home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Gerakan Olahraga yang Tidak Akan Bikin Nyeri Sendi Kambuh

Gerakan Olahraga yang Tidak Akan Bikin Nyeri Sendi Kambuh

Punya masalah nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis, bisa menghambat lancarnya aktivitas sehari-hari karena takut rasa nyerinya makin parah kalau dipakai bergerak. Namun, sebenarnya ada banyak macam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gejala nyeri sendi kambuh. Apa saja?

Gerakan olahraga yang dapat mencegah nyeri sendi kambuh

Nyeri sendi bukan alasan untuk tidak berolahraga rutin. Faktanya, olahraga justru bisa membantu menguatkan otot-otot dan menghindarkan Anda dari gangguan persendian.

Bila Anda sering mengalami nyeri sendi, Anda bisa melakukan gerakan olahraga berikut yang tidak akan bikin nyeri sendi makin parah.

1. Peregangan tubuh

Lakukan gerakan perenggangan dengan rutin, hal ini dapat membantu melenturkan sendi, sehingga terhindar dari nyeri sendi yang mungkin kambuh. Anda bisa melakukannya setiap pagi, hal ini baik untuk mengawali aktivitas harian Anda. Berikut adalah gerakan peregangan yang harus Anda lakukan:

2. Peregangan lengan

Peregangan ini adalah dasar yang sebenarnya harus Anda lakukan setiap hari meski tidak punya nyeri sendi sama sekali. Anda bisa mencobanya dengan menekukkan salah satu tangan akan kemudian menyilangkan tangan. Coba seperti gambar di bawah ini.

3. Peregangan kaki

Persendian kaki dan lengan, biasanya jadi sasaran empuk bagi Anda yang punya nyeri sendi. Cobalah untuk selalu membuat sendi-sendi di kaki dan tangan menjadi lebih lentur. Anda bisa mencoba untuk duduk sambil meluruskan kedua kaki, kemudian usahakan untuk bisa mencium bagian lutu Anda, tanpa kaki melakukan pergerakan sama sekali.

4. Peregangan leher

Persendian di leher juga menjadi sasaran bila Anda mengalami nyeri sendi. Maka dari itu, untuk mencegah sendi-sendi leher semakin kaku, Anda harus membiasakan diri untuk meregangkan leher. Anda dapat melakukannya dengan memutar kepala dari kanan ke kiri kemudian sebaliknya dan lakukan beberapa kali. Selain itu, Anda dapat memiringkan leher ke kanan maupun ke kiri setelah itu tahan posisi tersebut dalam beberapa detik.

5. Yoga

Ada beberapa pose atau gerakan yang baik untuk mencegah gejala nyeri sendi kambuh. Misalnya pose kobra, yang dilakukan dengan pose telungkup kemudian angkat pelan-pelan kepala serta tubuh bagian atas, menyerupai ular kobra yang sedang marah.

Olahraga lain yang dianjurkan

Tak perlu melakukan olahraga yang berat untuk mencegah nyeri sendi kambuh. Anda hanya perlu melakukan olahraga seperti berjalan kaki, bersepeda, dan berenang. Ketiga olahraga ini kecil kemungkinannya untuk mencederai sendi. Perhatikan juga kondisi tubuh Anda.

Mulailah olahraga dengan intensitas yang ringan, kemudian bertahap hingga intensitas sedang. Lakukan hal ini setidaknya 30 menit setiap hari. Bila Anda memilih untuk jalan kaki, pilih lintasan atau jalan yang empuk, jangan yang terlalu keras. Misalnya jalan kaki di atas rumput atau tanah daripada di jalan bebatuan atau aspal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

WebMD. (2017). Exercises That Are Easy On Your Joints. [online] WebMD. Available at: https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/gentle-ra-exercises#1  [Accessed 29 Oct. 2017].

Prevention. (2011). Joint-Friendly Workouts (That Blast Some Serious Calories!). [online] Available at: https://www.prevention.com/fitness/fitness-tips/workouts-are-easy-joints-and-blast-calories  [Accessed 29 Oct. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x