home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Mengunyah Permen Karet Menurunkan Berat Badan?

Benarkah Mengunyah Permen Karet Menurunkan Berat Badan?

Pernahkah Anda mendengar salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengunyah permen karet? Ya, beberapa orang bilang bahwa mengunyah permen karet dapat membantu menghilangkan beberapa kilogram berat badan Anda. Namun, benarkah makan permen karet menurunkan berat badan, atau apakah ini hanya mitos?

Penelitian yang setuju permen karet menurunkan berat badan

Beberapa orang mungkin mengunyah permen karet dengan tujuan untuk dapat menurunkan berat badan. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa permen karet dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island yang menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan tidak akan makan lebih banyak di lain waktu. Mengunyah permen karet juga dapat memuaskan nafsu makan partisipan pada penelitian tersebut, sehingga mereka menolak tambahan kalori.

Selain itu, penelitian lain dari Louisiana State University pun membuktikan bahwa permen karet dapat membantu mengontrol nafsu makan, mengurangi rasa ingin ngemil, dan dapat mengurangi asupan harian sebesar 40 kalori. Ada yang setuju dengan hal ini, tetapi ada juga yang tidak setuju bahwa permen karet dapat membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Benarkah Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan?

Penelitian yang menunjukkan sebaliknya

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Eating Behaviors membuktikan hal yang agak sedikit berbeda. Penelitian ini menunjukkan hasil yang sama bahwa permen karet dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi setelah mengunyah permen karet Anda lebih mungkin untuk mengonsumsi keripik, permen, atau kue daripada mengonsumsi buah-buahan atau sayuran.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa permen karet, terutama permen karet mint, mungkin dapat membantu Anda menahan rasa lapar, tetapi juga membuat Anda ingin lebih banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hasilnya, kalori yang Anda konsumsi mungkin tidak berlebihan, tetapi zat gizi yang masuk ke tubuh Anda menjadi berkurang. Hal ini tentu membuat tujuan penurunan berat badan Anda tercapai dengan tidak baik.

Mengunyah permen karet dalam jumlah banyak mungkin membantu Anda dalam menurunkan berat badan karena efek sorbitol yang biasanya terkandung dalam permen karet bebas gula. Namun, ini bukan merupakan cara yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Sorbitol merupakan pemanis buatan yang sulit diserap usus dan dapat bekerja seperti pencahar atau laksatif. Sehingga, dengan mengonsumsi permen karet yang mengandung sorbitol dalam jumlah banyak, Anda mungkin dapat menurunkan berat badan sampai 20%. Namun, penurunan berat badan ini disebabkan karena Anda mengalami diare kronis. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal ini bukan? Selain itu, mengunyah banyak permen karet juga dapat membuat Anda merasa kembung karena banyak udara yang tertelan saat Anda mengunyah permen karet.

BACA JUGA: Apa yang Terjadi Jika Saya Menelan Permen Karet?

Jadi, kesimpulannya?

Beberapa penelitian mungkin telah membuktikan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu seseorang menurunkan berat badan, tetapi beberapa penelitian lain tidak sependapat dengan hal ini. Untuk mencapai penurunan berat badan yang Anda inginkan, tetap saja Anda harus memangkas jumlah kalori yang Anda konsumsi per hari dan juga melakukan olahraga teratur. Kedua hal ini dapat membantu Anda mendapatkan penurunan berat badan yang stabil. Jika Anda mengunyah permen karet dan tetap meneruskan kebiasaan mengonsumsi banyak makanan, serta tidak melakukan olahraga, tentu penurunan berat badan yang Anda harapkan tidak akan tercapai.

Jadi, apakah mengunyah permen karet bisa membantu menurunkan berat badan atau tidak? Itu semua tergantung bagaimana Anda mengatur rasa lapar Anda dan keinginan untuk makan. Permen karet mungkin bisa dipakai sebagai alat untuk mengontrol nafsu makan Anda. Selebihnya, itu tergantung diri Anda sendiri.

Tips menurunkan berat badan dengan permen karet

Jika Anda ingin tetap mencoba mengunyah permen karet untuk menurunkan berat badan Anda, sebaiknya ikuti tips berikut ini:

  • Kunyahlah permen karet di waktu yang tepat. Lebih baik Anda mengunyah permen karet di saat Anda memiliki keinginan untuk ngemil makanan ringan, di antara waktu makan utama Anda.
  • Simpan permen karet di tas Anda, sehingga Anda dapat mengambilnya kapan saja saat Anda tergoda untuk makan makanan berkalori tinggi.
  • Jika Anda terbiasa makan popcorn atau makanan ringan lainnya saat menonton TV atau bioskop, sebaiknya ganti dengan mengunyah permen karet. Hal ini akan membantu memotong kalori yang masuk ke tubuh Anda dan mencegah makan tidak sadar (mindless eating).
  • Saat Anda sudah berhasil dengan permen karet untuk menahan nafsu makan Anda, sebaiknya Anda tidak “balas dendam” dengan makan lagi di lain waktu. Ini membuat usaha Anda menahan nafsu makan menjadi percuma.
  • Lakukan perubahan sedikit pada gaya hidup Anda, pilihlah makanan yang mengandung kalori lebih sedikit. Anda harus pintar dalam memilih makanan.
  • Pilihlah permen karet yang bebas gula, biasanya hanya mengandung 5 kalori per potong, dibandingkan dengan permen karet biasa yang mempunyai 10 kalori per potong. Namun, tetap batasi konsumsi permen karet Anda dalam sehari. Karena jika kebanyakan, tentu akan memberi risiko kesehatan lainnya pada Anda, seperti diare.

BACA JUGA: Hati-Hati, Diet Menurunkan Berat Badan Bisa Sebabkan Batu Empedu

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Zelman, K. M. (2010). Diet Myth or Truth: Chewing Gum for Weight Loss. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/diet/obesity/features/diet-myth-or-truth-chewing-gum-for-weight-loss#1 [Accessed 5 Dec. 2016].

Gueren, C. (2013). Can Chewing Gum Help You Drop Pounds?. [online] Available at: http://www.womenshealthmag.com/food/can-chewing-gum-help-you-drop-pounds [Accessed 5 Dec. 2016].

Ghose, T. (2013). Chewing Gum Doesn’t Lead to Weight Loss, Study Suggests. [online] Live Science. Available at: http://www.livescience.com/28003-chewing-gum-no-weight-loss.html [Accessed 5 Dec. 2016].

Hanes, T. (2013). Does Chewing Sugar-Free Gum Help You Lose Weight?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/541275-does-chewing-sugar-free-gum-help-you-lose-weight/ [Accessed 5 Dec. 2016].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 11/12/2016
x