home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Katarak Juga Bisa Menyerang Orang Muda, Lho! Ini 10 Faktor Risikonya

Katarak Juga Bisa Menyerang Orang Muda, Lho! Ini 10 Faktor Risikonya

Saat masih muda, Anda mungkin belum begitu khawatir soal risiko penyakit katarak. Pasalnya, katarak biasanya menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi, rupanya orang muda juga bisa kena katarak, lho. Meskipun tidak sebanyak kasus katarak pada orang-orang di atas 60 tahun, katarak di usia muda harus diwaspadai.

Duh, bagaimana bisa katarak menyerang orang muda? Seperti apa gejala-gejala katarak di usia muda yang harus diperhatikan? Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

Bukankah penyakit katarak hanya menyerang orang lanjut usia?

Katarak tidak cuma menyerang orang lanjut usia. Penyakit ini terjadi karena lensa mata mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan ini adalah penumpukan atau gumpalan protein tertentu yang menghalangi lensa mata Anda. Akibatnya, pandangan Anda menjadi buram dan kabur.

Pada banyak kasus, hal ini memang terjadi seiring bertambahnya usia. Pada usia 40 atau 50 tahun Anda mungkin sudah bisa merasakan gangguan penglihatan ringan akibat penyakit katarak. Baru nanti di usia 60-an gangguan yang muncul jadi makin serius sehingga Anda butuh tindakan medis.

Akan tetapi, katarak bisa juga pertama kali menyerang sejak Anda berusia 30 tahun. Fenomena katarak di usia muda ini disebut juga dengan istilah early onset cataract. Jadi, katarak memang harus diwaspadai siapa saja. Termasuk orang-orang muda yang sedang dalam puncak masa produktifnya.

Alasan mengapa katarak bisa menyerang di usia muda

Menurut para ahli, ada beberapa hal yang bisa memicu munculnya penyakit katarak saat Anda masih muda. Simak berbagai faktor risikonya di bawah ini.

  • Cedera traumatis di area mata atau kepala
  • Pernah kena penyakit mata tertentu
  • Mengidap diabetes, terutama yang tidak terkontrol
  • Minum obat-obatan kortikostreoid
  • Ada riwayat early onset cataract dalam keluarga (keturunan)
  • Mengidap hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Sering kena paparan sinar matahari langsung
  • Paparan radiasi dari gelombang radar atau elektromagnetik dalam jangka panjang (misalnya karena kerja di pabrik atau menara pemandu lalu lintas udara)
  • Kebiasaan merokok

Akan tetapi, kadang penyakit katarak bisa muncul di usia muda tanpa penyebab yang jelas. Menurut para ahli, hal ini bisa saja diakibatkan oleh penggunaan alat elektronik berlebihan seperti smartphones, tablet, komputer, atau terlalu banyak menonton televisi. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih jauh untuk membuktikan faktor risiko katarak karena terlalu sering melihat layar gawai yang terang.

Mengenal gejala-gejala katarak di usia muda

Pada tahap awal, munculnya katarak memang sering tidak disadari. Anda mungkin masih bisa melihat dengan jelas di siang hari, bahkan ketika Anda cek mata ke dokter. Jadi bila Anda memiliki faktor-faktor pemicu seperti yang telah disebutkan di atas, ada baiknya untuk mencatat berbagai gejala katarak di usia muda berikut ini.

  • Penglihatan berkurang di malam hari
  • Pandangan kabur kalau cahaya di sekitar Anda terlalu terang
  • Warna-warna yang Anda lihat tampak lebih pucat dari biasanya
  • Muncul lingkaran-lingkaran cahaya terang berwarna putih pada pandangan Anda
  • Tidak kuat melihat cahaya silau
  • Pandangan Anda berubah jadi kekuningan atau kecokelatan

Kalau Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksa ke dokter mata. Semakin cepat Anda mendeteksi dan menangani penyakit katarak, semakin besar pula peluang Anda untuk menunda dan mengendalikan gejalanya supaya tidak tambah parah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri pada 22/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x