Ingin Lemak Hilang Lebih Cepat? Lakukan Olahraga Sebelum Sarapan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mengatur pola makan dan olahraga merupakan kunci untuk mengontrol berat badan Anda. Jika kedua hal ini tidak seimbang, maka berat badan Anda bisa berlebih atau kurang. Untuk itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan sebaiknya kurangi porsi makan Anda dan lakukan olahraga lebih banyak. Terdapat waktu tertentu di mana tubuh Anda dapat menghilangkan lemak lebih cepat, yaitu olahraga sebelum sarapan.

Olahraga sebelum sarapan terbukti menghilangkan lemak lebih cepat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan merupakan waktu yang paling optimal untuk menghilangkan lemak lebih cepat. Sebelum sarapan, perut Anda masih kosong sehingga hal ini dapat mendukung pembakaran lemak lebih besar.

Penelitian di Belgia tahun 2010 pada pria usia 21 tahun menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga sebelum sarapan di saat perut kosong hanya mengalami penambahan berat badan yang paling kecil setelah meningkatkan asupan harian sebesar 30% selama enam minggu.

Mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali selama meningkatkan asupan mereka selama enam minggu mengalami kenaikan berat badan sebanyak tiga kilogram. Tak hanya itu, mereka juga mengalami resistensi insulin dan peningkatan jumlah sel lemak pada otot.

Menurut peneliti, waktu sebelum sarapan di mana tubuh tidak terisi dengan makanan selama kurang lebih 10-12 jam (dari setelah makan malam sampai sebelum sarapan) merupakan waktu yang diperlukan untuk merangsang oksidasi lemak. Sementara, waktu antara sarapan dengan makan siang yang hanya 4-6 jam tidak cukup untuk merangsang oksidasi lemak.

Hal ini juga didukung oleh penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition tahun 2013. Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan dapat menghilangkan lemak tubuh hingga 20% lebih banyak dibandingkan dengan olahraga setelah sarapan.

Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa olahraga sebelum sarapan tidak membuat seseorang mengonsumsi kalori tambahan atau mengalami peningkatan nafsu makan di siang hari. Sehingga, hal ini dapat mencegah seseorang makan berlebihan.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Setelah tidak makan selama 8-12 jam, cadangan glikogen dalam tubuh Anda berkurang. Pada saat kadar glikogen Anda rendah dalam tubuh, maka tubuh akan lebih bisa membakar lemak lebih banyak. Kadar hormon insulin yang rendah sebelum Anda sarapan juga membuat lemak tubuh terbakar lebih banyak selama Anda olahraga.

Lagipula, olahraga di pagi hari sebelum sarapan juga dapat meningkatkan metabolisme Anda sepanjang hari. Sehingga tubuh akan lebih efisien dalam menggunakan energi yang masuk dari makanan. Jika Anda melakukan olahraga di malam hari, mungkin Anda tidak akan mendapatkan efek ini karena metabolisme tubuh akan turun drastis segera setelah Anda tidur. Di samping itu, olahraga di pagi hari juga dapat membantu Anda mengatur nafsu makan lebih baik lagi. Sehingga, Anda bisa terhindar dari makan berlebih sepanjang hari.

Bagaimana cara aman untuk olahraga sebelum sarapan?

Untuk dapat membakar lemak lebih banyak di pagi hari sebelum sarapan, Anda harus mempersiapkannya sebelum Anda makan malam. Hal ini menentukan berapa lama perut Anda kosong sampai Anda sarapan.

Sebaiknya makan malam 2-3 jam sebelum Anda tidur, untuk memberikan waktu pada tubuh dalam mencerna makanan. Makanan yang Anda makan di waktu makan malam juga sebaiknya yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Makanan tersebut dapat memberikan energi sebelum Anda olahraga di pagi hari.

Di pagi hari, lakukanlah olahraga, misalnya lari, dengan intensitas tinggi. Lebih baik lari dalam waktu sebentar dengan intensitas tinggi dibandingkan lari dalam waktu lama dengan intensitas sangat rendah.

Setelah olahraga, Anda bisa sarapan yang terdiri dari karbohidrat dan protein, seperti roti dengan telur, salad sayur dan ayam, dan sebagainya. Ini dapat membantu mengganti energi Anda yang hilang dan memberikan Anda energi untuk aktivitas sepanjang hari.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Meski berpeluh keringat, berkebun ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga jiwa. Apa saja manfaat berkebun untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 31 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Nasi uduk atau donat mungkin menjadi pilihan sarapan Anda. Sayangnya,keduanya termasuk sarapan tidak sehat. Yuk, cek makanan yang harus dihindari pagi hari.

Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Dari Mana Lemak Dagu Berasal? Bisakah Dihilangkan?

Jika Anda berkaca, mungkin Anda melihat dagu Anda yang berlipat. Lipatan itu diakibatkan oleh lemak dagu. Sebenarnya, dari mana lemak dagu berasal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Saat sarapan, yang penting bukan porsinya, tapi apa yang kita makan. Pastikan salah satu (atau lebih) makanan ini ada di menu makan Anda setiap pagi.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
tips olahraga hiv

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga kardio dan angkat berat untuk menurunkan berat badan

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bab setelah makan

Langsung BAB Setelah Makan, Apakah Normal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit