Deretan Makanan yang Baik dan Buruk Bagi Pengidap Multiple Sclerosis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 April 2018 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Asupan makanan sehat dan bergizi sangat penting dikonsumsi untuk mengendalikan gejala multiple sclerosis (MS). Multiple sclerosis adalah salah satu penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat hingga menyebabkan gejala seperti kelelahan kronis, masalah keseimbangan, kesemutan atau mati rasa, dan gejala lainnya. Lantas, apa saja makanan untuk multiple sclerosis yang baik dan pantang dikonsumsi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Adakah jenis diet khusus untuk penderita multiple sclerosis?

Menurut National Multiple Sclerosis Society (NMSS), sejauh ini belum ada bukti kuat bahwa diet tertentu dapat membantu mencegah, mengobati, atau menyembuhkan multiple sclerosis. Pasalnya, gejala multiple sclerosis bisa datang kapan saja sehingga sulit untuk mengetahui apa saja diet yang tepat.

Beberapa diet khusus bahkan dilaporkan dapat membahayakan penderita multiple sclerosis sebab mengandung terlalu banyak vitamin yang justru menjadi racun untuk penderita.

Secara umum, makanan untuk multiple sclerosis yang dianjurkan adalah makanan dengan gizi seimbang, rendah lemak, dan tinggi serat. Jenis makanan ini umumnya sama dengan yang direkomendasikan untuk orang normal. Jadi, pada dasarnya tidak ada perbedaan mencolok antara jenis makanan untuk multiple sclerosis dengan orang normal lainnya.

Multiple sclerosis termasuk penyakit yang bisa menyebabkan peradangan. Ini sebabnya, Anda dianjurkan untuk menghindari makanan yang bisa menimbulkan alergi atau peradangan, sehingga mencegah gejala multiple sclerosis kian parah. Karena itu, bagi Anda yang punya multiple sclerosis wajib menjaga pola makan sebaik mungkin agar gejala yang dirasakan tidak semakin memburuk.

Makanan untuk multiple sclerosis yang dianjurkan

Untuk mengurangi kemungkinan kambuhnya gejala, berikut adalah makanan untuk multiple sclerosis yang baik:

1. Makanan sumber vitamin D

Tidak hanya meningkatkan kekuatan tulang, vitamin D memiliki efek penting untuk membantu mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh pada penderita multiple sclerosis.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa vitamin D dapat meningkatkan efek interferon beta yang membuat jumlah antibodi pada pengidap multiple sclerosis bertambah. Karena itu, Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan kaya vitamin D seperti salmon, tuna, sarden, mackerel, minyak ikan cod, susu, dan lain-lain.

Namun sebaiknya tetap mengonsumsi vitamin D dalam jumlah normal saja, yaitu 15 mikrogram per hari (600 IU) untuk usia 1 sampai 64 tahun dan 20 mikrogram per hari (800 IU) untuk usia di atas 64 tahun.

2. Biotin

Biotin adalah vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Terkadang, biotin juga disebut sebagai vitamin H atau B7. Biotin ini dapat Anda temukan pada berbagai jenis makanan, seperti telur, ragi, hati, dan ginjal.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemberian suplemen biotin dosis tinggi bermanfaat bagi beberapa pengidap multiple sclerosis. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan lagi manfaatnya bagi orang dengan multiple sclerosis.

3. Probiotik

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada Nature Communications, kehadiran bakteri baik  atau probiotik di usus dapat memperkuat ketahanan tubuh penderita multiple sclerosis. Pasalnya, probiotik dapat membantu mengoptimalkan bakteri menguntungkan di usus sehingga sistem kekebalan tubuh penderita meningkat.

Bakteri probiotik tersedia dalam suplemen dan berbagai makanan fermentasi, misalnya yogurt, kefir, kimchi, dan teh fermentasi.

4. Prebiotik

Selain mengisi usus Anda dengan bakteri baik, Anda juga harus memberikannya makanan yang disebut sebagai prebiotik. Nah, makanan yang mengandung tingkat prebiotik yang baik meliputi bawang putih, daun bawang, bawang merah, dan asparagus.

