home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Berat Badan Bisa Turun Kalau Makan Bawang Putih?

Benarkah Berat Badan Bisa Turun Kalau Makan Bawang Putih?

Bawang putih dikenal sebagai penyedap makanan. Tanpa bawang putih, makanan yang Anda masak rasanya pasti kurang sedap. Sebenarnya manfaat bawang putih bukan sebatas itu saja. Ada manfaat kesehatan dari makan bawang putih, salah satunya menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya bawang putih banyak dimanfaat sebagai obat herbal.

Di samping itu, penelitian menunjukkan bahwa bawang putih berpotensi membakar lemak tubuh sehingga mengurangi berat badan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat makan bawang putih bagi kesehatan

Selain untuk menambah kelezatan makanan, beberapa orang sengaja mengonsumsi bawang putih mentah atau suplemennya sebagai pengobatan. Bawang putih termasuk ke dalam rempah-rempah tinggi nutrisi, tapi rendah kalori. Nutrisi yang terdapat pada bawang putih, meliputi vitamin C, vitamin B6, mangan, kalium, kalsium, selenium, zat besi, tembaga, serat dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bawang putih mampu mengantur kadar gula darah dalam tubuh. Rempah-rempah ini juga merangsang produksi enzim antioksidan dalam tubuh bertugas untuk mengurangi stres oksidatif sekaligus mencegah penuaan. Senyawa yang ada pada bawang putih, yaitu allicin dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi, terutama pada orang yang sudah memiliki hipertensi.

Manfaat gabungan antara sifat antioksidan, pengurangan kolesterol dan kolesterol jahat ini dapat mencegah penyakit jantung, dan penurunan fungsi otak seperti alzheimer dan demensia. Selain itu, makan bawang putih juga dapat menurunkan berat badan.

Bawang putih memang berpotensi menurunkan berat badan, asal…

Dilansir dari Healthy Eating, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa bawang putih memengaruhi jumlah lemak tubuh pada tikus. Kemudian, penelitian lain tahun 2012 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih membantu mengurangi indeks massa tubuh (IMT) partisipan.

Namun, berat badan turun bukan semata-mata karena makan bawang putih saja. Bawang putih berpengaruh sangat kecil pada berat badan Anda, beda dengan olahraga dan perubahan gaya hidup lainnya. Peneliti sepakat bahwa kombinasi aktivitas fisik dan kandungan bawang putih baru akan menurunkan berat badan secara lebih ampuh.

Zat yang terdapat pada bawang putih membantu tubuh yang sedang aktif berolahraga untuk mengunakan lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak. Sekaligus meminimalkan terbentuknya lemak baru, terutama lemak di sekitar perut yang sering menyebabkan perut buncit atau obesitas sentral.

Nah, bila ingin menurunkan berat badan secara maksimal, Anda dapat menambahkan bawang putih pada menu diet harian sambil rutin olahraga. Jadi, kalau cuma makan bawang putih saja tanpa olahraga atau bergerak aktif, berat badan Anda tetap susah turun.

Bagaimana saya bisa mendapatkan manfaat ekstra bawang putih untuk mengurangi berat badan?

makan bawang putih

Caranya mudah, Anda bisa memakan bawang putih secara langsung, menambahkannya pada makanan, atau minum suplemen ekstrak bawang putih. Hanya saja, perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan suplemen apa pun.

Memakan bawang putih mentah secara langsung, memberikan manfaat yang lebih besar pada tubuh karena zat yang terkandung di dalamnya masih baik. Sementara, menumis atau memanggang bawang putih bisa mengurangi kualitas bawang putih.

Jadi, pilihan terbaik adalah memakan bawang putih mentah secara langsung. Sayangnya, sebagian besar orang tidak menyukai bau menyengat dari bawang putih. Untungnya, Anda bisa menjadikan bawang putih sebagai bumbu makanan. Karena kandungan nutrisinya yang berkurang saat dimasak, memperbanyak jumlah bawang putih dalam masakan bisa jadi solusi.

Memperbanyak bawang putih bisa meningkatkan rasa makanan sehingga Anda bisa mengurangi penggunaan garam. Terlalu banyak garam dalam tubuh bisa menyebabkan berat badan naik karena garam dapat mengikat air.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can Garlic Help You Lose Weight? https://www.verywellfit.com/can-garlic-help-you-lose-weight-4151104. Dilansir dari 18 Mei 2018.

Does Garlic Burn Fat? http://healthyeating.sfgate.com/garlic-burn-fat-12184.html. Dilansir dari 18 Mei 2018.

11 Proven Health Benefits of Garlic. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-garlic#section3. Dilansir dari 18 Mei 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 05/06/2018
x