Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Jeruk Nipis Dapat Menggugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?

Jeruk Nipis Dapat Menggugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?

Ada berbagai mitos kehamilan yang sering ibu hamil dengar, salah satunya adalah menggugurkan janin dengan jeruk nipis. Sebagian orang menganggap rasa asam pada jeruk nipis bisa membuat perut ibu hamil kontraksi. Lalu, benarkah jeruk nipis dapat menggugurkan kandungan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Mitos menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis

Hingga saat ini belum ada bukti secara medis tentang mitos jeruk nipis bisa menggugurkan kandungan. Fakta menunjukkan hal sebaliknya, jeruk nipis mengandung vitamin dan mineral yang ibu hamil butuhkan.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram jeruk nipis memiliki kandungan gizi:

  • kalsium: 18 miligram,
  • fosfor: 22 miligram,
  • kalium: 108,9 miligram,
  • natrium: 3 miligram, dan
  • vitamin C: 20 miligram

Meski rasanya sangat asam dan mengandung vitamin C tinggi, belum ada penelitian yang bisa menemukan hubungan antara menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis. Terlebih kita tahu bahwa vitamin C memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Sebuah penelitian dari Cochrane Database of Systematic Reviews menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C tidak memengaruhi ibu hamil mengalami keguguran pada masa kehamilan. Vitamin C justru berperan dalam meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil, seperti:

Mengutip American Pregnancy Association, kebutuhan vitamin C ibu hamil adalah 85 miligram per hari. Sementara itu batas atas konsumsi jeruk nipis sekitar 2000 miligram per hari.

Risiko terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis saat hamil

Meski mengonsumsi jeruk nipis saat hamil tidak ada hubungannya dengan menggugurkan kandungan, tetap batasi penggunaannya. Ada risiko kesehatan bila terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis saat hamil, berikut penjelasannya.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


1. Merusak gigi

Mengutip dari American Dental Association (ADA) mengonsumsi makanan asam, seperti jeruk nipis, bisa mengikis enamel gigi.

Seiring berjalannya waktu, enamel gigi yang terkikis rentan membuat gigi membusuk. Tidak hanya itu, rasa asam bisa memicu iritasi pada mulut, seperti sariawan.

Pastikan mengonsumsi banyak air putih setelah Anda makan banyak jeruk, untuk mengurangi risiko sariawan dan kerusakan gigi.

2. Memicu radang lambung

Meski tidak ada hubungannya dengan menggugurkan kandungan, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis. Hal ini terutama bagi mereka yang memiliki masalah lambung.

Mengutip dari NHS, kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis bisa memicu luka pada lapisan lambung. Radang lambung bisa terjadi ketika lapisan yang melindungi lambung terkena cairan yang terlalu asam.

Cairan pencernaan bisa berasal dari jeruk nipis yang ibu hamil konsumsi terus menerus.

3. Memicu demam

Bila ibu hamil memiliki alergi terhadap berbagai jenis buah jeruk, termasuk jeruk nipis, sebaiknya hindari mengonsumsi terlalu banyak.

Berdasarkan penelitian dari Plos One pada tahun 2013, alergi jeruk sering menyebabkan gatal-gatal, mual, dan muntah. Pemicu dari gatal, mual, dan muntah adalah serbuk sari yang terkandung dalam jeruk.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Balogun, O., da Silva Lopes, K., Ota, E., Takemoto, Y., Rumbold, A., Takegata, M., & Mori, R. (2016). Vitamin supplementation for preventing miscarriage. Cochrane Database Of Systematic Reviews. doi: 10.1002/14651858.cd004073.pub4

Vitamin C supplementation in pregnancy. (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.who.int/elena/titles/review_summaries/vitaminC-pregnancy/en/

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://panganku.org/id-ID/view

Top 9 Foods That Damage Your Teeth – American Dental Association . (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.mouthhealthy.org/en/nutrition/food-tips/9-foods-that-damage-your-teeth

Vitamin Overdose During Pregnancy | American Pregnancy Association. (2017). Retrieved 17 March 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/vitamin-overdose-10255/

Stomach ulcer . (2017). Retrieved 17 March 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/stomach-ulcer/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita