home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ingin Mengurangi Nafsu Makan? Coba Konsumsi Jahe

Ingin Mengurangi Nafsu Makan? Coba Konsumsi Jahe

Apakah Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Membatasi asupan makan dan melakukan olahraga teratur adalah cara yang baik untuk dilakukan. Namun, mungkin sangat sulit untuk melakukan kedua hal ini bagi beberapa orang. Nafsu makan merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk dikontrol. Membuat asupan makan Anda menjadi berlebihan. Tapi, ternyata ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengurangi nafsu makan. Salah satunya adalah jahe.

Bagaimana cara menggunakan jahe untuk mengurangi nafsu makan?

Jahe selama ini dikenal sebagai rempah-rempah dalam masakan dan juga obat herbal untuk membuat tubuh Anda merasa lebih hangat saat kedinginan, mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual dan ingin muntah, membantu detoksifikasi tubuh, dan masih banyak lagi. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism tahun 2012 membuktikan bahwa jahe dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Partisipan dalam penelitian tersebut diminta untuk mengonsumsi bubuk jahe sebanyak 2 gram yang dilarutkan dalam air panas setiap sarapan. Hasilnya, minuman jahe tersebut dapat mengurangi rasa lapar setelah makan sampai enam jam, sehingga asupan makanan para partisipan dalam sehari menjadi lebih rendah.

Penelitian yang melibatkan sepuluh orang pria tersebut menyimpulkan bahwa jahe dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan dengan membuat Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit. Penelitian ini mengacu pada efek termogenik yang dimiliki jahe. Yang artinya, jahe dapat menaikkan suhu tubuh Anda menjadi lebih panas. Sehingga, juga meningkatkan jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh dalam mencerna makanan. Namun, bagaimanapun perlu penelitian lebih lanjut mengenai efek jahe pada nafsu makan ini.

Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara ini, bukan? Anda bisa minum air jahe hangat setiap pagi setelah makan dan lihat hasilnya. Lagipula, jahe juga mempunyai manfaat lainnya untuk kesehatan Anda. Tapi ingat, barengi juga dengan mengubah pola makan Anda menjadi pola makan sehat. Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Juga, lakukan olahraga secara teratur. Sehingga, berat badan Anda turun dengan cara yang sehat.

Rempah lain untuk mengurangi nafsu makan

Selain jahe, ada juga rempah lain yang biasa ditambahkan dalam masakan Anda yang bermanfaat dalam membantu mengurangi nafsu makan. Rempah-rempahan ini adalah yang mempunyai kandungan capsaicin, seperti cabai dan merica. Kandungan capsaicin ini dapat menekan nafsu makan Anda, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses tahun 2012.

Ya, capsaicin dalam cabai maupun merica dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan memiliki efek termogenik juga, sama seperti jahe. Sehingga, tubuh Anda membakar kalori lebih optimal saat mencerna makanan. Membuat tubuh membakar lebih banyak kalori per hari, membuat Anda lebih puas dan kenyang setelah makan, sehingga nafsu makan Anda berkurang dan membantu menurunkan berat badan Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mansour, M., Ni, Y., Roberts, A., Kelleman, M., RoyChoudhury, A. and St-Onge, M. (2012). Ginger consumption enhances the thermic effect of food and promotes feelings of satiety without affecting metabolic and hormonal parameters in overweight men: A pilot study. Metabolism, 61(10), pp.1347-1352. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22538118 [Accessed 11 Apr. 2017].

Olson, A. List of Natural Appetite-Suppressing Foods. [online] Available at: http://healthyeating.sfgate.com/list-natural-appetitesuppressing-foods-6098.html [Accessed 11 Apr. 2017].

Petre, Alina. 18 Science-Based Ways to Reduce Hunger and Appetite. [online] Authority Nutrition. Available at: https://authoritynutrition.com/18-ways-reduce-hunger-appetite/ [Accessed 11 Apr. 2017].

Cespedes, A. (2015). Can Ginger Help You Lose Weight?. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/280367-how-ginger-helps-you-lose-weight/ [Accessed 11 Apr. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x