Siapa yang Lebih Cepat Move On Setelah Putus Cinta, Pria Atau Wanita?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Putus cinta biasanya membuat wanita terlihat sangat tersakiti dan menderita. Sedangkan pria mungkin terlihat biasa-biasa saja. Pria bisa melanjutkan hidupnya seperti biasa tanpa terlihat galau atau sedih. Terlebih lagi, biasanya pria lebih cepat mendapatkan pasangan baru dibanding wanita. Memang menyakitkan ketika melihat mantan kekasih yang dulu Anda sayangi sudah bersama orang lain. Pasti Anda berpikir, mengapa dia secepat itu melupakan Anda dan semua kenangan-kenangan yang telah dilalui bersama. Ya, banyak wanita mengatakan jika pria lebih cepat move on, tapi apakah benar? 

Benarkah pria lebih cepat move on?

Kebanyakan orang biasa melihat bahwa pria lebih tenang dalam menghadapi putus cinta dibanding wanita. Pria jarang menangis dan juga tidak terbuka dengan kandasnya hubungan percintaannya. Sedangkan wanita lebih emosional dapat mengalami patah hati.

Namun, apa yang pria perlihatkan dari luar belum tentu sama dengan apa yang ia rasakan. Pria juga merasakan sedih dan sakit hati, tapi mereka terkesan lebih gengsi untuk menunjukkan kesedihannya, sehingga ia lebih memendam dan memilih menjalankan hidupnya seperti biasa.

Kebanyakan pria enggan menceritakan kegalauan hubungan asmaranya dengan orang lain, karena mereka tidak ingin dipandang “lembek” (padahal tentu saja . Ini berbeda dengan banyak wanita yang lebih terbuka soal putus cintanya. Pria akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama teman-temannya dan melalukan hal lain yang dulu tidak bisa mereka lakukan saat menjalin hubungan dengan wanita. Inilah yang membuat pria terlihat lebih cepat move on, itulah cara mereka mengatasi putus cinta.

Pria akan lebih mudah menempatkan hubungan yang telah berakhir sebagai bagian dari masa lalunya. Di samping itu, pria juga melihat wajar saja untuk segera memiliki pasangan baru setelah putus cinta.  

karakteristik orang yang berduka cita

Pria mungkin lebih cepat move on, tapi…

Ya, pria memang lebih cepat move on, tapi wanita lebih baik saat menyembuhkan hati mereka, daripada sakit hati yang dialami pria. Menurut penelitian dari Binghamton University, pria disebut bisa move on lebih cepat, tapi sakit hati yang dialami masih belum terobati dengan sempurna.

Penelitian tersebut melibatkan 5.705 orang dari 96 negara sebagai responden. Para peneliti meminta para responden itu untuk menilai dengan menggunakan angka di rentang satu sampai sepuluh untuk menggambarkan seberapa besar rasa sakit yang mereka rasakan saat patah hati.

Nilai 0 berarti tidak merasakan efek apa pun, dan nilai 10 untuk menggambarkan sakit hati yang luar biasa. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa rata-rata skor wanita adalah 6,84. Sedangkan pria memiliki skor rata-rata 6,58. Wanita juga merasa lebih menderita secara fisik dengan nilai rata-rata 4,21, sementara pria hanya sebesar 3,75.

Meski saat putus, wanita yang mengalami sakit hati yang lebih parah, wanita lebih cepat mengatasi luka hati setelah putus cinta. Berdasrkan penelitian tersebut juga para pria lebih kesulitan untuk menyembuhkan luka hati mereka secara total.

Peneliti tersebut mengatakan, para pria akan merasa kerugian yang sangat dalam untuk jangka waktu yang sangat lama dan luka hatinya sulit untuk sembuh total. Mereka akan mencoba untuk mengganti apa yang telah hilang, tapi akhirnya mereka pun menyadari bahwa kehilangan yang mereka alami itu tidak tergantikan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Pil KB berhubungan dengan hormon. Itu sebabnya, saat Anda memutuskan untuk berhenti minum pil KB akan muncul berbagai efek samping. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
apakah petting bisa hamil

Mungkinkah Hamil Akibat Saling Menggesekkan Alat Kelamin (Petting)?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit