home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Berdamai Dengan Vonis Mandul dan Memulai Hidup Tanpa Anak

Tips Berdamai Dengan Vonis Mandul dan Memulai Hidup Tanpa Anak

Setelah dinyatakan mandul dan tidak bisa memiliki anak, tak jarang hal tersebut bisa membuat Anda galau bukan kepalang. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, antara lain mengadopsi anak atau bahkan melanjutkan hidup tanpa adanya anak atau buah hati. Tapi sayangnya tidak mudah mengabaikan dan membuang impian punya anak.

Antara terus berusaha atau berpasrah diri, keduanya sah-sah saja dilakukan. Namun, jika Anda mulai memutuskan untuk mencoba memulai hidup tanpa anak, pastinya butuh beberapa hal yang bisa menguatkan diri Anda dan pasangan. Anda pun juga bisa mencari jalan dan kebahagiaan lain yang bisa menggantikan impian mulia Anda tersebut. Lalu, bagaimana untuk memulai itu semua?

Bagaimana caranya berdamai dengan vonis mandul?

Memang tidak mudah untuk berdamai setelah divonis tidak bisa memiliki keturunan. Tapi di dunia ini, Anda bukanlah satu-satunya pasangan tanpa anak yang akan merasakan kesedihan sampai akhir. Banyak pasangan lainnya yang memiliki kasus serupa, namun mereka memutuskan untuk menikmati hidup dan akhirnya berbahagia.

Kuncinya, menerima takdir dengan ikhlas dan percaya bahwa ini semua keputusan Tuhan untuk memberikan kebahagian lewat jalan lain untuk Anda berdua. Hidup tanpa anak juga bisa menjadi gerbang di mana Anda bisa melihat dunia sekitar. Contoh, mungkin Anda bisa membuka koneksi teman lama dan menikmati hidup berdua layaknya zaman pacaran dulu.

Salah satu hal yang bisa Anda dapatkan keuntungannya, mungkin, adalah kebebasan. Kebebasan yang Anda dan pasangan dapatkan bisa perlahan bergerak menuju arah kebahagiaan. Contoh, Anda bisa membantu keluarga, kerabat, atau bahkan orang lain Anda juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan amal, membantu sesama yang membutuhkan, atau mengabdi untuk masyarakat. Dengan membantu atau saling memberi, niscaya tubuh akan merasakan kebahagian dan rasa kepuasan tersendiri.

Tips move on dan mulai hidup tanpa anak

Anda dan pasangan bisa mengubah pandangan tertentu tentang hidup tanpa anak. Banyak para pasangan yang tadinya berpikir kalau anak adalah sumber kebahagiaan, dan berubah seiring dengan kebahagiaan lain yang mereka temukan. Namun, masih banyak jalan dan sumber kebahagiaan, yang mungkin saja belum Anda temukan.

Temukan kebahagiaan lewat jalan lain

Seperti yang telah diungkap di atas, kalau Anda bisa menemukan kebahagiaan di jalan yang lain. Anda masih bisa bercanda tawa dan berbagi kebahagiaan dengan teman, tetangga, atau bahkan orang-orang yang memiliki jalan hidup yang serupa dengan Anda. Temukan dan ciptakan kebahagiaan Anda sendiri.

Di sisi lain, mungkin Anda tidak bisa menemukan kebahagiaan bersama anak biologis sendiri. Namun, hal itu masih bisa ditanggulangi. Habiskan waktu bersama keponakan, anak-anak panti asuhan, anak dari kerabat, yang mana berbagi bersama anak-anak lain bisa mengisi ulang kekuatan dan sedikit menyelipkan kebahagiaan yang diinginkan di sela-sela aktivitas Anda.

Lagipula, beberapa penelitian mengatakan kalau hidup tanpa anak bukanlah sesuatu yang harus dijadikan kesedihan atau sumber dari masalah kesehatan masalah psikologisnya. Mereka yang bisa bahagia tanpa anak, dilaporkan sama bahagianya dengan orang yang punya anak. Karena mereka menikmati hidup dengan cara lain serta menemukan kebahagiaan lain, berdua bersama pasangan, tanpa harus meratapi nasib.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Free life after infertility https://www.verywell.com/childfree-life-after-infertility-4129051 Diakses pada 30 September 2017.

Living Childfree http://resolve.org/what-are-my-options/living-childfree/ Diakses pada 30 September 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 02/10/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x