Tips Memilih Dokter Kandungan yang Bagus

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda baru mendapatkan kabar gembira bahwa Anda sedang hamil? Atau, apakah Anda sedang ingin merencanakan kehamilan? Jika begitu, yang Anda butuhkan sekarang adalah mencari dokter kandungan yang bagus atau tepatnya yang sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, terkadang banyak dari Anda yang bingung untuk menentukan dokter kandungan yang tepat. Sampai-sampai mungkin Anda harus sering berganti-ganti dokter kandungan selama kehamilan. Jangan bingung! Ini yang harus Anda pertimbangkan.

Apa sih yang harus dipertimbangkan saat memilih dokter kandungan?

Biasanya yang banyak orang lakukan saat bingung memilih dokter kandungan adalah bertanya pada teman yang sudah memiliki pengalaman dengan dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi. Dengan bertanya pada teman atau orang terdekat Anda, Anda bisa menimbang-nimbang mana dokter kandungan yang bagus dan tepat untuk Anda.

Namun, belum tentu juga dokter kandungan yang bagus pilihan teman Anda sama dengan pilihan Anda. Tiap orang mungkin akan berbeda pilihan, tergantung keinginan Anda masing-masing.

Untuk itu, Anda mungkin perlu mencari dokter kandungan Anda sendiri yang sesuai dengan Anda. Anda mungkin perlu berkunjung ke beberapa dokter kandungan terlebih dahulu untuk menemukan satu yang cocok dengan Anda. Hal ini karena tiap dokter kandungan bisa berbeda pandangan dan sikap.

Berikut ini mungkin dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan dokter kandungan mana yang harus Anda pilih.

1. Ketahui pandangan dokter Anda

Dari awal kehamilan, sebaiknya Anda sudah menentukan pilihan metode melahirkan Anda. Apakah Anda ingin melahirkan dengan cara normal atau operasi caesar? Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan dokter kandungan yang pas sesuai pilihan Anda.

Pastikan Anda memilih dokter kandungan yang sama visinya dengan Anda. Cari tahu, bagaimana sikap dan pandangan dokter kandungan Anda terhadap kelahiran normal, kelahiran caesar, episiotomi, sakit saat melahirkan, induksi melahirkan, dan isu penting lainnya.

Cari tahu juga pengalaman dokter kandungan Anda dalam menangani kelahiran normal dan caesar. Beberapa dokter mungkin lebih ahli dalam menangani kelahiran normal, beberapa lainnya mungkin lebih ahli dalam menangani kelahiran caesar. Sesuaikan dengan keinginan Anda.

2. Kenyamanan dan kesesuaian

Faktor kenyamanan pada umumnya sangat menentukan pilihan seseorang terhadap dokter kandungan yang akan dipilihnya. Ini sangat penting karena dokter yang Anda pilih inilah yang akan menjadi ‘teman konsultasi’ Anda selama sekitar 9 bulan. Anda harus merasa nyaman saat berkomunikasi dengan dokter pilihan Anda agar semua masalah saat kehamilan Anda dapat diatasi bersama-sama.

Anda mungkin perlu bertanya beberapa pertanyaan seperti di bawah ini kepada diri Anda sendiri sebelum menentukan mana dokter kandungan yang akan Anda pilih.

  • Apakah Anda nyaman dengan dokter kandungan Anda?
  • Apakah Anda merasa mudah untuk mengajukan pertanyaan kepada dokter Anda? (Jangan malu untuk bertanya apapun pada dokter kandungan Anda)
  • Apakah dokter bisa menjelaskan dengan baik mengenai pertanyaan Anda tersebut?
  • Apakah dokter tampak seperti seseorang yang dapat menghargai keinginan Anda?

3. Riwayat kesehatan Anda

Jika Anda mempunyai riwayat komplikasi kehamilan sebelumnya atau penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau diabetes yang memerlukan perawatan khusus selama kehamilan, mungkin Anda perlu memilih dokter kandungan yang benar-benar berpengalaman. Kehamilan Anda berisiko tinggi sehingga Anda perlu penanganan khusus oleh dokter yang berpengalaman. Anda mungkin perlu menanyakan kepada dokter Anda tentang pengalaman yang ia miliki dalam merawat pasien seperti Anda. Pastikan dokter yang Anda pilih sangat berpengalaman dalam menangani komplikasi saat kehamilan maupun melahirkan.

Jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit apapun dan kehamilan Anda selama ini sehat-sehat saja, mungkin hal ini tidak termasuk daftar pertimbangan Anda dalam memilih dokter kandungan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Merokok saat hamil adalah ancaman nomor satu untuk kesejahteraan anak. Ada hubungan antara ibu perokok dan anak berbibir sumbing. Masih kurang seram?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kehamilan & Kandungan, Perkembangan Janin, Kehamilan 31/05/2020 . Waktu baca 8 menit

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

Maag rentan terjadi pada ibu hamil. Salah satu cara mngatasinya adalah dengan minum obat. Apa saja obat maag yang bisa diminum ibu hamil? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 16/05/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit