Morning Sickness pada Malam Hari, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/03/2020
Bagikan sekarang

Morning sickness merupakan istilah yang mengacu pada gejala mual dan muntah yang biasanya menyerang pada minggu-minggu awal kehamilan. Berbeda dengan namanya, morning sickness dapat terjadi kapan saja, termasuk di malam hari. Bahkan tak jarang ibu hamil mengalami gejala mual yang lebih intens pada saat tersebut. Terkadang, morning sickness yang muncul malam-malam malah lebih merepotkan karena bisa mengganggu tidur Anda.

Apa penyebab morning sickness di malam hari?

penyebab mual saat hamil morning sickness

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab morning sickness saat malam hari. Kemungkinan besar dari rasa mual yang Anda alami adalah perubahan hormon pada tubuh, indera penciuman yang lebih sensitif, serta kerja fungsi pencernaan yang berkurang.

Terutama bagi ibu yang mengandung anak kembar, masalah kesehatan yang biasa menyerang saat kehamilan mungkin akan lebih intens dibanding dengan kehamilan biasa. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit yang diidap ibu hamil seperti kelenjar tiroid atau penyakit liver juga bisa memicu mual.

Bagaimana cara mengatasi morning sickness di malam hari?

Gejala morning sickness pasti akan tetap dialami oleh siapapun saat masa kehamilan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi mual dan muntah agar tidak terasa menyiksa dan mengganggu waktu istirahat Anda.

Hindari tidur dengan perut kosong

Ternyata, morning sickness saat malam bisa dipicu oleh keadaan perut yang kosong. Tidak harus diisi dengan makanan berat, Anda juga dapat mengonsumsi camilan di sela-sela jadwal makan. Namun, ingatlah untuk tidak memilih makanan yang mengandung terlalu banyak gula karena malah akan membuat perut terasa tidak nyaman.

Sebaiknya, pilih makanan dengan kandungan protein untuk menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Makanan dengan cita rasa yang tidak terlalu kuat juga dapat menjadi pilihan yang tepat seperti roti tawar panggang, biskuit crackers, atau roti lapis dengan bahan yang sehat. Jika ingin sesuatu yang menyegarkan, Anda bisa membuat jus buah-buahan.

Jauhkan benda-benda berbau tajam dari sekeliling

aromaterapi untuk tidur nyenyak

Seperti yang sudah diketahui, penciuman hidung saat hamil akan menjadi lebih sensitif pada masa kehamilan.

Ini disebabkan karena volume aliran darah akan meningkat hingga 50% saat hamil, sehingga sirkulasi darah ke otak juga menjadi lebih cepat. Hal ini tentu akan meningkatkan respons Anda terhadap sesuatu, termasuk indera penciuman.

Ketika Anda menghirup bau yang tajam, tubuh akan memicu reaksi seperti rasa mual. Untuk menghindarinya, singkirkan benda-benda di sekeliling Anda yang dapat menyebabkan bau tajam.

Anda bisa mencegah morning sickness di malam hari dengan membuka sedikit jendela untuk memberi ruang bagi udara segar sebelum tidur. Anda juga dapat mencoba menggunakan aromaterapi pada ruangan. Aroma wewangian seperti lemon, mint, dan green tea akan membantu meringankan mual.

Minum air putih

air putih morning sickness
Sumber: Medical News Today

Mual pada morning sickness saat malam hari juga dapat disebabkan karena kekurangan cairan. Menenggak air putih bisa meringankan rasa tak nyaman ketika Anda mulai mual. Namun, jangan meneguk air terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa penuh di perut.

Pengobatan alternatif

cara mengatasi nyeri haid

Untuk mengatasi morning sickness pada malam hari, Anda bisa mencoba berbagai pengobatan alami. Salah satunya dengan membuat teh jahe. Menurut sebuah penelitian, jahe memiliki manfaat untuk meringankan gejala mual dan muntah-muntah.

Teh chamomile juga memiliki khasiat yang serupa. Minuman ini sudah dipercaya menjadi cara mengobati rasa mual selama bertahun-tahun karena kandungannya yang memiliki efek sedatif sehingga dapat membantu Anda terlelap. Teh chamomile juga dikenal dapat memberi rasa tenang.

Cara lainnya, penggunaan gelang acupressure mungkin bisa menjadi pilihan. Acupressure adalah terapi alternatif yang akan memberi tekanan pada area-area tertentu yang dapat meringankan gejala mual.

Bagaimana jika morning sickness di malam hari masih dirasakan?

Saat morning sickness pada malam hari tidak kunjung membaik, penggunaan obat-obatan dapat menjadi solusinya. Beberapa obat seperti antiemetik dan vitamin B6 sudah dipercaya dalam mengatasi masalah seperti mual dan muntah. Penggunaannya pun aman untuk ibu hamil. Namun, konsultasikan dahulu kepada dokter Anda bila ingin menggunakan obat-obat tersebut.

Beberapa ibu hamil juga mengalami morning sickness yang berketerusan sepanjang kehamilan. Kondisi ini dinamakan hyperemesis gravidarum. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, segera dapatkan penanganan medis.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Morning Sickness at Night: Remedies, Causes, Seeking Help, and More https://www.healthline.com/health/pregnancy/morning-sickness-at-night#seek-help Diakses pada 13 Desember 2019.

How to Get Rid of Nausea: 16 Ways https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-nausea#chamomile Diakses pada 13 Desember 2019.

Nausea (pregnancy sleep) https://www.babycentre.co.uk/a547378/nausea-pregnancy-sleep Diakses pada 13 Desember 2019.

Natural heartburn remedies: 6 ways to get relief during pregnancy https://www.todaysparent.com/pregnancy/pregnancy-health/natural-heartburn-remedies-pregnancy/ Diakses pada 13 Desember 2019.

 

Yang juga perlu Anda baca

11 Faktor Penyebab Mual Saat Hamil Plus Cara Mudah Mengatasinya

Mual dan muntah saat hamil memang menjadi hal yang sangat umum terjadi. Namun, tahukah Anda penyebab mual saat hamil (morning sickness)? Berikut ulasannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Benarkah Morning Sickness Adalah Pertanda Bayi Cerdas?

Morning sickness memang kondisi paling tidak nyaman yang dialami ibu hamil. Namun, katanya, morning sickness justru menandakan bayi pintar. Apa benar?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Tidak Pernah Mual dan Muntah Selama Hamil, Apa Ini Normal?

7 dari 10 wanita mengalami morning sickness selama trimester pertama kehamilan. Lantas, apakah normal jika Anda sama sekali tidak mual muntah saat hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji

Membedakan Mual Biasa Dengan Hiperemesis Gravidarum Saat Hamil

Ketika hamil, gejala morning sickness atau hiperemesis gravidarum terlihat sama. Namun, tahukah Anda perbedaan gejalanya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

Apakah Mual Setelah Berhubungan Intim Merupakan Tanda Hamil?

Apakah Mual Setelah Berhubungan Intim Merupakan Tanda Hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 01/11/2019
Ragam Penyebab Pusing Saat Hamil Pada Tiap Trimester

Ragam Penyebab Pusing Saat Hamil Pada Tiap Trimester

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/10/2019
Bukan Cuma Perut Besar, Ini 5 Ciri Anda Sedang Hamil Kembar

Bukan Cuma Perut Besar, Ini 5 Ciri Anda Sedang Hamil Kembar

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2019
Pilihan Obat Mual untuk Atasi Morning Sickness Saat Hamil

Pilihan Obat Mual untuk Atasi Morning Sickness Saat Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 14/09/2018