Benarkah Berat Badan Bisa Turun Kalau Makan Bawang Putih?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bawang putih dikenal sebagai penyedap makanan. Tanpa bawang putih, makanan yang Anda masak rasanya pasti kurang sedap. Sebenarnya manfaat bawang putih bukan sebatas itu saja. Ada manfaat kesehatan dari makan bawang putih, salah satunya menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya bawang putih banyak dimanfaat sebagai obat herbal.

Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih berpotensi membakar lemak tubuh sehingga mengurangi berat badan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat makan bawang putih bagi kesehatan

Selain untuk menambah kelezatan makanan, beberapa orang sengaja mengonsumsi bawang putih mentah atau suplemennya sebagai pengobatan. Bawang putih termasuk ke dalam rempah-rempah tinggi nutrisi, tapi rendah kalori. Nutrisi yang terdapat pada bawang putih, meliputi vitamin C, vitamin B6, mangan, kalium, kalsium, selenium, zat besi, tembaga, serat dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bawang putih mampu mengantur kadar gula darah dalam tubuh. Rempah-rempah ini juga merangsang produksi enzim antioksidan dalam tubuh bertugas untuk mengurangi stres oksidatif sekaligus mencegah penuaan. Senyawa yang ada pada bawang putih, yaitu allicin dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi, terutama pada orang yang sudah memiliki hipertensi.

Manfaat gabungan antara sifat antioksidan, pengurangan kolesterol dan kolesterol jahat ini dapat mencegah penyakit jantung, dan penurunan fungsi otak seperti alzheimer dan demensia. Selain itu, makan bawang putih juga dapat menurunkan berat badan.

Bawang putih memang berpotensi menurunkan berat badan, asal…

Dilansir dari Healthy Eating, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa bawang putih memengaruhi jumlah lemak tubuh pada tikus. Kemudian, penelitian lain tahun 2012 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih membantu mengurangi indeks massa tubuh (IMT) partisipan.

Namun, berat badan turun bukan semata-mata karena makan bawang putih saja. Bawang putih berpengaruh sangat kecil pada berat badan Anda, beda dengan olahraga dan perubahan gaya hidup lainnya. Peneliti sepakat bahwa kombinasi aktivitas fisik dan kandungan bawang putih baru akan menurunkan berat badan secara lebih ampuh.

Zat yang terdapat pada bawang putih membantu tubuh yang sedang aktif berolahraga untuk mengunakan lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak. Sekaligus meminimalkan terbentuknya lemak baru, terutama lemak di sekitar perut yang sering menyebabkan perut buncit atau obesitas sentral.

Nah, bila ingin menurunkan berat badan secara maksimal, Anda dapat menambahkan bawang putih pada menu diet harian sambil rutin olahraga. Jadi, kalau cuma makan bawang putih saja tanpa olahraga atau bergerak aktif, berat badan Anda tetap susah turun.

Bagaimana saya bisa mendapatkan manfaat ekstra bawang putih untuk mengurangi berat badan?

makan bawang putih

Caranya mudah, Anda bisa memakan bawang putih secara langsung, menambahkannya pada makanan, atau minum suplemen ekstrak bawang putih. Hanya saja, perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan suplemen apa pun.

Memakan bawang putih mentah secara langsung, memberikan manfaat yang lebih besar pada tubuh karena zat yang terkandung di dalamnya masih baik. Sementara, menumis atau memanggang bawang putih bisa mengurangi kualitas bawang putih.

Jadi, pilihan terbaik adalah memakan bawang putih mentah secara langsung. Sayangnya, sebagian besar orang tidak menyukai bau menyengat dari bawang putih. Untungnya, Anda bisa menjadikan bawang putih sebagai bumbu makanan. Karena kandungan nutrisinya yang berkurang saat dimasak, memperbanyak jumlah bawang putih dalam masakan bisa jadi solusi.

Memperbanyak bawang putih bisa meningkatkan rasa makanan sehingga Anda bisa mengurangi penggunaan garam. Terlalu banyak garam dalam tubuh bisa menyebabkan berat badan naik karena garam dapat mengikat air.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Jangan Digaruk! Ini 2 Jenis Obat Infeksi Jamur Vagina untuk Meredakan Gejala

Vagina gatal akibat infeksi jamur tentu sangat mengganggu aktivitas. Redakan dengan berbagai obat infeksi jamur vagina, mulai dari krim sampai obat minum.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Wanita, Infeksi Jamur Vagina 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan pegal bisa jadi lebih segar setelah dipijat. Ada beragam jenis pijat yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda lebih suka yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Merkuri dan Berbagai Bahayanya untuk Kesehatan Anda

Sebenarnya, seberapa bahaya merkuri untuk kesehatan tubuh Anda? Apakah merkuri hanya ada di pertambangan? Cek selengkapnya di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan, Informasi Kesehatan 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit


Direkomendasikan untuk Anda

luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
daun mimba

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
tips pendinginan setelah lari

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
berat badan naik setelah diet

3 Penyebab Berat Badan Anda Naik Setelah Diet

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit