home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Cara Jitu Mengatasi Nyeri Punggung Setelah Melahirkan

Berbagai Cara Jitu Mengatasi Nyeri Punggung Setelah Melahirkan

Perubahan fisik selama kehamilan dapat menyebabkan nyeri punggung bawah, namun setelah melahirkan kondisi ini bisa muncul kembali. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan nyeri punggung setelah melahirkan muncul. Apa saja? Bagaimana mengatasinya?

Penyebab nyeri punggung setelah melahirkan

Selama kehamilan, ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang menjadi lebih lunak dan meregang untuk mempersiapkan tubuh melakukan persalinan.

Berat tubuh ibu yang juga meningkat karena pertumbuhan bayi dalam kandungan yang bertambah besar membuat persendian punggung dan panggul bekerja ekstra keras untuk menahan beban tersebut.

Selain itu, postur tubuh yang tidak ideal, kebiasaan terlalu banyak berdiri atau bungkuk, serta tekanan yang berlebihan pada punggung juga dapat memicu nyeri.

Sayangnya, semua perubahan ini tidak lantas hilang begitu saja setelah melahirkan.

Saat melahirkan, Anda juga mungkin menggunakan otot yang biasanya tidak Anda gunakan, jadi Anda bisa merasakan efek itu untuk beberapa lama, terutama jika Anda mengalami persalinan yang lama atau sulit.

Posisi menyusui yang tidak tepat juga dapat memicu nyeri pada punggung.

Bagaimana mengatasi nyeri punggung setelah melahirkan?

Jika Anda mengalami nyeri punggung setelah melahirkan, sebaiknya kunjungi dokter Anda. Dokter akan memberikan perawatan yang tepat yang bisa meredakan nyeri.

Dokter juga akan mengevaluasi kondisi Anda lebih lanjut sambil Anda melakukan perawatan yang disarankan, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Perawatan awal bisa Anda lakukan di rumah. Berikut beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan.

Olahraga ringan

Saat nyeri punggung menyiksa, Anda dapat mulai dengan memilih bentuk latihan yang ringan seperti berjalan. Lakukan perlahan dan rutin selama beberapa minggu pertama.

Anda juga bisa mulai melakukan latihan untuk menguatkan otot punggung dan perut. Cobalah latihan peregangan atau yoga yang lembut, pastikan untuk menghindari posisi terlalu tinggi atau ekstrem.

Jika posisi atau aktivitas tertentu menyebabkan ketidaknyamanan, segera berhenti.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Jaga posisi tubuh

Perhatikan posisi tubuh Anda saat memberi makan bayi Anda, termasuk saat menyusui atau memberi susu botol. Pilih kursi yang nyaman dengan sandaran tangan, dan gunakan banyak bantal untuk memberi dukungan ekstra pada punggung dan lengan Anda.

Jika Anda sedang menyusui, pertimbangkan untuk membeli bantal menyusui. Juga coba gunakan tumpuan kaki agar kaki Anda sedikit terangkat dari lantai.

Belajarlah untuk memposisikan diri Anda dengan benar saat menyusui, dan selalu bawa bayi Anda ke payudara Anda, bukan sebaliknya.

Coba juga berbagai posisi menyusui, sehingga Anda mendapatkan posisi menyusui yang nyaman dan tidak menimbulkan nyeri punggung. Jika Anda memiliki bahu yang tegang dan nyeri punggung atas, posisi berbaring mungkin paling nyaman.

Perawatan diri secara umum

Meredakan rasa sakit atau ketegangan di punggung dapat Anda lakukan dengan beberapa hal dalam merawat diri, seperti:

  • Mandi air hangat.
  • Kompres air hangat atau air dingin pada daerah yang sakit.
  • Pijatan lembut dapat menenangkan otot yang ditarik, bahu yang tegang dan nyeri punggung bawah.
  • Pelajari teknik relaksasi.

Perawatan lainnya

  • Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi ibuprofen atau acetaminophen. Konsumsi obat-obatan ini sesuai resep yang disarankan dokter.
  • Terapi fisik. Seorang terapis fisik bisa mengajari Anda latihan untuk meringankan atau mencegah sakit punggung bawah.
  • Pengobatan alternatif, seperti perawatan akupunktur atau chiropractic.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Postpartum back pain: How to get relief https://www.babycenter.com/0_postpartum-back-pain-how-to-get-relief_1152191.bc diakses 6 Maret 2018.

Back Pain During Pregnancy http://www.acog.org/Patients/FAQs/Back-Pain-During-Pregnancy diakses 6 Maret 2018.

Postpartum Back Pain https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/postpartum-bachache.aspx diakses 6 Maret 2018.

Breast Feeding Pattern may be Associated with Persistent Low Back Pain and Pelvic Pain Half a Year Postpartum https://benthamopen.com/ABSTRACT/TOEPIJ-2-26 diakses 6 Maret 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 4 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x