home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Itu Ayam Probiotik? Benarkah Lebih Sehat?

Apa Itu Ayam Probiotik? Benarkah Lebih Sehat?

Pernah dengar nama atau melihat ayam probiotik yang dijual di pasar swalayan? Selain ayam organik, ternyata ayam probiotik juga bisa dikonsumsi dan nyatanya telah dijual di pasaran. Apa itu ayam probiotik? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu ayam probiotik?

Ayam probiotik adalah ayam yang diternak secara alami, dan selama masa peternakannya, ayam tersebut tidak terpapar bahan kimia apapun. Nah, ayam ini, sejak menetas dari dalam telur, diternak dan dibersarkan juga perawatannya dengan bahan-bahan organik. Mulai dari pakan hingga dedak yang diberikannya pun menggunakan beras organik.

Selain itu, ayam hasil dari ternak organik ini bebas dari pestisida dalam kandungan daging maupun pada bulu dari ayam probiotik. Pada ayam jenis probiotik ini, kandungan bakteri E.coli nya sedikit dan tidak mengandung salmonella thyposa, yaitu bakteri yang terdapat pada pencernaan ayam. Ayam probiotik juga tidak tercemar logam, yang mana berbahaya jika diolah dan terserap pada tubuh manusia.

Lebih sehat mana ayam probiotik dengan ayam biasa?

Selain bebas dari paparan pestisida dan bahaya kimiawin lainnya, ayam probiotiknya nyatanya memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibanding ayam biasa. Kandungan lemak ayam jenis probiotik ini sebesar 9,15%, lebih rendah dari kandungan lemak ayam biasa, di mana ayam biasa mengandung lemak antara 21%-25% lebih banyak. Bila lemak pada ayam sedikit, otomatis takaran kolesterol juga lebih rendah.

Kalau ayam yang biasa mengandung kolesterol sekitar 100- 120 miligram per 100 gram, kandungan kolesterol ayam probiotik hanya setengahnya, yaitu sekitar 59,7 miligram per 100 gram. Mengenai rasa dan ukuran ayam, jangan khawatir. Menurut beberapa survei yang dilakukan oleh Perdue Farms, salah satu peternakan besar di Amerika Serikat, rasa ayam probiotik lebih enak dari ayam biasa, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Manfaat makan makanan probiotik

Tubuh akan menerima dampak buruk tertentu jika tidak menerima asupan probiotik di dalamnya. Efek samping yang bisa timbul antara lain, gangguan pencernaan, masalah kulit, penyakit candida, dan bahkan mudah terserang flu dan pilek.

Berbanding terbalik dengan bahaya minimnya asupan probiotik dalam tubuh, berikut ini merupakan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika makan makanan probiotik:

  • Sistem kekebalan tubuh lebih kuat
  • Meningkatkan fungsi pencernaan
  • Meningkatkan energi dari produksi vitamin B12
  • Napas jadi lebih baik karena probiotik mencegah candida
  • Kulit yang lebih sehat, karena probiotik mencegah eksim dan psoriasis
  • Mengurangi timbulnya gejala flu dan pilek
  • Mencegah radang usus
  • Membantu mencegah berat badan, dengan lemak dari makanan probiotik yang rendah
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Probiotic foods https://draxe.com/probiotic-foods/ Diakses pada 20 April 2017

Chicken Embryos with Probiotic https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2812824/ Diakses pada 20 April 2017

Probiotic in a Poultry Industry https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24706958 Diakses pada 20 April 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 17/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x