backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Apa Saja yang Bisa Dilihat pada USG Minggu ke-20?

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/03/2023

Apa Saja yang Bisa Dilihat pada USG Minggu ke-20?

Pemeriksaan USG pada ibu hamil berguna agar ibu dapat mengetahui kondisi janin secara menyeluruh. Nah, USG saat usia kehamilan 20 minggu dianggap paling penting untuk menentukan kondisi kesehatan bayi ketika lahir nantinya. Mengapa demikian?

Hasil pemeriksaan USG pada usia kehamilan 20 minggu

USG (ultrasonography) adalah tes pencitraan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menggambarkan perkembangan janin dan kondisi organ reproduksi ibu hamil.

Salah satu prosedur yang tidak boleh dilewatkan oleh ibu hamil ialah USG 20 minggu. Adapun, USG ini dilakukan pada trimester kedua, yakni sekitar minggu ke-18 sampai ke-22 kehamilan.

Tujuan dari USG kehamilan pada minggu ke-20 yakni untuk melihat anatomi janin dan kelainan yang mungkin terdapat pada tubuh janin maupun ibu.

Berikut ini merupakan beberapa hasil pemeriksaan yang dapat Anda ketahui melalui USG 20 minggu.

1. Kelengkapan organ vital janin

hasil usg janin usia minggu ke-20

Prosedur USG 20 minggu akan memperlihatkan kelengkapan organ vital janin, termasuk otak dan tulang belakang, jantung, serta paru-paru.

Selain itu, USG juga membantu dokter mengetahui ukuran tubuh janin. Hal ini bertujuan untuk menilai apakah pertumbuhan dan perkembangan janin sudah tepat sesuai perkiraan dan usia kehamilan.

Ukuran janin pada usia kehamilan 20 minggu seharusnya sudah sebesar pisang. Janin punya panjang sekitar 25 cm dari kepala sampai tumit dan berat sekitar 315 gram.

2. Sirkulasi darah pada tubuh janin

Meski organ janin belum sepenuhnya matang pada minggu ke-20 kehamilan, semuanya sudah terbentuk dan terlihat dalam pemeriksaan ultrasonografi.

Selain organnya, semua jalur pembuluh darah yang masuk dan keluar jantung sudah terbentuk, termasuk pembuluh darah yang menghubungkan jantung dan paru-paru.

Hasil USG 20 minggu ini juga membantu dokter mengetahui kondisi peredaran darah pada tubuh janin.

3. Kelainan dan kondisi bawaan

Pemindaian janin pada minggu ke-20 kehamilan juga membantu menunjukkan hal-hal yang tidak dapat dilihat pada pemindaian sebelumnya, seperti kelainan dan kondisi bawaan.

Dikutip dari situs Cleveland Clinic, prosedur ini membantu mendeteksi beberapa kelainan, meliputi:

  • anensefali,
  • bibir sumbing,
  • spina bifida,
  • kelainan jantung bawaan,
  • agenesis ginjal,
  • gastroschisis,
  • omphalocele,
  • displasia fibrosa,
  • hernia diafragma, dan 
  • sindrom Down (trisomi 13 dan trisomi 18).

4. Posisi janin dalam kandungan

Melalui hasil USG, dokter juga dapat mengetahui posisi janin dalam kandungan, apakah janin dalam posisi sungsang, melintang, kepala di bawah (cephalic), atau posisi normal. 

Normalnya, janin juga akan menunjukkan pergerakan yang aktif selama pemindaian. Prosedur USG 4D bahkan bisa menunjukkan pergerakan tangan dan kaki janin secara langsung.

5. Kondisi organ reproduksi ibu hamil

Gambaran rahim, plasenta, dan cairan ketuban bisa diamati lebih baik melalui USG 20 minggu.

Dokter bisa mengetahui apakah plasenta menghalangi jalan lahir saat persalinan. Leher rahim juga dapat diukur guna mengetahui ada-tidaknya risiko kelahiran prematur.

Pemindaian juga membantu dokter mendeteksi kelainan pada ovarium dan rahim. Dengan begitu, dokter bisa menentukan apakah Anda membutuhkan tes lain, seperti amniocentesis.

6. Jenis kelamin calon bayi

usg 5 dimensi, gambar usg 5 dimensi

Apabila tertarik mengetahui jenis kelamin bayi, Anda bisa meminta dokter untuk memeriksanya saat USG. Organ kelamin luar janin umumnya sudah terbentuk pada minggu ke-20 kehamilan. 

Dokter bisa melihat penis atau labia untuk menentukan jenis kelamin bayi Anda. Namun, tetap ada kemungkinan posisi janin tidak mendukung untuk dilihat bentuk kelaminnya.

7. Kehamilan kembar

Kehamilan kembar sebenarnya bisa dideteksi sejak pemeriksaan USG pada trimester pertama.

Meski begitu, hasil dari prosedur USG 20 minggu akan membantu dokter memastikan kondisi kesehatan dari tiap janin yang ada dalam kandungan Anda. 

Secara keseluruhan, USG pada minggu ke-20 kehamilan akan membantu dokter memastikan apakah janin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Anda bisa menjalani pemeriksaan USG dengan mendatangi langsung dokter spesialis kandungan di rumah sakit atau klinik terdekat dari lokasi Anda.

Kesimpulan

  • Prosedur USG 20 minggu bertujuan untuk memperlihatkan anatomi janin dan kelainan yang bisa dialami oleh janin maupun ibu hamil.
  • Pemindaian ini dilakukan pada trimester kedua, yakni sekitar minggu ke-18 sampai ke-22 kehamilan.
  • Selalu konsultasikan mengenai masalah yang Anda alami sehingga dokter dapat memberikan jaminan dan meredakan kekhawatiran Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan