home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Kandungan Jambu Biji yang Ampuh Menjaga Imun Tubuh

3 Kandungan Jambu Biji yang Ampuh Menjaga Imun Tubuh

Anda perlu selalu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun bekerja dengan melindungi Anda dari kuman penyebab penyakit. Sistem imun dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda jalani dan salah satunya adalah pola makan seimbang.

Pola makan seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, serta buah dan sayur sebagai sumber nutrisi. Salah satu buah yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh adalah jambu biji. Kandungan jambu biji yang dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk jus mampu memberikan manfaat yang positif pada sistem imun.

Apa saja kandungan jambu biji dan manfaatnya terhadap sistem imun?

Jambu biji merupakan buah tropis yang umum ditemukan di Indonesia. Walaupun sering Anda konsumsi, mungkin Anda tidak mengetahui apa kandungan dan manfaat jambu biji ini.

Padahal, jambu biji ternyata memiliki kandungan yang mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Kandungan yang dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh ini dapat menjadi alasan mengapa Anda tidak gampang sakit dengan sering meminum jus jambu biji.

Ini dia kandungan jambu biji yang memberikan manfaat terbahadap daya tahan tubuh Anda.

Vitamin C

Jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Salah satu manfaat dari vitamin C adalah membantu meningkatkan imunitas sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan menjaga Anda dari kuman penyebab penyakit.

Faktanya, kekurangan vitamin C dapat membuat Anda lebih gampang sakit. Anjuran asupan vitamin C harian sekitar 75-100 mg per hari. Vitamin ini tidak diproduksi oleh tubuh sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C seperti jambu biji. Mengonsumsi 20 gram jambu biji (mentah atau jus) dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa.

Meminum jus jambu biji merupakan salah satu cara mudah untuk mendapat manfaat dari vitamin C sekaligus memenuhi kebutuhan hariannya. Menurut United States Department od Agriculture, 100 gram jambu biji mengandung vitamin C sebanyak 228. 3 mg.

Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki peran vital dalam mendukung reaksi biokimia pada sistem imun. Anda akan mendapat tambahan vitamin B6 saat mengonsumsi jambu biji.

Menurut National Institute of Health, rekomendasi harian vitamin B6 adalah sebanyak 2 mg. Vitamin ini membantu meningkatkan sistem imun dengan menambah produksi antibodi.

Vitamin B6 dalam jambu biji juga memberikan manfaat dengan cara membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah dan sel dari sistem imun.

Apabila seseorang mengalami defisiensi vitamin B6, pembentukan antibodi akan berkurang sehingga lebih rentan mengidap penyakit.

Vitamin A

Jambu biji juga mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung tumbuh kembang. Selain itu, vitamin A dikenal memiliki sifat antiradang karena peran pentingnya dalam menambah fungsi dan pertumbuhan dari sistem imun.

Menurut United States Department od Agriculture, 100 gram jambu biji mengandung vitamin A sebanyak 624 IU (international unit).

Manfaat jambu biji dalam mencegah berbagai penyakit

Kandungan jambu biji ternyata mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun untuk menjaga tubuh dari penyakit. Kandungan lain dari jambu biji juga memberikan manfaat seperti:

  • Menurunkan risiko kanker, karena kaya antioksidan
  • Baik untuk penderita diabetes, karena indeks glikemik yang rendah
  • Menjaga kulit dari penuaan dini, karena kaya akan vitamin A dan Vitamin C
  • Mengatasi sembelit, karena kaya akan serat
  • Baik untuk ibu hamil, karena kaya akan Vitamin B9 yang membantu pembetukan sistem saraf si kecil

Selain itu, mengingat penyakit COVID-19 yang sedang mewabah dan mudah menular, asupan vitamin C dari jambu biji juga dapat berguna untuk membantu sistem imun melawan coronavirus ini.

Meski efektivitas vitamin C untuk mencegah COVID-19 masih diteliti, tidak ada salahnya untuk selalu memenuhi kebutuhan harian vitamin C sebagai salah satu langkah melindungi diri dari pandemik ini.

Jambu biji merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Anda perlu memanfaatkan hal ini karena jambu biji memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Health benefits of guava: How to use it, nutrition, and risks. (n.d.). Retrieved February 25, 2020, from medicalnewstoday website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324758#nutritional-information

What are the health benefits of Guava? Retrieved February 25, 2020, from https://www.researchgate.net/post/What_are_the_health_benefits_of_Guava

World Agroforestry. Guava (Psidium guajava). Retrieved February 25, 2020, from http://www.worldagroforestry.org/sites/default/files/users/admin/Guava.pdf

Heart. (2016, January 15). 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity. Retrieved February 25, 2020, from Health Essentials from Cleveland Clinic website: https://health.clevelandclinic.org/3-vitamins-best-boosting-immunity/

Compounds, I. of M. (US) P. on D. A. and R. (2000). Vitamin C. In www.ncbi.nlm.nih.gov. Retrieved February 25, 2020, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK225480/

Farhan Aslam, M., Majeed, S., Aslam, S., & Irfan, J. A. (2017). Vitamins: Key Role Players in Boosting Up Immune Response-A Mini Review. Vitamins & Minerals06(01). https://doi.org/10.4172/2376-1318.1000153 Retrieved February 25, 2020, from https://www.omicsonline.org/open-access/vitamins-key-role-players-in-boosting-up-immune-responsea-mini-review-2376-1318-1000153.php?aid=87232

Huang, Z., Liu, Y., Qi, G., Brand, D., & Zheng, S. (2018). Role of Vitamin A in the Immune System. Journal of Clinical Medicine7(9), 258. https://doi.org/10.3390/jcm7090258 Retrieved February 25, 2020, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6162863/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 12/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x