Prebiotik ini tak hanya menyuburkan bakteri baik di usus, tetapi juga memenuhi kebutuhan serat Anda. Penuhi kebutuhan prebiotik Anda melalui konsumsi makanan kaya serat sebanyak 5 sampai 7 gram setiap harinya.

5. Serat

Serat dapat mudah ditemukan pada buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan kaya serat tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan penderita multiple sclerosis dengan memberi makan probiotik di usus. Selain itu, makanan kaya serat juga dapat memperlancar sistem pencernaan dan menjaga jantung tetap sehat.

6. Asam lemak tak jenuh ganda

jenis lemak

Kandungan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) pada makanan diketahui dapat membantu mengendalikan peradangan dalam tubuh. PUFA bermanfaat untuk meningkatkan berbagai fungsi tubuh, mulai dari kemampuan berpikir hingga kesehatan jantung, terutama pada penderita multiple sclerosis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet rendah lemak jenuh yang dilengkapi dengan asam lemak omega-3 sangat bermanfaat bagi penderita multiple sclerosis dengan menghambat respon peradangan. Akibatnya, gejala multiple sclerosis menjadi lebih mudah dikendalikan.

Sumber lemak yang baik dikonsumsi oleh penderita multiple sclerosis di antaranya adalah salmon, tuna, mackerel, dan beberapa minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak calona, minyak kedelai, dan minyak biji rami.

Makanan yang wajib dihindari oleh penderita multiple sclerosis

Ada beberapa jenis makanan yang dikhawatirkan dapat membuat gejala multiple sclerosis yang Anda derita semakin memburuk. Berikut adalah makanan-makanan yang harus Anda batasi atau hindari:

1. Lemak jenuh dan makanan olahan

Karena Anda dianjurkan untuk mempertahankan sistem pencernaan yang sehat, maka penting untuk menghindari berbagai makanan yang buruk untuk pencernaan Anda. Sebab, ini berguna untuk mempertahankan pertumbuhan probiotik di usus agar terus optimal sehingga peradangan dapat dicegah.

Penderita multiple sclerosis dianjurkan untuk menghindari berbagai makanan olahan, terutama yang mengandung lemak jenuh dan minyak yang terhidrogenasi tingkat tinggi. Batasi asupan lemak jenuh harian hingga 15 gram sehari untuk menjaga kesehatan Anda.

2. Makanan tinggi garam

Penelitian menemukan bahwa gejala multiple sclerosis lebih mudah kambuh saat seseorang mengonsumsi makanan tinggi natrium. Terlalu banyak asupan natrium dapat meningkatkan risiko perkembangan luka serta peradangan baru di dalam tubuh.

Selain membatasi makanan tinggi garam, penderita multiple sclerosis juga dianjurkan untuk menghindari minuman manis, daging merah, makanan yang digoreng, dan makanan rendah serat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Ingin Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Coba Konsumsi Makanan Probiotik

Probiotik dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya untuk pencernaan tapi juga daya tahan tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Informasi Kesehatan 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Doyan Minum Bubble Tea

Boleh saja minum bubble tea, tapi kalau terlalu sering, waspada bahayanya bagi kesehatan. Bagaimana agar tetap sehat meski doyan bubble tea?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mie Instan atau Nasi: Mana yang Bikin Lebih Cepat Gemuk?

Saat ingin menjaga atau menurunkan berat badan, Anda mungkin bingung memilih mana yang lebih baik: nasi putih atau mie instan. Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

Biotin (vitamin B7) bermanfaat untuk menghasilkan energi pada tubuh. Apa saja makanan sehat yang mengandung biotin? Cari tahu di sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit


Direkomendasikan untuk Anda

bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
daging angsa

Belum Banyak Diketahui, Inilah Manfaat Daging Angsa dan Kandungan Gizinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat bunga lawang

6 Manfaat Mujarab Bunga Lawang yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
resep membuat bakwan

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit