5 Manfaat Jamur Maitake untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Jamur memiliki banyak jenis; ada yang bisa dimakan dan dijadikan obat, ada juga yang tidak. Salah satu jenis jamur yang dapat dimakan adalah jamur maitake. Bisa ditebak namanya, jamur ini memang tumbuh di Jepang. Sejak dahulu, jamur ini dikenal dengan manfaatnya yang melimpah. Apa saja manfaat jamur maitake? Berikut manfaatnya berdasakan penelitian yang dilakukan.

Apa itu jamur maitake?

Jamur maitake atau dikenal dengan nama ilmiah Grifola frondosa, berasal dari pegunungan di timur laut Jepang. Dalam bahasa Jepang, kata “maitake” berarti jamur menari. Orang Jepang menamai jamur tersebut dengan maitake karena mereka merasa sangat senang sampai ingin menari-nari saat menemukan jamur ini di alam liar. Jamur ini diyakini sebagai salah satu adaptogen, yaitu tanaman yang bisa membantu tubuh melawan penyakit dan mengatur sistem tubuh yang tidak seimbang sehingga sering dijadikan obat.

Jamur maitake tumbuh di bagian bawah pohon oak, elm, atau maple. Walaupun tumbuh baik di alam liar, jamur ini juga bisa dibudidayakan di halaman rumah. Sayangnya, jamur ini hanya tumbuh berkembang selama musim gugur berlangsung. Oleh sebab itu, jamur ini menjadi salah satu makanan favorit di Jepang selama musim tersebut.

Kandungan nutrisi jamur maitake

Menurut penelitian, jamur maitake baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan obat karena bebas lemak, rendah akan kandungan natrium, kolesterol, dan kalori, serta kaya akan nutrisi, seperti:

  • antioksidan
  • beta-glukan
  • vitamin B dan vitamin C
  • tembaga
  • kalium
  • serat
  • mineral
  • asam amino

Manfaat jamur maitake menurut penelitian

 jamur maitake
Sumber: Kevin Eats

Penelitian meyakini bahwa kandungan nutrisi jamur maitake dapat bermanfaat baik untuk tubuh manusia. Namun, penelitian yang dilakukan masih berbasis pada hewan sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Dilansir dari Very Well Fit, para ilmuwan menemukan bahwa jamur maitake mengandung beta-glukan, yaitu zat yang mampu mengaktifkan dan meningkatkan produksi sel sistem kekebalan tubuh tertentu, seperti makrofag, sel T, sel pembunuh alami, dan neutrofil. Sel-sel tersebut membantu meningkatkan tubuh untuk lebih cepat dan efektif melawan penyakit dan mempercepat pemulihan dari kerusakan jaringan.

Lebih jelasnya, simak berbagai manfaat jamur maitake bagi kesehatan berikut ini.

1. Menangkal kanker

Penelitian menunjukkan bahwa D-fraction dalam jamur maitake bisa meningkatkan efektivitas protein dan menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga mencegah dan mengobati kanker payudara. Selain itu, sel darah putih yang salah satunya adalah makrofag juga membantu menghancurkan sel-sel tumor, mengurangi efek samping penggunaan obat antikanker, seperti mual, muntah, dan rambut rontok.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Nutrisi jamur maitake dapat menurunkan tekanan darah dan peradangan pada hewan. Para ahli cukup yakin efek yang serupa juga bisa dialami manusia. Sayangnya, penelitian soal khasiat jamur ini untuk mengobati hipertensi belum bisa jadi patokan yang tepat.

3. Mengendalikan kolesterol tinggi dan penyakit jantung

Ekstrak bubuk maitake terbukti meningkatkan asam lemak yang baik bagi tubuh dan menurunkan kadar total kolesterol yang tinggi sehingga menjaga pembuluh arteri tetap sehat. Dengan begitu, risiko penyakit jantung akibat kolesterol tinggi pun semakin jauh dari Anda.

4. Mendukung pengobatan diabetes

Jamur maitake mengurangi risiko terjadinya resistensi insulin ketika tubuh gagal merespon insulin dengan benar pada tikus. Ini menunjukkan adanya potensi jamur untuk mengobati diabetes.

5. Menurunkan berat badan

Kandungan serat dan dan rendah kalori dari jamur maitake, mampu membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak serta kalori. Karena itu, berat badan pun menurun lebih cepat daripada kalau Anda memilih makanan yang tinggi kalori seperti daging berlemak.

Bagaimana cara mengonsumsi jamur maitake?

jamur maitake

Jamur maitake bisa diolah dengan berbagai macam kreasi. Namun, pastikan untuk membeli jamur maitake yang masih segar dan cuci dengan benar karena maitake memiliki aroma tanah yang kuat. Kekerasan tekstur jamur dipengaruhi oleh usia jamur; semakin tua umur jamur maka semakin keras untuk dicerna. Agar lebih mudah dicerna, jamur bisa direbus terlebih dahulu.

Selain itu, jamur maitake juga bisa ditemui dalam bentuk ekstrak, berupa kapsul, bubuk, atau cair sebagai suplemen. Walaupun manfaat jamur maitake sangat banyak, sebelum menggunakan suplemen ini, apalagi bila Anda memiliki kondisi khusus, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Jamur bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang, tapi umumnya jamur maitake dapat ditoleransi dengan baik. Untuk ibu hamil atau jika Anda baru saja menjalani operasi sebaiknya tidak mengonsumsi jamur ini, kecuali jika sudah dibolehkan oleh dokter yang menangani Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Jenis Makanan yang Aman untuk Penderita Batu Empedu

Orang dengan batu empedu perlu memperhatikan asupan agar tetap sehat. Apa saja makanan yang aman untuk penderita batu empedu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Empedu 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Buah Strawberry, si Cantik nan Asam yang Menyimpan Segudang Manfaat

Selain rasa yang enak, jus strawberry juga baik bagi kesehatan. Apa saja kandungan gizi dan manfaat strawberry? Yuk simak penjelasan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk meringankan keluhan pada penderita sakit maag. Apa saja daftarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis dan Maag 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit


Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
permen karet xylitol

Benarkah Permen Karet yang Mengandung Xylitol Bisa Cegah Gigi Berlubang?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat buah plum untuk kesehatan

11 Manfaat Makan Buah Plum (Psst… Bisa Menurunkan Berat Badan!)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
makanan tinggi antioksidan

7 Makanan Sumber Antioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit