backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Ragam Pilihan Biji-bijian untuk Diet agar Berat Badan Terkontrol

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 07/03/2024

Ragam Pilihan Biji-bijian untuk Diet agar Berat Badan Terkontrol

Biji-bijian menjadi salah satu jenis makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, dari berbagai macam biji-bijian terdapat beberapa jenis tertentu yang baik untuk program diet Anda. Biji-bijian untuk diet ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu asupan sehat guna mengontrol berat badan. Lantas, apa saja yang termasuk biji-bijian untuk diet? Berikut ulasannya.

Berbagai pilihan biji-bijian untuk diet

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, beragam jenis biji-bijian berikut bisa jadi pilihan asupan sehat.

1. Chia

Chia dikenal sebagai salah satu makanan biji-bijian untuk diet yang kaya kandungan serat di dalamnya.

Kandungan serat dalam biji chia dianggap bermanfaat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Namun, ternyata tidak hanya itu, biji chia juga kaya kandungan protein yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Tentunya cocok untuk Anda yang sedang ingin fokus mengontrol atau mengurangi berat badan.

Anda dapat mengonsumsi chia dengan mencampurkan biji ini bersama sejumlah sajian seperti salad, yogurt, atau oatmeal tanpa perlu khawatir akan mengubah rasa.

Tak hanya makanan, Anda juga bisa menambahkannya sebagai topping pada minuman seperti smoothie atau jus buah.

2. Biji bunga matahari

Sebagian dari Anda mungkin sering menemukan biji bunga matahari yang diolah menjadi kuaci.

Nyatanya, selain rasanya yang gurih, biji bunga matahari juga bisa dijadikan sebagai santapan yang sehat terutama saat Anda ingin mengontrol berat badan.

Biji bunga matahari memiliki beragam kandungan seperti mineral, vitamin B, dan antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh Anda.

Manfaat ini tentunya dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit dan infeksi.

Kandungan serat dan asam lemak baik di dalamnya juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap seimbang.

3. Gandum

Tak lengkap jika tidak menyebut gandum ke dalam daftar biji-bijian yang bagus untuk diet. Bukan tanpa alasan, gandum dikenal memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi.

Kandungan serat di dalam gandum dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan memadatkan feses dan melancarkan buang air besar.

Selain itu, kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi pada gandum juga dapat menimbulkan rasa kenyang lebih tahan lama sehingga Anda terhindar dari nafsu makan berlebih.

Anda dapat mengonsumsi biji gandum yang masih utuh atau yang sudah diolah sebagai variasi ke dalam santapan harian.

4. Quinoa

Quinoa merupakan salah satu jenis biji-bijian yang bahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diakui sebagai makanan tinggi nutrisi dan dapat membantu menjaga keamanan pangan dunia.

Pasalnya, mengutip jurnal Foods, quinoa tak hanya berperan sebagai biji yang tinggi serat, melainkan dapat menjadi sumber protein dan karbohidrat jenis polisakarida bioaktif.

Karbohidrat jenis polisakarida bioaktif adalah karbohidrat yang berfungsi untuk meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari infeksi.

Mengonsumsi biji quinoa secara rutin tak hanya membantu melancarkan program penurunan berat badan, tapi juga menurunkan risiko sejumlah penyakit seperti gangguan pencernaan, gula darah tinggi, dan sindrom metabolik.

5. Oat

Sejumlah penelitian menyebut bahwa oat memiliki kandungan serat larut yang tinggi zat beta glucan.

Kandungan ini dapat memicu hormon kenyang sehingga Anda terhindar dari nafsu makan yang berlebihan.

Beta glucan juga dianggap dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah pemicu penyakit kardiovaskular.

Tak hanya itu, kandungan karbohidrat di dalam oat juga dapat memberi sumbangan energi yang cukup sehingga Anda tidak merasa lemas saat beraktivitas meski sedang diet.

Sebagian dari Anda mungkin merasa kesulitan untuk mengolah beragam biji-bijian untuk diet tersebut sebagai santapan harian.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena kini telah tersedia camilan sehat dengan kandungan ragam biji-bijian yang dapat menjadi santapan praktis.

Slim & Fit Cookies terbuat dari mixed grains, yaitu campuran dari oat, quinoa, dan gandum.

Ketiganya termasuk makanan tinggi serat dan rendah lemak jenuh, sehingga cocok untuk camilan sehat saat menjalankan program diet maupun untuk mempertahankan berat badan ideal.

Tersedia dalam varian rasa dark chocolate dan raisin cinnamon, Slim & Fit Cookies tetap rendah kalori sehingga cocok untuk camilan sehat Anda!

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 07/03/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan