Hati-hati, Pelumas Seks Bisa Bikin Susah Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika selama ini Anda dan pasangan sedang mencoba untuk hamil, namun menggunakan pelumas vagina alias lubrikan, sebaiknya pertimbangkan ulang pemakaiannya. Pelumas yang biasanya dipakai saat berhubungan seks ternyata bisa berdampak pada peluang kehamilan atau membuat susah hamil. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pelumas vagina berisiko membunuh dan menurunkan kualitas sel sperma. Berikut informasi lengkapnya.  

Apa itu pelumas vagina?

Pelumas vagina saat berhubungan seks, juga dikenal sebagai lubrikan. Pelumas buatan pabrik ini bentuknya bermacam-macam, bisa berupa gel atau seperti losion. Fungsinya adalah mengurangi gesekan atau risiko luka ketika penis berpenetrasi ke dalam vagina. Dengan menggunakan pelumas, penetrasi bisa dilakukan dengan lebih lancar tanpa rasa sakit, baik bagi pria atau wanita.

Wanita sendiri sebenarnya bisa menghasilkan pelumas yang alami. Pelumas tersebut adalah cairan vagina. Cairan vagina bisa diproduksi ketika wanita merasa bergairah dan menerima rangsangan seksual. Akan tetapi, kadang cairan yang dihasilkan tak cukup banyak, sehingga penetrasi penis masih terasa menyakitkan. Inilah yang disebut dengan kondisi vagina kering.

Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya proses penuaan, perubahan hormon, muncul kecemasan dan stres, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Pelumas wanita atau lubrikan ini tentu sangat berguna untuk pasangan yang sedang mencoba hamil. Pasalnya, Anda mungkin akan cukup sering bercinta di masa subur wanita untuk meningkatkan peluang pembuahan. Di sisi lain, Anda bisa saja merasa cemas dan stres karena ada tekanan saat bercinta, yaitu harus cepat hamil.

Anda dan pasangan juga bisa jadi kehilangan gairah bercinta seperti biasanya karena tekanan psikologis ini. Akibatnya, vagina jadi kekurangan cairan. Pada saat-saat seperti ini kehadiran pelumas sangat dibutuhkan.

Apa alasan pelumas seks bisa membuat susah hamil?

Meskipun pelumas wanita buatan pabrik bisa membantu pasangan yang ingin cepat hamil saat berhubungan seks, hati-hati dengan risikonya. Berbagai penelitian membuktikan bahwa pelumas vagina bikin susah hamil.

Salah satu studi yang dilakukan oleh American Society for Reproductive Medicine membuktikan bahwa pelumas tertentu bisa menghentikan atau memperlambat laju sel sperma menuju sel telur dan merusak DNA sel sperma laki-laki.  

Tak seperti cairan vagina alami yang diproduksi wanita, tingkat keasaman (pH) pelumas vagina yang diproduksi di pabrik lebih tinggi. Karena keasaman ini, kualitas sel sperma pun akan menurun. Akibatnya, sel sperma mungkin tak akan bisa mencapai rahim dan membuahi sel telur. Bahkan beberapa produk pelumas wanita kadar keasamannya begitu tinggi sampai-sampai bisa membunuh sel sperma.

Selain itu, pelumas wanita yang Anda beli di toko-toko juga lebih kental dan pekat daripada cairan vagina. Ketika dioleskan pada area di sekitar vagina, lubrikan ini justru akan menghalangi sel sperma masuk dan melakukan pembuahan.

Oleh karena biasanya mengandung air, besar kemungkinan air mani pria yang mengandung sel sperma akan tercampur dengan kandungan air tersebut. Kualitas sperma pun menurun karena sudah terkontaminasi.

Pengganti pelumas saat mencoba hamil

Supaya Anda dan pasangan bisa tetap berhubungan seks tanpa rasa sakit ketika mencoba hamil, Anda perlu menyiasati masalah vagina yang terlalu kering.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemanasan atau foreplay yang lebih lama bersama pasangan. Tak perlu buru-buru langsung penetrasi kalau wanita belum benar-benar basah karena gairah. Mencoba berbagai posisi baru atau menggunakan sex toy juga bisa jadi trik agar seks tak terasa hambar lagi.

Jika cara tersebut belum juga berhasil, pilih pelumas seks untuk wanita yang lebih alami. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility pada 2014 berhasil membandingkan berbagai alternatif pelumas pabrik yang aman bagi peluang kehamilan Anda.

Pelumas tersebut adalah baby oil dan minyak canola. Kedua minyak ini tidak memberikan efek samping bagi sel sperma pria. Namun, pilihlah yang paling murni dan kualitasnya terjamin. Beberapa jenis produk minyak canola dan baby oil sudah diberi tambahan pewangi atau bahan kimia yang bisa mengubah struktur serta tingkat keasaman pelumas tersebut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Lakukan Hal Ini Saat Pasangan Menolak Berhubungan Seks

Seks yang sehat memang dilakukan atas dasar persetujuan kedua pihak, Namun, baaimana jika pasangan menolak berhubungan seks? Simak artikel berikut.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Kapan Boleh Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Mungkin Anda bingung harus kapan memulai lagi untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran. Namun, itu semua tergantung pada kondisi Anda.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Mencuri Waktu Berhubungan Seks Setelah Punya Anak

Sering merasa tidak ada tempat dan waktu untuk bercinta setelah memiliki buah hati? Baiknya, simak tips mencuri waktu untuk berhubungan seks di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 14 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Menghadapi 7 Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Mendekati hari-H melahirkan, Anda mungkin jadi gugup dan takut. Hal ini wajar, tapi jangan sampai kecemasan ibu hamil menjelang persalinan bikin stres.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kehamilan & Kandungan, Melahirkan, Kehamilan 10 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
minum antidepresan saat hamil

Minum Antidepresan Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
korset perut setelah melahirkan

Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit