Nama Generik: Betahistine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Betahistine?

Betahistine adalah jenis obatanalog histamin. betahistine digunakan untuk mengobati penyakit Ménière.

Tanda dan gejala penyakit Ménière meliputi:

  • Pusing (vertigo)
  • Telinga berdenging (tinnitus)
  • Gangguan pendengaran atau kesulitan mendengar

Obat ini bekerja dengan meningkatkan aliran darah di telinga bagian dalam. Peningkatan aliran darah dalam telinga akan menurunkan tekanan.

Bagaimana aturan pakai Betahistine?

Selalu minum obat ini seperti petunjuk dari dokter atau apoteker Anda. Konsultasikanlah dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda tidak yakin. Dokter Anda akan menyesuaikan dosis Anda, tergantung pada kemajuan Anda. Obat dapat memerlukan beberapa saat untuk mulai bekerja. Tetap teruskan penggunaan obat Anda.

Minum obat ini dengan segelas air. betahistine juga bisa dikonsumsi dengan makanan atau setelah makan. Konsumsi betahistine dengan makanan dapat membantu mengurangi masalah perut yang disebabkannya.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Betahistine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Betahistine untuk orang dewasa?

Dewasa

Dosis umum adalah 24 mg-48 mg per hari. 8 mg tablet: 1-2 tablet tiga kali sehari.

16 mg tablet: setengah atau satu tablet tiga kali sehari.

Jika Anda menggunakan lebih dari satu tablet setiap hari, bagi merata konsumsi tablet Anda sepanjang hari. Misalnya, mengambil satu tablet di pagi hari, satu di siang hari dan satu di malam hari.

Bagaimana dosis Betahistine untuk anak?

Betahistine tidak direkomendasikan untuk anak usia kurang dari 18 tahun. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk penggunaan betahistine untuk anak-anak.

Dalam dosis dan sediaan apakah Betahistine tersedia?

Tablet

  • Betahistine 8 mg tablet: Tablet putih hingga putih gelap disekelilingnya, datar tidak dilapisi dengan tanda ‘X’ di satu sisi dan ’87’ di sisi lain.
  • Betahistine 16 mg tablet: Tablet putih hingga putih gelap disekelilingnya tanpa lapisan memiliki tanda satu baris  ‘X’ dan  di satu sisi dan ’88’ di sisi lain. Tablet ini dapat dibagi menjadi dosis yang sama.
  • Betahistine 24 mg tablet: Tablet putih hingga putih gelap disekelilingnya tanpa lapisan dengan satu baris tanda ‘X’ dan  di satu sisi dan ’89’ di sisi lain. Tablet ini dapat dibagi menjadi dosis yang sama.

Tablet betahistine tersedia dalam kemasan Blister dari Poliamida/Aluminium/PVC:

8 mg: 10, 20, 50, 60, 84, 100 & 120 buah

16 mg: 10, 20, 30, 60 & 84 buah

24 mg: 10, 20 & 60 buah

Botol HDPE putih buram bundar dengan penutup polypropylene yang mengandung kapas coil: 30 dan 1000 tablet.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Betahistine?

Seperti semua obat-obatan lainnya, obat ini dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya. Sangat sedikit efek samping yang telah dilaporkan dengan betahistine.

Berikut efek samping serius dapat terjadi selama pengobatan dengan betahistine:

Reaksi alergi:

  • Pembengkakan wajah, bibir, lidah atau leher
  • Penurunan tekanan darah Anda
  • Hilang kesadaran
  • Sulit bernafas

Jika ada efek samping terjadi Anda harus menghentikan pengobatan segera dan hubungi dokter Anda.

Efek samping lain meliputi (mempengaruhi kurang dari 1-10 orang):

  • Perasaan sakit umum (mual)
  • Gangguan pencernaan (dispepsia)
  • Sakit kepala

Efek samping lain yang telah dilaporkan dengan penggunaan betahistine, seperti: Masalah perut ringan, seperti muntah, nyeri perut, perut bengkak (distensi abdomen), dan kembung. Konsumsi betahistine dengan makanan dapat membantu mengurangi masalah perut.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Betahistine?

Jangan menggunakan betahistine, jika Anda

  • Alergi terhadap betahistine atau salah satu bahan lain dari obat ini
  • Memiliki pheochromocytoma, tumor langka kelenjar adrenal

Peringatan dan tindakan pencegahan

  • Ulkus lambung (ulkus peptikum)
  • Asma
  • Ruam jelatang, ruam kulit atau rasa dingin pada hidung yang disebabkan oleh alergi, karena keluhan ini dapat memburuk.
  • Tekanan darah rendah

Jika Anda menderita salah satu kondisi di atas, konsultasikan dengan dokter Anda tentang penggunaan tablet betahistine.

Penggunaan betahistine untuk anak harus dipantau oleh dokter selama pengobatan. betahistine tidak dianjurkan untuk anak di bawah 18 tahun.

Apakah Betahistine aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Jangan menggunakan betahistine tablet dihidroklorida jika Anda sedang hamil kecuali dokter Anda telah memutuskan bahwa terapi ini benar-benar diperlukan. Tanyakan kepada dokter Anda untuk saran.

Jangan menyusui saat menggunakan tablet betahistine dihidroklorida kecuali diperintahkan oleh dokter Anda. Tidak diketahui apakah betahistine masuk ke dalam ASI.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Betahistine?

Beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda menggunakan, baru-baru ini menggunakan atau mungkin mengambil obat-obatan lainnya.

Khususnya, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan berikut:

  • Antihistamin — Hal ini karena dalam teori betahistine mungkin tidak bekerja dengan benar. Selain itu, betahistine dapat menurunkan efek antihistamin.
  • Monoamine-oksidase inhibitor (MAOIs) — digunakan untuk mengobati depresi atau penyakit Parkinson. Obat ini dapat meningkatkan efek samping betahistine.

Jika salah satu obat-obatan diatas pernah Anda gunakan (atau Anda tidak yakin), bicarakan dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan betahistine.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Betahistine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Betahistine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan