Jari Keseleo

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Definisi

Apa itu jari keseleo?

Jari keseleo atau jari terkilir adalah cedera di mana tendon jari, termasuk pada kaki, meregang atau robek. Ligamen adalah blok jaringan fibrosa kuat yang menghubungkan satu tulang ke tulang lainnya. 

Jari dan ibu jari bisa terkilir ketika melentur ke arah yang tidak biasa, sering kali ketika tangan jatuh terlentang.

Tergantung dari tingkat keparahan, jari tangan atau kaki yang terkilir biasanya membaik dalam beberapa hari dengan perawatan biasa. Kondisi ini pun dapat pulih sepenuhnya setelah beberapa minggu istirahat. 

Seberapa umumkah kondisi ini?

Jari keseleo bisa terjadi pada setiap orang. Keseleo biasanya terjadi para orang yang berolahraga seperti sepakbola, basket, bola tangan, dan olahraga yang berkaitan dengan raket seperti badminton atau tenis.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala jari keseleo?

Biasanya tanda bahwa jari-jari Anda mengalami terkilir, baik tangan maupun kaki, adalah rasa sakit pada sendi di jari, pembengkakan, nyeri, dan gerakan jari yang terbatas.

Cedera serius atau ligamen robek dapat menyebabkan jari lemah dan tidak bisa bekerja dengan baik.

Dikutip dari Medical News Today, gejala lain dari jari keseleo, termasuk pada kaki, adalah:

  • Sakit
  • Kemerahan
  • Bengkak
  • Rasa sakit bertambah ketika menggerakkan atau menggunakan jari
  • Ketidakmampuan untuk meluruskan, meregangkan, atau menekuk jari
  • Berdenyut-denyut, terutama ketika membiarkan jari menggantung
  • Memar

Mungkin ada beberapa gejala dan tanda yang tidak disebutkan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tanda-tandanya, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan sebaiknya ke dokter?

Jika Anda memiliki gejala keseleo pada jari tangan atau kaki saat berolahraga, atau memiliki kekhawatiran tertentu, silakan konsultasikan dengan dokter Anda. Kondisi setiap orang berbeda, sehingga bisa jadi gejala yang muncul juga berbeda. 

Selalu diskusikan dengan dokter Anda untuk petunjuk lebih lanjut, metode diagnosis, dan pengobatan terbaik bagi Anda.

Penyebab

Apa penyebab jari keseleo?

Penyebab jari tangan atau kaki terkilir bisa karena kecelakaan dalam olahraga seperti bola tangan dalam permainan bola atau membengkokkan tangan terlalu kuat. Jatuh dengan keras bisa menyebabkan keseleo. 

Bagi yang pernah cedera jari atau tangan mungkin karena alat pelindung kurang fleksibel, tidak cocok atau tidak cukup aman.

Faktor-faktor risiko

Apa yang membuat saya berisiko mengalami hal ini?

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko jari Anda keseleo adalah:

  • Kurang olahraga membuat tubuh Anda lebih lemah dan lebih mudah keseleo.
  • Kelelahan akan melemahkan otot untuk menopang persendian. Ketika lelah, otot meregang berlebihan sehingga Anda tidak memiliki kemampuan yang meningkatkan kerja sendi. Hal ini yang membuat Anda berisiko mengalami keseleo.
  • Pemanasan tidak benar. Pemanasan yang tidak benar sebelum berolahraga akan menahan serta mengurangi pergerakan sendi. Hal ini membuat tubuh lebih rentan cedera karena ligamen tulang dan sendi robek.
  • Kondisi lingkungan. Permukaan yang tidak licin atau tidak rata membuat Anda lebih rentan cedera.
  • Penggunaan alat dan peralatan yang tidak benar. Sepatu atau peralatan olahraga berkualitas rendah dapat menyebabkan keseleo.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mengobati jari keseleo?

Berikut adalah berbagai pilihan pengobatan untuk mengatasi jari keseleo:

Obat-obatan bebas

Obat-obatan bebas dapat mengurangi sakit dan menurunkan risiko peradangan pada jari yang keseleo, termasuk pada bagian kaki. Obat-obatan yang dapat mengurangi gejala itu misalnya ibuprofen, acetaminophen, aspirin, dan naproxen

Konsumsi obat sesuai dengan anjuran. Jika Anda ingin mengonsumsi obat dalam waktu yang lebih lama, sebaiknya diskusikan dulu pada dokter. 

Plester

Keseleo yang ringan dapat diatasi dengan plester. Gunakan plester pada peralatan P3K untuk mengikat jari yang terluka dengan jari yang sehat di sebelahnya. Jari yang sehat tersebut dapat melindungi jari yang keseleo dari cedera yang lebih parah. 

Untuk terkilir yang sedang hingga parah, tunggu sekitar 48 jam setelah cedera terjadi sebelum merekatkan jari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan dan cedera lebih lanjut. 

Selain itu, jari keseleo ringan juga dapat diatasi dengan penggunaan belat. Ini berfungsi untuk membatasi ligamen dan menjaganya agar tetap lurus saat sembuh. 

Apa tes yang paling umum untuk jari keseleo?

Dokter mendiagnosis dengan pemeriksaan jari dan bisa melakukan X-ray untuk memastikan tulang tidak retak. Magnetic resonance imaging (MRI) dapat membantu diagnosis cedera ligamen di dalam.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan untuk mengatasi jari keseleo?

Kebanyakan keseleo ringan, ketika ligamen meregang terlalu jauh tetapi tidak sobek, tidak memerlukan perawatan medis secara khusus. 

Anda dapat merawat keseleo ringan di rumah dengan menerapkan metode RICE untuk melancarkan aliran darah. 

Obat nyeri dan antiinflamasi yang dijual bebas juga dapat membantu mengurangi dan menangani gejala selama beberapa hari pertama. Berikut tips untuk merawat jari keseleo, termasuk pada kaki, di rumah:

R-rest (istirahat)

Salah satu cara paling mudah untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak yang berhubungan dengan jari keseleo adalah dengan membatasi penggunaan jari selama beberapa hari setelah kecelakaan kecil. 

Tergantung seberapa parahnya keseleo, cara ini juga membantu mengistirahatkan jari keseleo selama beberapa jam setiap hari dalam masa pemulihan. 

I-ice (kompres es batu)

Gunakan kompres es pada jari yang terkena. Gunakan alas atau bungkus agar kulit tidak langsung mengenai esnya. Jangan mengompres lebih dari 15 menit. 

Jika jari menjadi lebih sakit, bengkak, atau warnanya menjadi semakin gelap, Anda harus berhenti mengompres jari Anda. 

Mengompres jari dengan es terlalu lama dapat meningkatkan risiko peradangan dan berpotensi membekukan serta merusak jaringan. Beristirahatlah selama 20 menit di antara sesi mengompres dan ulangi setiap jam atau beberapa kali sehari. 

C-compression (tekanan)

Bungkus jari dengan perban elastis kecil. Bungkus jari dengan cukup kencang untuk memberikan tekanan ringan pada jari. Pastikan bahwa ujung jari Anda tidak kesemutan atau mati rasa.

Namun, jangan membungkus jari yang keseleo terlalu erat, karena dapat membatasi sirkulasi. Lepaskan perban setelah 24-48 jam pertama, atau ketika peradangan mulai berkurang. 

E-elevation (pengangkatan)

Jika jari kaki Anda keseleo, angkat hingga sejajar dengan jantung. Gunakan selempang untuk menjaga agar jari tetap terangkat saat berdiri atau berjalan. 

Saat duduk atau tidur, gunakan bantal untuk menopang jari, termasuk pada kaki, yang keseleo. 

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui solusi terbaik bagi Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, ataupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 19, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca