Mungkinkah Susah Hamil Karena Faktor Keturunan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda sedang berusaha hamil, Anda tidak hanya memerlukan persiapan fisik. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah riwayat kesehatan keluarga Anda dan suami. Meskipun tidak seluruh masalah kesuburan disebabkan oleh faktor genetik atau riwayat keluarga, susah hamil karena faktor keturunan mungkin saja terjadi. Penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal seputar riwayat kesehatan keluarga.

Ketahui riwayat kesehatan keluarga Anda dan pasangan

Sebelum hamil cobalah untuk berbicara dengan ibu Anda atau bahkan nenek mengenai kehamilan mereka. Cobalah cari tahu seberapa mudah atau sulit mereka untuk hamil. Jika sulit bisa jadi hal tersebut juga terjadi pada Anda. Tidak hanya peluang kehamilan, Anda juga perlu menanyakan masalah-masalah saat kehamilan.

Faktor keturunan juga memengaruhi kemungkinan komplikasi seperti preeklampsia dan diabetes. Meskipun hal ini menakutkan, Anda perlu mengetahuinya sejak awal sehingga Anda bisa melihat risiko kehamilan yang dihadapi. Kondisi ini juga membantu Anda untuk memersiapkan diri secara fisik dan mental. Cari tahu apakah ada kelainan kromosom atau kelainan gen dalam riwayat kesehatan keluarga Anda dan suami.

Jika telah mengetahui penyebab susah hamil karena faktor keturunan, ada baiknya Anda langsung menghubungi dokter tanpa perlu menunggu waktu lama. Kelainan kromosom atau gen juga perlu dikonsultasikan karena kondisi ini berpotensi menyebabkan anak cacat. Anda bisa mendapatkan cara untuk mencegah terjadinya risiko masalah kesehatan. Tidak hanya menjadi cepat hamil, Anda juga menjadi memiliki kehamilan yang lebih sehat.

Penyakit yang menyebabkan susah hamil karena faktor keturunan

Menurut dr. Janelle Luk, dari Neway Fertility di Manhattan, AS, salah satu faktor penyebab ketidaksuburan adalah riwayat keluarga. Kalau orangtua Anda sulit mendapatkan keturunan, maka jangan heran jika hal itu juga Anda alami sekarang. Faktor ketidaksuburan pria, misalnya, bisa diturunkan dari kakek ke ayah kemudian ke anak. Wanita yang mengalami menopause dini pun mengalami hal yang sama.

Gangguan gen tunggal Y-linked adalah kondisi di mana pria menurunkan penyakit atau kelainan khusus kepada anak laki-lakinya saja. Sedangkan anak perempuan tidak sakit dan juga tidak membawa sifat (carrier) penyakit tersebut. Berdasarkan penelitian, jenis-jenis penyakit yang masuk dalam kategori ini yaitu infertilitas atau kemandulan.

Sebenarnya, banyak pria yang menderita penyakit ini. Namun, sulit ditemukan bila tidak dilakukan pemeriksaan pada sel sperma. Pada kasus ini sel sperma jumlahnya sangat kurang, atau malas bergerak untuk menyatu dengan sel telur, sehingga sulit untuk terjadinya pembuahan. Lima sampai 10 persen kasus azoospermia (kurangnya jumlah sel sperma) disebabkan oleh kerusakan pada kromosom Y.

Sebagian besar pria tidak subur ini akhirnya dapat memiliki keturunan melalui teknologi bayi tabung. Walau berhasil, anak hasil dari bayi tabung  dipastikan akan menurunkan hal yang sama seperti ayahnya, sebab kerusakan terjadi pada kromosom Y.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Benar Kebanyakan Olahraga Bikin Wanita Susah Hamil?

Olahraga memang sangat penting untuk dilakukan. Namun katanya dilakukan berlebihan atau kebanyakan olahraga malah bikin susah hamil. Apa benar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 30 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengupas 8 Mitos agar Cepat Hamil yang Banyak Dipercaya

Tidak semua informasi mengenai cara agar cepat hanil adalah fakta. Bisa jadi, itu hanya mitos belaka secara turun temurun yang dipercayai agar cepat hamil.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 28 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Awas! Kebiasaan Tidur Larut Malam Bisa Membuat Kualitas Sperma Menurun

Jangan kira begadang atau tidur larut malam hanya berpengaruh pada kesehatan Anda. Kualitas sperma juga bisa menurun karenanya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Pola Tidur Sehat, Insomnia 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Kelebihan dan Kekurangan Hamil di Usia 20-an

Hamil di usia 20-an disebut sebagai waktu terbaik. Tapi, bukan berarti tidak ada kekurangannya dibanding hamil di usia 30-an. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Kapan kehamilan bisa terdeteksi

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
menopause

Menopause

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
Hiperprolaktinemia

Hiperprolaktinemia, Masalah Hormon yang Bisa Memengaruhi Kesuburan Anda

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 31 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit