home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ingin Lemak Hilang Lebih Cepat? Lakukan Olahraga Sebelum Sarapan

Ingin Lemak Hilang Lebih Cepat? Lakukan Olahraga Sebelum Sarapan

Mengatur pola makan dan olahraga merupakan kunci untuk mengontrol berat badan Anda. Jika kedua hal ini tidak seimbang, maka berat badan Anda bisa berlebih atau kurang. Untuk itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan sebaiknya kurangi porsi makan Anda dan lakukan olahraga lebih banyak. Terdapat waktu tertentu di mana tubuh Anda dapat menghilangkan lemak lebih cepat, yaitu olahraga sebelum sarapan.

Olahraga sebelum sarapan terbukti menghilangkan lemak lebih cepat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan merupakan waktu yang paling optimal untuk menghilangkan lemak lebih cepat. Sebelum sarapan, perut Anda masih kosong sehingga hal ini dapat mendukung pembakaran lemak lebih besar.

Penelitian di Belgia tahun 2010 pada pria usia 21 tahun menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga sebelum sarapan di saat perut kosong hanya mengalami penambahan berat badan yang paling kecil setelah meningkatkan asupan harian sebesar 30% selama enam minggu.

Mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali selama meningkatkan asupan mereka selama enam minggu mengalami kenaikan berat badan sebanyak tiga kilogram. Tak hanya itu, mereka juga mengalami resistensi insulin dan peningkatan jumlah sel lemak pada otot.

Menurut peneliti, waktu sebelum sarapan di mana tubuh tidak terisi dengan makanan selama kurang lebih 10-12 jam (dari setelah makan malam sampai sebelum sarapan) merupakan waktu yang diperlukan untuk merangsang oksidasi lemak. Sementara, waktu antara sarapan dengan makan siang yang hanya 4-6 jam tidak cukup untuk merangsang oksidasi lemak.

Hal ini juga didukung oleh penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition tahun 2013. Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan dapat menghilangkan lemak tubuh hingga 20% lebih banyak dibandingkan dengan olahraga setelah sarapan.

Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa olahraga sebelum sarapan tidak membuat seseorang mengonsumsi kalori tambahan atau mengalami peningkatan nafsu makan di siang hari. Sehingga, hal ini dapat mencegah seseorang makan berlebihan.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Setelah tidak makan selama 8-12 jam, cadangan glikogen dalam tubuh Anda berkurang. Pada saat kadar glikogen Anda rendah dalam tubuh, maka tubuh akan lebih bisa membakar lemak lebih banyak. Kadar hormon insulin yang rendah sebelum Anda sarapan juga membuat lemak tubuh terbakar lebih banyak selama Anda olahraga.

Lagipula, olahraga di pagi hari sebelum sarapan juga dapat meningkatkan metabolisme Anda sepanjang hari. Sehingga tubuh akan lebih efisien dalam menggunakan energi yang masuk dari makanan. Jika Anda melakukan olahraga di malam hari, mungkin Anda tidak akan mendapatkan efek ini karena metabolisme tubuh akan turun drastis segera setelah Anda tidur. Di samping itu, olahraga di pagi hari juga dapat membantu Anda mengatur nafsu makan lebih baik lagi. Sehingga, Anda bisa terhindar dari makan berlebih sepanjang hari.

Bagaimana cara aman untuk olahraga sebelum sarapan?

Untuk dapat membakar lemak lebih banyak di pagi hari sebelum sarapan, Anda harus mempersiapkannya sebelum Anda makan malam. Hal ini menentukan berapa lama perut Anda kosong sampai Anda sarapan.

Sebaiknya makan malam 2-3 jam sebelum Anda tidur, untuk memberikan waktu pada tubuh dalam mencerna makanan. Makanan yang Anda makan di waktu makan malam juga sebaiknya yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Makanan tersebut dapat memberikan energi sebelum Anda olahraga di pagi hari.

Di pagi hari, lakukanlah olahraga, misalnya lari, dengan intensitas tinggi. Lebih baik lari dalam waktu sebentar dengan intensitas tinggi dibandingkan lari dalam waktu lama dengan intensitas sangat rendah.

Setelah olahraga, Anda bisa sarapan yang terdiri dari karbohidrat dan protein, seperti roti dengan telur, salad sayur dan ayam, dan sebagainya. Ini dapat membantu mengganti energi Anda yang hilang dan memberikan Anda energi untuk aktivitas sepanjang hari.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

AJ’s Sports Centre. (2017). Why Exercise Before Breakfast Is Best For Fat Loss – AJ’s Sports Centre. [online] Available at: http://ajsportscentre.com.au/exercise-before-breakfast-best-fat-loss/ [Accessed 5 Jun. 2017].

ScienceDaily. (2013). Lose fat faster before breakfast. [online] Available at: https://www.sciencedaily.com/releases/2013/01/130124091425.htm [Accessed 5 Jun. 2017].

Samuels, M. (2014). How to Run Before Breakfast to Burn Fat. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/423765-how-to-run-before-breakfast-to-burn-fat/ [Accessed 5 Jun. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x