Tips Berdamai Dengan Vonis Mandul dan Memulai Hidup Tanpa Anak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setelah dinyatakan mandul dan tidak bisa memiliki anak, tak jarang hal tersebut bisa membuat Anda galau bukan kepalang. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, antara lain mengadopsi anak atau bahkan melanjutkan hidup tanpa adanya anak atau buah hati. Tapi sayangnya tidak mudah mengabaikan dan membuang impian punya anak. 

Antara terus berusaha atau berpasrah diri, keduanya sah-sah saja dilakukan. Namun, jika Anda mulai memutuskan untuk mencoba memulai hidup tanpa anak, pastinya butuh beberapa hal yang bisa menguatkan diri Anda dan pasangan. Anda pun juga bisa mencari jalan dan kebahagiaan lain yang bisa menggantikan impian mulia Anda tersebut. Lalu, bagaimana untuk memulai itu semua?

Bagaimana caranya berdamai dengan vonis mandul?

Memang tidak mudah untuk berdamai setelah divonis tidak bisa memiliki keturunan. Tapi di dunia ini, Anda bukanlah satu-satunya pasangan tanpa anak yang akan merasakan kesedihan sampai akhir. Banyak pasangan lainnya yang memiliki kasus serupa, namun mereka memutuskan untuk menikmati hidup dan akhirnya berbahagia.

Kuncinya, menerima takdir dengan ikhlas dan percaya bahwa ini semua keputusan Tuhan untuk memberikan kebahagian lewat jalan lain untuk Anda berdua. Hidup tanpa anak juga bisa menjadi gerbang di mana Anda bisa melihat dunia sekitar. Contoh, mungkin Anda bisa membuka koneksi teman lama dan menikmati hidup berdua layaknya zaman pacaran dulu.

Salah satu hal yang bisa Anda dapatkan keuntungannya, mungkin, adalah kebebasan. Kebebasan yang Anda dan pasangan dapatkan bisa perlahan bergerak menuju arah kebahagiaan. Contoh, Anda bisa membantu keluarga, kerabat, atau bahkan orang lain Anda juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan amal, membantu sesama yang membutuhkan, atau mengabdi untuk masyarakat. Dengan membantu atau saling memberi, niscaya tubuh akan merasakan kebahagian dan rasa kepuasan tersendiri.

Tips move on dan mulai hidup tanpa anak

Anda dan pasangan bisa mengubah pandangan tertentu tentang hidup tanpa anak. Banyak para pasangan yang tadinya berpikir kalau anak adalah sumber kebahagiaan, dan berubah seiring dengan kebahagiaan lain yang mereka temukan. Namun, masih banyak jalan dan sumber kebahagiaan, yang mungkin saja belum Anda temukan.

Temukan kebahagiaan lewat jalan lain

Seperti yang telah diungkap di atas, kalau Anda bisa menemukan kebahagiaan di jalan yang lain. Anda masih bisa bercanda tawa dan berbagi kebahagiaan dengan teman, tetangga, atau bahkan orang-orang yang memiliki jalan hidup yang serupa dengan Anda. Temukan dan ciptakan kebahagiaan Anda sendiri.

Di sisi lain, mungkin Anda tidak bisa menemukan kebahagiaan bersama anak biologis sendiri. Namun, hal itu masih bisa ditanggulangi. Habiskan waktu bersama keponakan, anak-anak panti asuhan, anak dari kerabat, yang mana berbagi bersama anak-anak lain bisa mengisi ulang kekuatan dan sedikit menyelipkan kebahagiaan yang diinginkan di sela-sela aktivitas Anda.

Lagipula, beberapa penelitian mengatakan kalau hidup tanpa anak bukanlah sesuatu yang harus dijadikan kesedihan atau sumber dari masalah kesehatan masalah psikologisnya. Mereka yang bisa bahagia tanpa anak, dilaporkan sama bahagianya dengan orang yang punya anak. Karena mereka menikmati hidup dengan cara lain serta menemukan kebahagiaan lain, berdua bersama pasangan, tanpa harus meratapi nasib.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

4 Gerakan Yoga untuk Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi pada Pria

Sejumlah gerakan yoga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi. Apa saja jenis gerakan yang dianjurkan? Simak di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pria, Impotensi 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

demam tanda hamil

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit