home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Perut Kembung Setelah Minum Kopi?

Kenapa Perut Kembung Setelah Minum Kopi?

Banyak orang yang tidak bisa memulai harinya kalau belum minum secangkir kopi. Tetapi, banyak pula yang mengeluhkan perut kembung setelah minum kopi yang bikin tak nyaman beraktivitas seharian. Memang apa yang menyebabkan perut kembung setelah minum kopi? Apakah benar akibat kopinya? Ataukah ada gangguan kesehatan tertentu? Anda bisa cari tahu jawabannya di sini.

Berbagai alasan perut kembung setelah minum kopi

Perut kembung setelah minum kopi sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk:

1. Sifat asam dari kopi

Kopi secara natural bersifat asam sehingga dapat memicu produksi cairan asam lambung. Saat asam lambung naik, maka perut akan menjadi terasa lebih penuh dan kembung.

Selain itu, kopi juga sebenarnya membuat Anda lebih sulit buang air besar, sehingga membuat isi perut menumpuk di dalam tubuh, termasuk gas. Hal ini yang membuat perut Anda kembung.

2. Campuran susu yang Anda tambahkan

Perut kembung setelah minum kopi dapat disebabkan oleh campuran susu sebagai pemanis kopi Anda. Namun pada beberapa orang yang punya intoleransi laktosa, susu bisa menyebabkan perut kembung setelah minum kopi bahkan hingga diare.

makan gula tanda disadari

3. Gula yang Anda gunakan dalam kopi

Anda suka kopi yang manis atau pahit? Kalau Anda suka kopi manis, berapa banyak gula yang Ada gunakan? Ternyata, terlalu banyak menggunakan gula justru membuat kondisi ini semakin parah. Makanan manis juga dapat memicu rasa penuh di area perut dan membuat Anda tak nyaman.

Masalah pencernaan

Mungkin sebelumnya Anda sudah mengalami gangguan pencernaan, kemudian diperparah dengan kebiasaan minum kopi. Gangguan pencernaan yang biasanya menimbulkan perut kembung contohnya gangguan asam lambung dan irritable bowel syndrome.

Lalu, adakah cara mencegah perut kembung setelah minum kopi?

Jika perut kembung yang Anda alami ini akibat kebiasaan minum kopi yang Anda lakukan setiap hari, maka hal yang paling tepat untuk mengatasinya adalah mengurangi frekuensi kebiasaan tersebut. Anda juga harus mengatur kapan Anda sebaiknya minum kopi.

Hindari minum kopi ketika perut kosong. Hal ini hanya akan membuat asam lambung naik dan kemudian muncul gejala perut kembung. Apalagi, jika Anda memang memiliki riwayat maag atau asam lambung naik, maka minum kopi sebelum makan adalah hal yang buruk.

Coba juga kurangi kadar gula yang Anda gunakan, serta hindari penggunaan susu bila Anda memang memiliki intoleransi laktosa. Jika perut kembung tak kunjung sembuh dan tak hanya muncul setelah minum kopi, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

LIVESTRONG.COM. (2015). Can Coffee Cause Gas and an Upset Stomach?. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/517656-can-coffee-cause-gas-and-an-upset-stomach/  [Accessed 23 Aug. 2017].

Branch, S. (2014). My Stomach Is Bloated After Drinking Coffee. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/525511-my-stomach-is-bloated-after-drinking-coffee/  [Accessed 23 Aug. 2017].

Jaret, P. (2017). Bloating 101: Why You Feel Bloated. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/bloated-bloating  [Accessed 23 Aug. 2017].

LIVESTRONG.COM. (2017). Acid Reflux and Stomach Bloating. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/253410-acid-reflux-stomach-bloating/  [Accessed 23 Aug. 2017].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 05/09/2017
x