home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Memanfaatkan Hubungan Intim untuk Merangsang Persalinan

Cara Memanfaatkan Hubungan Intim untuk Merangsang Persalinan

Di usia kehamilan yang sudah mendekati waktu lahir, ibu dan suami tentu sangat menunggu-nunggu hari kelahiran bayinya. Semua hal yang harus dipersiapkan, seperti baju ibu dan bayi yang harus dibawa ke rumah sakit, memesan kamar rumah sakit, janji dengan dokter, dan hal lainnya mungkin sudah siap. Tinggal menunggu waktu. Namun, bagaimana jika ibu hamil tak kunjung menunjukkan tanda-tanda kelahiran? Segala cara mungkin bisa dicoba untuk merangsang persalinan secara alami. Salah satunya adalah melalui berhubungan intim.

Bagaimana berhubungan intim bisa merangsang persalinan?

Berhubungan intim kadang bisa membantu Anda dalam merangsang persalinan secara alami. Kenapa bisa? Saat berhubungan intim, hormon-hormon dalam tubuh ibu hamil yang merangsang persalinan bisa meningkat jumlahnya. Produksi hormon oksitosin yang meningkat saat orgasme dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil. Kontraksi ini kemudian dapat memicu ibu hamil untuk bersalin. Oksitosin merupakan hormon yang sama yang ditemukan dalam pitocin (bentuk sintesis dari oksitosin). Pitocin ini merupakan obat yang digunakan di rumah sakit untuk menginduksi persalinan.

Selain oksitosin, berhubungan intim juga melibatkan hormon prostaglandin untuk merangsang persalinan. Hormon prostaglandin ini terdapat dalam semen atau air mani dari pasangan Anda. Jadi, saat melakukan hubungan intim saat hamil, pastikan juga pasangan Anda ejakulasi di dalam vagina. Hormon prostaglandin yang masuk ke tubuh ibu hamil dapat membantu melembutkan leher rahim. Sehingga, leher rahim lebih mudah untuk membuka dan melebar sebagai jalan keluarnya bayi.

Namun, sebelum berhubungan intim untuk merangsang persalinan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu tentang hal ini ke dokter Anda.

Apakah berhubungan intim saat hamil aman dilakukan?

Sebenarnya, berhubungan intim saat hamil aman-aman saja dilakukan selama ibu hamil tidak memiliki masalah tertentu dan nyaman melakukannya. Namun, sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan intim saat hamil jika Anda memiliki masalah dengan plasenta (seperti plasenta previa), air ketuban sudah pecah atau rusak, atau jika Anda mengalami perdarahan vagina. Berhubungan intim saat air ketuban sudah pecah dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

Terkadang, beberapa ibu hamil merasa tidak nyaman saat berhubungan intim. Ini wajar dan sebaiknya jangan dipaksa. Atau, Anda mungkin bisa mencoba gaya lain sehingga ibu hamil merasa lebih nyaman, gaya spoon misalnya.

Bagaimana jika ibu hamil tidak nyaman berhubungan intim?

Jika ibu hamil tidak merasa nyaman juga, jangan khawatir. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk merangsang persalinan secara alami, selain berhubungan intim. Anda mungkin bisa hanya melakukan foreplay atau stimulasi puting ibu hamil. Karena yang terpenting adalah merangsang hormon-hormon persalinan untuk meningkat jumlahnya.

Dengan melakukan foreplay atau stimulasi puting, hormon-hormon yang mendukung persalinan (seperti oksitosin) bisa saja meningkat jumlahnya. Dan, hal ini kemudian dapat merangsang tubuh Anda untuk melakukan persalinan. Atau, Anda juga bisa mencoba cara lain untuk merangsang persalinan, seperti berjalan kaki dan akupuntur.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Todd, N. (2016). Can Labor Be Induced Naturally?. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/baby/inducing-labor-naturally-can-it-be-done#1 [Accessed 14 Mar. 2017].

Baby Centre UK. (2014). Can sex bring on labour?. [online] BabyCentre. Available at: http://www.babycentre.co.uk/x1048136/can-sex-bring-on-labour [Accessed 14 Mar. 2017].

Inducing Labor Naturally. [online] Available at: http://www.womens-health.co.uk/inducing-labor-through-sexual-intercourse.html [Accessed 14 Mar. 2017].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 02/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x