak biasa  dari hidung, mulut, vagina, atau rektum Anda
  • tinja berdarah atau, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • mati rasa mendadak atau kelemahan, terutama pada satu sisi tubuh
  • tiba-tiba sakit kepala parah, kebingungan, masalah dengan penglihatan, suara, atau keseimbangan
  • memar yang tidak biasa, bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit Anda
  • perdarahan dari luka, sayatan bedah, atau vena di mana IV dimasukkan
  • setiap perdarahan yang tidak berhenti

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • mual, sakit perut
  • nyeri punggung
  • perasaan kehangatan di daerah vagina.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan dinoprostone?

Dinoprostone adalah obat yang harus digunakan di bawah pengawasan dokter. Sebelum menggunakan dinoprostone, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap dinoprostone atau obat lain.

Beritahu dokter dan apoteker apa resep dan obat nonresep yang Anda gunakan, termasuk vitamin.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah menderita asma; anemia; operasi caesar atau operasi rahim lainnya; diabetes; tekanan darah tinggi atau rendah; plasenta previa; gangguan kejang; enam atau lebih kehamilan jangka sebelumnya; glaukoma atau peningkatan tekanan dalam mata; disproporsi sefalopelvik; persalinan yang sulit atau trauma sebelumnya; perdarahan vagina yang tak dapat dijelaskan; atau penyakit jantung, hati, atau ginjal.

Apakah dinoprostone aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut  Badan Pemeriksa Obat dan Makanan di Amerika (BPOM).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut Badan Pemeriksa Obat dan Makanan di Amerika (BPOM):

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan dinoprostone?

Dinoprostone adalah obat yang dapat menyebabkan interaksi. Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis  obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol berinteraksi dengan dinoprostone?

Dinoprostone adalah obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

  • Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan dinoprostone?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • anemia (atau riwayat) – Dinoprostone, bila digunakan dalam dosis yang merangsang konstraksi rahim, dapat mengakibatkan hilangnya darah pada beberapa pasien yang mungkin memerlukan transfusi darah
  • asma (atau riwayat, termasuk asma pada anak)
  • penyakit paru – Dinoprostone dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di paru-paru atau penyempitan saluran paru-paru, terutama bila digunakan dalam dosis yang merangsang rahim untuk berkontraksi
  • epilepsi (atau riwayat) – meski jarang, kejang terjadi dengan dinoprostone bila digunakan dalam dosis yang merangsang rahim untuk berkontraksi
  • glaukoma – meski jarang, tekanan di dalam mata telah meningkat dan penyempitan pupil telah terjadi selama penggunaan obat-obatan seperti dinoprostone; ini mungkin juga menjadi masalah dengan dinoprostone bila digunakan dalam dosis yang merangsang rahim untuk berkontraksi
  • penyakit jantung atau pembuluh darah (atau riwayat)
  • tekanan darah tinggi (atau riwayat)
  • tekanan darah rendah (riwayat) – Dinoprostone dapat menyebabkan perubahan fungsi jantung atau perubahan tekanan darah; dua pasien dengan riwayat penyakit jantung memiliki serangan jantung ketika dinoprostone digunakan dalam dosis yang merangsang rahim untuk berkontraksi
  • penyakit ginjal (atau riwayat)
  • penyakit hati (atau riwayat) – tubuh mungkin tidak menghapus dinoprostone dari aliran darah pada tingkat biasa, yang mungkin membuat dinoprostone bekerja lagi atau menyebabkan kesempatan peningkatan efek samping, terutama ketika dinoprostone digunakan dalam dosis yang merangsang rahim berkontraksi
  • masalah  saat melahirkan
  • bedah  rahim (riwayat)
  • perdarahan vagina yang tidak biasa – ada masalah peningkatan risiko terjadi dengan dinoprostone bila digunakan dalam dosis yang merangsang rahim untuk berkontraksi

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Oktober 12, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan