Tips Memilih Dokter Kandungan yang Bagus

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 31 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda baru mendapatkan kabar gembira bahwa Anda sedang hamil? Atau, apakah Anda sedang ingin merencanakan kehamilan? Jika begitu, yang Anda butuhkan sekarang adalah mencari dokter kandungan yang bagus atau tepatnya yang sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, terkadang banyak dari Anda yang bingung untuk menentukan dokter kandungan yang tepat. Sampai-sampai mungkin Anda harus sering berganti-ganti dokter kandungan selama kehamilan. Jangan bingung! Ini yang harus Anda pertimbangkan.

Apa sih yang harus dipertimbangkan saat memilih dokter kandungan?

Biasanya yang banyak orang lakukan saat bingung memilih dokter kandungan adalah bertanya pada teman yang sudah memiliki pengalaman dengan dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi. Dengan bertanya pada teman atau orang terdekat Anda, Anda bisa menimbang-nimbang mana dokter kandungan yang bagus dan tepat untuk Anda.

Namun, belum tentu juga dokter kandungan yang bagus pilihan teman Anda sama dengan pilihan Anda. Tiap orang mungkin akan berbeda pilihan, tergantung keinginan Anda masing-masing.

Untuk itu, Anda mungkin perlu mencari dokter kandungan Anda sendiri yang sesuai dengan Anda. Anda mungkin perlu berkunjung ke beberapa dokter kandungan terlebih dahulu untuk menemukan satu yang cocok dengan Anda. Hal ini karena tiap dokter kandungan bisa berbeda pandangan dan sikap.

Berikut ini mungkin dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan dokter kandungan mana yang harus Anda pilih.

1. Ketahui pandangan dokter Anda

Dari awal kehamilan, sebaiknya Anda sudah menentukan pilihan metode melahirkan Anda. Apakah Anda ingin melahirkan dengan cara normal atau operasi caesar? Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan dokter kandungan yang pas sesuai pilihan Anda.

Pastikan Anda memilih dokter kandungan yang sama visinya dengan Anda. Cari tahu, bagaimana sikap dan pandangan dokter kandungan Anda terhadap kelahiran normal, kelahiran caesar, episiotomi, sakit saat melahirkan, induksi melahirkan, dan isu penting lainnya.

Cari tahu juga pengalaman dokter kandungan Anda dalam menangani kelahiran normal dan caesar. Beberapa dokter mungkin lebih ahli dalam menangani kelahiran normal, beberapa lainnya mungkin lebih ahli dalam menangani kelahiran caesar. Sesuaikan dengan keinginan Anda untuk mendapat dokter kandungan yang bagus dan tepat.

2. Kenyamanan dan kesesuaian

Faktor kenyamanan pada umumnya sangat menentukan pilihan seseorang terhadap dokter kandungan yang akan dipilihnya. Ini sangat penting karena dokter yang Anda pilih inilah yang akan menjadi ‘teman konsultasi’ Anda selama sekitar 9 bulan. Anda harus merasa nyaman saat berkomunikasi dengan dokter pilihan Anda agar semua masalah saat kehamilan Anda dapat diatasi bersama-sama.

Anda mungkin perlu bertanya beberapa pertanyaan seperti di bawah ini kepada diri Anda sendiri sebelum menentukan mana dokter kandungan yang akan Anda pilih.

  • Apakah Anda nyaman dengan dokter kandungan Anda?
  • Apakah Anda merasa mudah untuk mengajukan pertanyaan kepada dokter Anda? (Jangan malu untuk bertanya apapun pada dokter kandungan Anda)
  • Apakah dokter bisa menjelaskan dengan baik mengenai pertanyaan Anda tersebut?
  • Apakah dokter tampak seperti seseorang yang dapat menghargai keinginan Anda?

3. Riwayat kesehatan Anda

Jika Anda mempunyai riwayat komplikasi kehamilan sebelumnya atau penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau diabetes yang memerlukan perawatan khusus selama kehamilan, mungkin Anda perlu memilih dokter kandungan yang benar-benar berpengalaman. Kehamilan Anda berisiko tinggi sehingga Anda perlu penanganan khusus oleh dokter yang berpengalaman.

Anda mungkin perlu menanyakan kepada dokter Anda tentang pengalaman yang ia miliki dalam merawat pasien seperti Anda. Pastikan dokter yang Anda pilih sangat berpengalaman dalam menangani komplikasi saat kehamilan maupun melahirkan. 

Jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit apapun dan kehamilan Anda selama ini sehat-sehat saja, mungkin hal ini tidak termasuk daftar pertimbangan Anda dalam memilih dokter kandungan yang bagus.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Anda pasti sudah tahu bahwa kehamilan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur. Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana proses ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Cara Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir agar Cepat Kering

Saat bayi lahir, tali pusat akan dipotong dan disisakan sedikit. Tak perlu bingung, berikut perawatan tali pusat yang bisa dilakukan!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pembukaan persalinan

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
pengalaman program bayi tabung

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
berapa kali berhubungan intim agar bisa hamil

Berapa Kali Berhubungan Intim agar Anda Bisa Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit