home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Simak Pentingnya Minum yang Cukup Selama Puasa

Simak Pentingnya Minum yang Cukup Selama Puasa

Tidak minum air dari fajar hingga terbenamnya matahari saat puasa bisa menimbulkan risiko dehidrasi. Padahal, tubuh perlu cukup cairan. Untuk mencegahnya, ketahui pentingnya minum air putih selama puasa agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi.

Manfaat minum air putih selama puasa

Hampir seluruh bagian tubuh mengandalkan asupan air untuk berfungsi dengan baik. Karena itu, selama bulan puasa, Anda tetap harus minum air putih dalam jumlah yang cukup agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

Selain mengatasi haus, manfaat minum air putih bagi tubuh yakni:

  • sebagai pengatur suhu tubuh,
  • pembentukan sel tubuh,
  • menjaga cairan tubuh,
  • media yang mengeluarkan sisa proses metabolisme (melalui saluran kemih, napas, dan keringat),
  • sebagai pelumas alami untuk sendi, serta
  • menyalurkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan sel tubuh.

Di sisi lain, apabila tubuh mengeluarkan atau menggunakan lebih banyak air daripada yang diterima, dapat terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dampak ringan dari dehidrasi termasuk:

  • kehausan,
  • mudah lelah,
  • konsentrasi menurun,
  • pusing, dan
  • berkurangnya daya ingat.

Gejala-gejala dehidrasi di atas dapat mengganggu puasa dan aktivitas harian selama di rumah saja. Oleh karena itu, kebutuhan cairan tubuh harus tetap terpenuhi dengan baik dengan pola minum air yang baru selama menjalankan puasa saat Ramadan.

Anjuran pola minum selama puasa

Yang dianjurkan pada umumnya yakni minum sebelum merasa haus. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan saat berpuasa.

Meski begitu, tidak ada perbedaan kebutuhan air yang harus dikonsumsi ketika tidak berpuasa dan saat berpuasa. Minum 8 gelas air mineral sehari atau sebanyak 2 liter, akan menjaga tubuh dari kekurangan cairan.

Pola minum air selama berpuasa dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara berbuka dan sahur, serta 2 gelas lagi saat sahur. Jangan lupa ajak keluarga Anda untuk mengikuti pola minum ini selama puasa Ramadan.

Selain itu, untuk membantu agar tidak lupa memenuhi kebutuhan air minum selama bulan puasa, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda ikuti sebagai berikut.

1. Buat tujuan untuk minum 8 gelas per hari

Saat Ramadan, jadikan minum 8 gelas per hari sebagai sebuah tujuan yang harus dipenuhi di malam hari. Ini cara mudah untuk membantu mengingatkan diri bahwa tubuh memerlukan cairan pengganti yang hilang dan agar tetap fit selama berpuasa.

2. Buat pengingat

Pengingat berfungsi agar Anda tidak lupa minum pada malam hari selama puasa. Pengingat dapat dibuat dengan menggunakan fitur pada gadget Anda. Buat beberapa pengingat agar Anda tidak lupa untuk minum dari waktu berbuka hingga waktu sahur.

3. Gelas atau botol minum yang mudah dijangkau

Ada baiknya Anda menyediakan air minum kemasan botol di tempat yang mudah terjangkau, seperti di ruang keluarga, di ruang kerja, dan di kamar. Dengan begitu, Anda akan tetap ingat akan kebutuhan air harian dari waktu berbuka hingga waktu sahur.

Pastikan juga stok air galon di rumah terpenuhi. Pilih air minum berkualitas yang menyediakan layanan antar galon ke rumah, sehingga Anda tidak perlu meninggalkan rumah untuk mengganti galon yang habis.

Jenis air yang bisa dikonsumsi selama bulan puasa

Minum air putih membantu tubuh agar terhidrasi. Meski begitu, kandungan dan kualitas air juga penting untuk diperhatikan karena memengaruhi kesehatan tubuh secara umum.

Terdapat beberapa jenis air minum yang tersedia di pasaran, salah satunya air mineral. Faktanya mineral memang dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Kita memperoleh mineral utamanya dari makanan. Mengonsumsi air mineral dapat membantu menyempurnakan kebutuhan mineral bagi tubuh.

Kandungan yang ada di dalam mineral juga memiliki banyak manfaat, seperti mendukung pembentukan sel dan enzim, mencegah karies gigi, serta membantu memperbaiki sistem imunitas.

Pastikan air minum Anda di rumah merupakan air mineral yang berkualitas baik. Tidak semua air itu sama, Anda perlu cek kembali kondisi sumber airnya dan bagaimana proses pengolahannya.

Proses pengolahan air harus terhindar dari sentuhan langsung tangan manusia, serta melewati serangkaian uji kualitas sebelum didistribusikan. Proses kompleks ini dilakukan untuk menjamin kualitas mineral air tetap terjaga, hingga siap dikonsumsi.

Jangan tergoda pilih air minum hanya karena murah di kantong. Untuk keluarga, pilih air mineral berkualitas, agar manfaat yang didapat lebih maksimal untuk kesehatan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dehydration – Symptoms and causes. (2019, September 19). Mayo Clinic. Retrieved May 4, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/syc-20354086

Plain water, the healthier choice. (2019, February 4). Centers for Disease Control and Prevention. Retrieved May 4, 2020, from https://www.cdc.gov/nutrition/data-statistics/plain-water-the-healthier-choice.html

Quattrini, S., Pampaloni, B., & Brandi, M. L. (2016). Natural mineral waters: Chemical characteristics and health effects. Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism. https://doi.org/10.11138/ccmbm/2016.13.3.173

Want to stay hydrated? Drink before you’re thirsty. (2018, September 14). Mayo Clinic. Retrieved May 4, 2020, from https://www.mayoclinic.org/want-to-stay-hydrated-drink-before-youre-thirsty/art-20390077

Water & nutrition. (2018, October 10). Retrieved May 4, 2020, from https://www.cdc.gov/healthywater/drinking/nutrition/index.html

Water is essential to your body. (n.d.). Home – Mayo Clinic Health System. Retrieved May 4, 2020, from https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/water-essential-to-your-body

Water: How much should you drink every day? (2017, September 6). Mayo Clinic. Retrieved May 4, 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256

Jangan lupa minum 8 gelas air putih per hari di bulan puasa – Direktorat P2PTM. (2019). Retrieved 4 May 2020, from http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic/jangan-lupa-minum-8-gelas-air-putih-per-hari-di-bulan-puasa

Natural mineral waters: chemical characteristics and health effects Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism (2016)

Santoso, B., Hardinsyah, Siregar, P., & Pardede, S. Air bagi Kesehatan. 7. (Jakarta: Centra Communications, 2011).

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Willyson Eveiro Diperbarui 23/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x