7 Buah yang Cocok untuk Musim Hujan, Perkuat Imunitas

    7 Buah yang Cocok untuk Musim Hujan, Perkuat Imunitas

    Musim hujan bisa membuat Anda rentan sakit. Suhu udara yang menurun dan kelembapan yang meningkat saat hujan membuat virus hidup lebih lama dan bakteri cepat menyebar. Nah, konsumsi buah sehat yang kaya vitamin tertentu cocok memperkuat daya tahan tubuh untuk musim hujan.

    Buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan

    Untuk menjaga kesehatan di musim hujan, berikut buah yang cocok untuk membantu meningkatkan imunitas.

    1. Jeruk

    Sudah tidak asing lagi bahwa jeruk merupakan buah untuk meningkatkan imun. Manfaat ini berasal dari tingginya vitamin C.

    Satu buah jeruk ukuran besar mengandung vitamin C sebesar 32 mg. Hal ini bisa memenuhi 35 – 42% kebutuhan vitamin C harian Anda.

    Vitamin C baik untuk menjaga kekebalan tubuh saat hujan. Mengutip studi terbitan Nutrients (2017), zat gizi ini merangsang sel darah putih menyerang bakteri dan virus pada bagian tubuh yang terinfeksi.

    Pada saat yang sama, vitamin C melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat infeksi.

    2. Pepaya

    pepaya merupakan buah yang cocok untuk musim hujan

    Pepaya merupakan buah yang cocok di musim hujan. Hal ini disebabkan pepaya merupakan buah kaya vitamin A yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

    Semangkuk pepaya potong seberat 145 gram mengandung vitamin A sebesar 68,2 mcg.

    Vitamin A memperkuat lapisan lendir pelindung di dalam tubuh sehingga risiko penyakit infeksi pun berkurang. Selain itu, vitamin A membantu melawan infeksi bakteri, parasit, dan virus.

    Tak hanya itu, buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sebesar 88,3 mg, bahkan lebih tinggi dari jeruk. Tidak heran bila pepaya dipilih sebagai buah untuk daya tahan tubuh.

    3. Mangga

    Mangga merupakan buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan. Buah ini kaya akan vitamin A dan vitamin C yang diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

    Selain itu, mangga mengandung mineral yang penting untuk imunitas, yaitu zink dan selenium.

    Selenium bersifat antioksidan yang bisa mengurangi radikal bebas dan peradangan di dalam tubuh. Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat.

    Sementara itu, kekurangan zink erat kaitannya dengan masalah imun.

    4. Jambu biji

    Buah tropis ini cocok dikonsumsi untuk musim hujan karena kaya akan vitamin C.

    Kandungan vitamin C dalam 100 g sebesar 228 mg. Artinya, Anda bisa memenuhi asupan vitamin C dalam sehari. Hal ini tentu baik untuk menjaga kekebalan tubuh Anda.

    Kandungan serat pada buah ini pun cukup tinggi, yakni 5,4 gram. Serat juga merupakan zat gizi yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

    Mengutip penelitian terbitan Allergy (2022), serat menjaga keseimbangan bakteri atau mikrobiota usus.

    Keseimbangan ini membuat kekebalan tubuh meningkat sehingga bisa mengurangi risiko penyakit infeksi.

    5. Apel

    Apel merupakan jenis yang sering dipilih untuk memulai pola makan sehat dan cocok dimakan untuk musim hujan.

    Tidak heran, sebutir apel mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk imun, yaitu vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

    Vitamin E mampu melindungi kekebalan tubuh dengan cara memperkuat lapisan sel-sel imun. Selain itu, vitamin ini bersifat antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab penyakit kronis.

    Apel pun mengandung serat bernama pektin. Serat ini bersifat prebiotik yang bisa memberikan asupan bakteri baik bagi usus.

    6. Kiwi

    Kiwi merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C. Satu buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 56 gram.

    Buah ini mengandung senyawa karotenoid, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Ketiganya merupakan jenis antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

    Tidak sampai di situ, kiwi kaya akan folat atau vitamin B9 yang membantu membentuk sel darah putih. Sel ini berperan penting untuk melawan infeksi.

    Buah ini juga kaya serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Dari berbagai zat gizi yang telah disebutkan, tak heran bila kiwi termasuk buah yang cocok di musim hujan.

    7. Tomat

    Buah tomat untuk batuk

    Meski sering dianggap sebagai sayuran, tomat ternyata buah yang baik dikonsumsi saat musim hujan. Jus buah ini meningkatkan imunitas.

    Satu buah tomat sebesar 125 gram mengandung vitamin C sebesar 20,4 mg. Buah ini kaya akan beta-karoten yang berasal dari warna alaminya.

    Bila dikonsumsi, beta-karoten nantinya diubah menjadi vitamin A yang baik untuk memperkuat imun. Buah ini juga kaya akan likopen yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

    Selain menjaga kondisi tubuh saat hujan, tomat baik untuk kesehatan tulang. Pasalnya, buah ini kaya akan mineral yang dibutuhkan untuk kepadatan tulang, seperti kalsium, magnesium, dan fosfor.

    Kesimpulan

    Penyakit musim hujan biasanya berkaitan dengan infeksi bakteri, virus, dan parasit. Nah, buah yang cocok untuk musim hujan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Kekebalan tubuh yang baik penting untuk mengurangi risiko penyakit infeksi di musim hujan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 06/12/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan