home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Normalkah Jika Mengalami Muntah Darah Saat Hamil?

Normalkah Jika Mengalami Muntah Darah Saat Hamil?

Tidak sedikit ibu hamil yang kerap mengeluhkan mual dan muntah (morning sickness) di trimester awal kehamilan. Bahkan beberapa di antaranya mengalami muntah yang tidak biasa alias sembari mengeluarkan darah. Kok bisa, ya? Masih normalkah muntah darah saat hamil ini?

Kenapa ibu mengalami muntah darah saat hamil?

muntah darah saat hamil

Muntah darah saat hamil, atau yang disebut hematemesis, adalah kondisi yang terbilang sering terjadi di masa awal kehamilan. Selain makanan, Anda juga akan mengeluarkan darah yang umumnya berwarna cokelat gelap atau agak kehitaman. Jika dilihat sekilas, muntahan ini tampak seperti bubuk kopi.

Namun terkadang, warna darah dalam muntahan mungkin bisa berbeda tergantung dari penyebabnya. Jika disebabkan oleh luka pada kerongkongan (esofagus), darah biasanya berwarna merah segar. Lain lagi kalau darah berasal dari luka di saluran pencernaan, maka warnanya akan tampak lebih gelap hingga hampir kecokelatan.

Darah yang keluar sendiri atau bersama makanan dalam muntahan umumnya disebabkan oleh robeknya lapisan kerongkongan. Terlalu sering muntah, atau bahkan dorongan muntah yang terlalu kuat, tanpa sadar bisa melukai lapisan kerongkongan.

Kondisi lain yang menyebabkan muntah saat hamil dibarengi dengan darah yaitu adanya peradangan di lapisan saluran pencernaan akibat infeksi bakteri Heliobacter pylori. Infeksi tersebut dapat menyebabkan luka pada lambung sehingga menyebabkan perdarahan. Apabila sang ibu muntah saat hamil, maka darah yang cenderung cokelat tersebut akan ikut keluar.

Selain infeksi, luka pada kerongkongan ataupun lambung dapat terjadi akibat efek samping dari konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen. Obat-obatan tersebut memicu terjadinya iritasi di daerah saluran pencernaan, terutama bagian lambung.

Lantas, normalkah kalau mengalami kondisi ini?

tanda preeklampsia ibu hamil gejala preeklampsia

Meski muntah-muntah di awal masa kehamilan bisa dibilang wajar, tidak demikian dengan muntah darah saat hamil. Hal ini justru menandakan ada yang tidak beres dengan organ di dalam tubuh Anda. Maka itu, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda dengan dokter.

Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab dan kondisi yang Anda alami. Sebisa mungkin, usahakan untuk minum lebih banyak air putih saat hamil, guna membantu memulihkan kondisi tubuh yang sedang kurang sehat.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What’s to Know About Vomiting Blood? https://www.medicalnewstoday.com/articles/314031.php Diakses pada 17 Januari 2019.

Vomiting Blood During Pregnancy-Causes, Symptoms and Treatment You Should Be Aware of. https://www.momjunction.com/articles/vomiting-blood-during-pregnancy_00376043/#gref Diakses pada 17 Januari 2019.

I’m Seeing Blood While Vomiting. Is That Normal? https://www.parents.com/advice/pregnancy-birth/pregnancy-complications/im-seeing-blood-while-vomiting-is-that-normal/ Diakses pada 17 Januari 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 21/01/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x