5 Tips Olahraga Supaya Bisa Cepat Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bila Anda dan pasangan sedang mengikuti program khusus agar bisa cepat hamil, jangan lupa untuk memerhatikan kebugaran tubuh. Kebugaran tubuh juga sangat menentukan peluang Anda agar bisa hamil, lho. Namun, Anda sebaiknya tidak sembarangan berolahraga untuk menjaga kebugaran. Ada aturan mainnya kalau Anda ingin berolahraga sambil mengusahakan kehamilan. Lebih jelasnya, simak panduan aman olahraga agar cepat hamil berikut ini.

Jangan lupa, konsultasi dulu ke dokter

Sebelum memulai olahraga atau latihan tertentu, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter Anda soal kondisi fisik dan kebutuhan Anda. Pasalnya, tubuh setiap wanita itu berbeda-beda. Karena itu, jenis olahraga dan aturannya pun tentu tidak sama antara satu orang dan lainnya.

Misalnya saat ini Anda mengalami obesitas sehingga susah hamil. Itu berarti Anda harus fokus mencapai berat badan ideal dulu sebelum mengusahakan keturunan. Maka jenis olahraganya pun harus menyesuaikan kebutuhan tersebut.

Hanya dokter yang bisa menilai dan menyediakan nasihat medis sesuai dengan kondisi serta kebutuhan Anda sendiri. Jadi kalau Anda memang ingin cepat hamil dan ingin berolahraga, konsultasi dulu ke dokter.

Panduan olahraga agar cepat hamil

Apakah saat ini Anda sudah rutin berolahraga dan menjaga kebugaran? Atau Anda justru malas olahraga? Nah, Anda perlu melakukan beberapa perubahan gaya hidup kalau mau cepat hamil. Ikuti langkah-langkah aman berolahraga saat mencoba hamil berikut ini.

1. Mulai rutin berolahraga dari sekarang

Jangan menunggu sampai Anda hamil untuk mulai rutin berolahraga. Mulailah dari sekarang, saat Anda mengusahakan kehamilan. Kalau sudah dibiasakan dari sekarang, ke depannya berolahraga saat hamil akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Fertility and Sterility tahun 2012 menunjukkan kalau rutin berolahraga bisa mempercepat peluang Anda untuk hamil. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih antara lain jalan kaki, lari, berenang, yoga, dan naik sepeda.

2. Melakukan core training

Core training adalah latihan fisik yang memfokuskan kekuatan otot inti di perut, punggung, serta pangkal paha. Latihan ini akan membantu Anda menjaga keseimbangan dan postur tubuh yang stabil. Kedua hal ini sangat penting karena nanti saat hamil payudara dan perut wanita akan membesar.

Karena itu, core training bisa mencegah nyeri punggung, mengurangi risiko jatuh, dan menguatkan otot inti yang menahan beban tubuh saat Anda mengandung nantinya.

3. Hindari olahraga berlebihan

Olahraga dengan intensitas dan kadar yang wajar bisa meningkatkan peluang kehamilan. Namun, olahraga berlebihan justru membuat Anda makin sulit hamil. Olahraga berlebihan tentu akan menguras tenaga sehingga tubuh jadi terlalu stres.

Penelitian membuktikan kalau olahraga berlebihan lima jam seminggu (atau bahkan lebih) bisa menekan peluang kehamilan hingga sebesar 42 persen. Maka itu, sebaiknya olahraga dengan batas normal saja.

Supaya bisa mengukur diri, misalnya ketika jogging, pastikan Anda masih bisa bicara tanpa harus terengah-engah kehabisan napas.

4. Latihan kardio

Latihan kardio seperti jalan cepat, berenang, atau jogging terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat badan ideal selama Anda mengusahakan kehamilan. Selain itu, latihan kardio juga baik untuk kesehatan jantung Anda, terutama saat Anda sudah hamil nanti. Perlu diperhatikan pula, latihan yang dilakukan harus memiliki intensitas sedang bila ingin memberikan hasil. 

Usahakan untuk melakukan latihan kardio selama setengah jam tiap hari. Agar tidak cepat bosan, selingi jenis olahraga yang berbeda setiap harinya. Misalnya hari ini Anda jogging, besok Anda bisa berenang.

5. Olahraga bersama pasangan

Bukan cuma wanita saja, calon ayah juga harus rutin berolahraga untuk meningkatkan kesuburan dan peluang hamil. Karena itu, sebaiknya Anda dan pasangan berolahraga bersama setiap hari.

Di samping menjaga kebugaran, beraktivitas fisik bersama bisa lebih mendekatkan Anda berdua karena tumbuhnya rasa saling mendukung.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ada yang suka berolahraga setelah bangun pagi, ada juga yang lebih senang olahraga pulang kantor. Sebetulnya, lebih baik olahraga pagi atau malam?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Olahraga Lainnya, Kebugaran 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Periksa gigi bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, kok. Agar anak tidak takut ke dokter gigi, contek saja beragam tips pintar berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Setelah Kuret, Kapan Bisa Menstruasi Lagi Seperti Biasa?

Setelah kuret, seringkali wanita merasa khawatir dengan siklus menstruasinya. Kapan menstruasi terjadi kembali setelah keguguran?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 11 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara menggugurkan kandungan

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
tanda hamil atau haid

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
senam jantung sehat

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit