home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 CaraAlami untuk Mengatasi Nyeri Punggung

7 CaraAlami untuk Mengatasi Nyeri Punggung

Hampir semua orang pernah mengalami nyeri punggung. Terkadang, kondisi tersebut bisa menjadi serius: punggung Anda terasa sakit bukan main sampai menjalar ke kaki yang bikin mati rasa. Akibatnya Anda tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Dalam situasi ini, Anda harus menemui dokter terlebih dahulu. Namun, tidak semua kondisi nyeri punggung memerlukan resep. Anda dapat mengatasi nyeri punggung secara alami.

Berbagai cara mengatasi nyeri punggung secara alami

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Kompres punggung

Saat bangun di pagi hari, nyeri punggung bisa menjadi lebih serius. Anda akan merasakan sakit dan kaku, dan Anda bahkan tidak bisa bangun untuk duduk.

Anda bisa mencoba menempatkan kompres panas di bawah punggung saat Anda berbaring terlentang atau di atas punggung saat Anda berbaring telungkup. Panas tersebut akan membantu menghangatkan otot, meredakan kekakuan, dan darah dapat mengalir ke punggung dengan lebih mudah. Namun, jangan gunakan panas yang terlalu tinggi karena dapat merusak jaringan kulit.

Lakukan yoga tertawa sebagai cara alami mengatasi nyeri punggung

Yoga tertawa adalah jenis yoga yang membantu orang memperbaiki kondisi kesehatan dengan cara tertawa. Saat Anda tertawa, tubuh bisa mendapat lebih banyak oksigen, mengurangi stres dan memproduksi lebih banyak hormon endorfin (hormon yang membantu meredakan nyeri secara alami).

Selain itu, yoga tertawa merupakan latihan fisik ringan yang bisa Anda lakukan jika latihan lain terlalu menyakitkan dan sulit untuk punggung Anda.

Pijat punggung

Anda dapat melakukan pijat secara teratur di rumah atau di pusat kesehatan. Pijatan membantu mengurangi stres, mengendurkan otot, dan mendorong tubuh memproduksi lebih banyak hormon endorfin. Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan pijat di atas meja pijat atau kursi pijat. Ini tergantung pada kebutuhan Anda. Santai saja dan pijatan akan membantu mengatasi nyeri punggung Anda.

Ubah posisi tidur

Posisi tidur bisa memengaruhi kondisi nyeri punggung. Beberapa posisi dapat meningkatkan rasa sakit, dan beberapa posisi lainnya mengurangi.

Oleh karena itu, salah satu cara alami mengatasi nyeri punggung, mencoba beberapa posisi untuk mencari tahu posisi apa yang paling baik untuk Anda. Tidur pada posisi bersandar bisa membantu. Anda juga bisa mencoba tidur di kursi atau tempat tidur khusus untuk sokongan yang lebih baik.

Lakukan peregangan sebagai cara alami mengatasi nyeri punggung

Tuntutan hidup sering memaksa orang-orang untuk duduk lama di meja kerja sepanjang hari menyelesaikan pekerjaan atau belajar. Namun, jangan mempertahankan posisi duduk untuk terlalu lama. Setiap 20 menit, Anda harus berdiri dan meregangkan tubuh, seperti punggung, kaki, atau lengan Anda. Olahraga ringan bisa menjadi pilihan yang bagus karena membantu mengendurkan otot dan menghangatkan tubuh.

Pertahankan kekuatan otot

Menjaga kekuatan otot adalah cara yang baik untuk mengatasi nyeri punggung. Otot-otot pinggul dan panggul yang kuat memberikan sokongan yang lebih baik untuk punggung Anda.

Anda bisa merasakan nyeri punggung Anda berkurang dengan melakukan cara-cara di atas. Tapi untuk kasus nyeri punggung yang lebih serius, cara-cara mengatasi nyeri punggung di atas mungkin tidak begitu efektif. Oleh karena itu, mencari bantuan medis adalah pilihan yang terbaik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. 7 Ways to Relieve Back Pain Naturally. http://www.spine-health.com/blog/7-ways-relieve-back-pain-naturally. Accessed November 18, 2016.
  2. 10 Ways to Manage Low Back Pain at Home. http://www.webmd.com/back-pain/features/manage-low-back-pain-home. Accessed November 18, 2016.
  3. 12 Ways to Improve Back Pain. http://www.webmd.com/back-pain/america-asks-13/12-back-pain-tips. Accessed November 18,
    2016.
Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 06/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus