home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Susah Tidur di Malam Hari Akibat Depresi? Ini Berbagai Kiat Jitu Mengatasinya

Susah Tidur di Malam Hari Akibat Depresi? Ini Berbagai Kiat Jitu Mengatasinya

Depresi adalah gangguan suasana hati yang disertai dengan gejala emosional dan fisik yang mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Semua orang mengalami depresi secara berbeda. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan gejala depresi pada malam hari. Depresi malam hari juga dapat membuat atau memperburuk insomnia, dengan membuat Anda terjaga lebih lama atau membuat Anda lebih sulit untuk tertidur.

Penyebab depresi malam hari

Ada sejumlah penyebab yang bisa mengakibatkan depresi malam hari muncul.

Salah satu penyebab umum adalah kurangnya aktivitas di malam hari. Pada siang hari, Anda bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan, sekolah, atau kegiatan sosial lainnya. Namun, pada malam hari, ketika Anda tidur, tidak ada apa pun kecuali Anda dan pikiran Anda.

Para peneliti telah meneliti hal-hal lain yang dapat meningkatkan gejala depresi malam hari. Menurut penelitian pada hewan, cahaya terang (terutama biru dan putih) di malam hari tidak hanya membuat Anda terjaga, tetapi juga dapat meningkatkan gejala depresi.

Dalam penelitian ini, bahkan memiliki TV di ruang gelap meningkatkan kadar kortisol hewan dan menciptakan perubahan pada hippocampus, yang keduanya dapat meningkatkan gejala depresi.

Diduga juga hal ini terjadi karena jam biologis Anda terganggu. Gejala depresi bisa sangat mudah muncul dan memburuk. Satu penelitian menemukan bahwa terlalu sering dan lama terkena cahaya di malam hari, bisa mengganggu jam biologis serta menyebabkan suasana hati memburuk.

Bagaimana cara mengatasi depresi malam hari?

Ada berbagai cara untuk mengatasi depresi yang terjadi atau mengurangi gejala depresi malam hari. Untuk gejala depresi, terlepas dari waktu saat munculnya, Anda harus mempertahankan rencana perawatan yang diresepkan oleh dokter Anda. Hal ini termasuk minum obat dengan teratur, bahkan ketika Anda merasa baik-baik saja.

Jika Anda baru saja mengalami gejala depresi atau Anda tidak sedang menjalani pengobatan, Anda harus segera menemui dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan membantu Anda menemukan perawatan yang tepat untuk Anda.

Untuk mengelola depresi malam hari, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba beberapa cara ini untuk membantu memperbaiki gejala.

  • Bersantai setidaknya dua jam sebelum tidur. Ini memungkinkan tubuh Anda mulai melambat dan bersiap-siap untuk tidur. Tidur yang baik penting untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan
  • Lakukan aktivitas penghilang stres. Kegiatan yang menenangkan yang menghilangkan stres seperti yoga dan meditasi dapat membantu Anda menghilangkan stres sebelum tidur.
  • Hindari layar terang. Cobalah untuk tidak melihat layar terang setidaknya selama dua jam sebelum tidur, dan gunakan lampu yang remang-remang.
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein. Kedua hal ini dapat meningkatkan gejala depresi. Kafein di siang hari juga dapat mengganggu tidur Anda.
  • Tetapkan jadwal tidur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Lakukan rutinitas tidur. Sertakan kegiatan santai seperti membaca atau mandi sebelum tidur. Menonton berita bukanlah rutinitas yang santai.
  • Olahraga rutin. Olahraga membantu meredakan depresi dan dapat membuat Anda lelah, sehingga menyebabkan tidur nyenyak.
  • Keluarlah di bawah sinar matahari setiap pagi. Ini membantu Anda mengatur jam biologis Anda.
  • Bangunlah jika Anda tidak bisa tidur. Jangan hanya berbaring di tempat tidur memandangi langit-langit, bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang tenang untuk sementara waktu sampai Anda merasa lelah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Coping With Depression and Insomnia https://www.everydayhealth.com/depression/coping-with-depression-and-insomnia.aspx diakses 7 Juni 2018.

Depression at Night: How to Cope with Nighttime Depression https://www.healthline.com/health/depression-at-night diakses 7 Juni 2018.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 15/11/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x