home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Makanan Pedas Membuat Kita Makan Lebih Banyak?

Benarkah Makanan Pedas Membuat Kita Makan Lebih Banyak?

Apakah Anda termasuk penyuka makanan pedas? Bagi Anda yang suka sekali makan pedas biasanya akan sangat nafsu makan jika ada sesuatu yang membuat pedas di makanan Anda, seperti cabai, lada, dan rempah-rempah lainnya. Dan, nafsu makan Anda bisa menurun atau Anda makan tidak sebanyak biasanya jika tidak ada yang membuat makanan Anda menjadi pedas. Namun, benarkah makan pedas dapat membuat Anda makan lebih banyak?

Kenapa ada anggapan makan pedas bikin kita makan lebih banyak?

Tampaknya, belum ada penelitian yang telah membuktikan hal ini. Bagi Anda yang suka makan pedas, Anda mungkin selalu ingin memakannya lagi dan lagi, sehingga Anda akan makan lebih banyak. Hal ini mungkin terjadi karena makanan pedas tersebut membuat selera makan Anda meningkat.

Memang kalau itu adalah makanan yang Anda sukai, ini normal terjadi. Nafsu makan Anda akan meningkat jika Anda dihadapkan dengan makanan yang Anda sukai. Sama halnya dengan orang yang makanan kesukaannya adalah daging, ia akan makan lebih banyak jika makan dengan lauk daging.

Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat Anda merasa puas setelah makan. Hal ini membuat Anda senang saat makan makanan pedas dan menjadi ingin selalu makan makanan pedas.

Makanan pedas justru dapat menekan nafsu makan Anda

Penelitian justru membuktikan bahwa makanan pedas dapat menurunkan nafsu makan Anda. Tak heran, jika ada teori yang mengatakan bahwa makanan pedas dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Chemical Senses tahun 2012, cabai merah dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan makanan yang berlemak, manis, dan makanan asin.

Makanan pedas juga dapat membantu Anda merasa kenyang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite tahun 2014 menunjukkan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga kemungkinan Anda untuk makan berlebih menjadi berkurang.

Makanan pedas membakar lebih banyak kalori

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses menunjukkan bahwa makanan pedas yang kaya akan bumbu rempah-rempah dapat meningkatkan suhu tubuh Anda. Hal ini kemudian dapat meningkatkan jumlah energi yang Anda pakai. Namun, tampaknya peningkatan pembakaran kalori ini tidak bekerja pada semua orang dan mungkin tidak berlangsung lama karena tubuh dapat menoleransi panas.

Kandungan capsaicin dalam cabai dan lada mungkin bertanggung jawab pada semua hal ini. Capsaicin dalam cabai dan lada dapat meningkatkan metabolisme dan dapat menghasilkan panas dalam tubuh setelah Anda makan makanan ini. Sehingga, kalori dan juga lemak yang dibakar saat tubuh mencerna makanan pedas dapat lebih banyak dibandingkan saat Anda makan makanan yang tidak pedas.

Peningkatan metabolisme saat Anda makan makanan pedas juga dapat menekan keinginan Anda untuk makan. Hal ini membuat makanan pedas dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Semakin banyak kandungan capsaicin dalam cabai, maka rasanya akan semakin pedas. Bagian cabai yang mengandung senyawa capsaicin paling banyak adalah pada biji dan tulangnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Corleone, Jill. (2015). Can Spicy Food Help You Lose Weight?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/421532-can-spicy-food-help-you-lose-weight/ [Accessed 24 Mar. 2017].

How Spicy Foods Can Speed up Your Metabolism. [online] Available at: http://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/weight-loss/how-spicy-foods-can-speed-up-your-metabolism.html [Accessed 24 Mar. 2017].

Hartel, Kari. Spicy Foods: How Pepper Can Help Curb Hunger. [online] Available at: http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/spicy-foods-how-pepper-can-help-curb-hunger.html [Accessed 24 Mar. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 30/03/2017
x