Pentingnya Punya Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 30-an (Bisa Mencegah Tulang Keropos Dini, Loh!)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang baik dan rutin olahraga, bukanlah “tren” yang diperuntukkan khusus untuk kaum muda milenial saja. Pasalnya, tubuh tetap memerlukan perlakuan istimewa ini bahkan jika usia Anda sudah genap menginjak 30-an sekalipun. Tenang, tidak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat. Yuk, mulai hidup sehat demi mencapai tubuh yang bugar di usia 30!

Ada banyak perubahan tubuh yang terjadi mulai di usia 30-an

Semakin bertambah usia Anda, semakin banyak penurunan fungsi tubuh yang Anda rasakan. Salah satunya adalah penurunan metabolisme. Hal ini membuat tubuh Anda cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan yang berujung pada kelebihan berat badan. Tak heran, berbagai penyakit mulai Anda rasakan gejalanya di usia 30-an ini.

Tak hanya itu, fungsi tulang dan massa otot juga ikut menyusut — walaupun mungkin belum terlalu terlihat. Jika tubuh tidak bugar, bukannya tidak mungkin Anda akan lebih gampang capek dan sedikit-sedikit pegal linu ketika melakukan berbagai aktivitas di usia ini.

Selain itu, penurunan kadar kolagen juga mulai terjadi di usia 30-an. Hal ini membuat kulit Anda terlihat mulai keriput dan mulai terbentuk kerutan di wajah. Ini bisa terjadi karena sel kulit baru tidak cepat terbentuk seperti saat usia Anda masih muda.

Namun jangan khawatir, penurunan fungsi tubuh ini bisa diperlambat jika Anda tetap menjaga kebugaran tubuh Anda.

Pentingnya menjaga tubuh tetap bugar di usia 30

Menerapkan pola hidup sehat dan mempunyai tubuh yang bugar dapat memperlambat efek penuaan pada tubuh Anda. Kebugaran dapat meningkatkan status kesehatan Anda serta menurunkan risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Kebugaran bisa dijaga dengan cara melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot dan tulang, sehingga risiko Anda mengalami kehilangan massa otot dan tulang keropos di usia tua bisa menurun. Mempunyai tubuh yang bugar juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kesehatan mental.

Jadi, kebugaran tubuh tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Kesehatan mental bisa tercapai jika tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Belum terlambat untuk memulai hidup sehat di usia 30-an

Bagi Anda yang sebelumnya tidak menerapkan hidup sehat, belum terlambat bagi Anda untuk memulai hidup sehat di usia yang sudah menginjak 30 tahun. Justru, memulai hidup sehat di usia ini dapat membantu Anda menjaga kebugaran tubuh dan mencegah Anda dari berbagai penyakit.

Motivasi adalah kuncinya! Mulailah secara perlahan. Memang, membentuk kebiasaan baru dalam hidup Anda mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Yang penting adalah Anda konsisten menjalankannya.

Lakukan olahraga teratur

Mulailah dengan melakukan olahraga yang Anda suka secara rutin. Setidaknya, lakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Jangan lupa untuk melakukan olahraga yang melatih kekuatan otot, seperti angkat beban, yoga, pilates, push-up, dan sit-up, setidaknya dua kali dalam seminggu. Hal ini berguna untuk meningkatkan massa otot Anda, sehingga mencegah Anda dari kehilangan massa otot berlebih.

Konsumsi makanan bergizi

Hal ini penting dilakukan untuk mengontrol berat badan Anda. Ingat, semakin tua Anda, semakin mudah Anda mengalami kenaikan berat badan, terlebih jika Anda tidak melakukan olahraga teratur. Untuk itu, ada baiknya Anda mulai mengurangi makanan yang mengandung tinggi gula dan kalori, seperti makanan manis dan junk food.

Perbanyak konsumsi makanan sumber protein. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga untuk membantu mempertahankan massa otot Anda. Dan, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah, setidaknya lima porsi per hari. Sayur dan buah mengandung banyak nutrisi penting yang tubuh Anda butuhkan untuk tetap sehat.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Trik Sederhana Agar Terbiasa Jalan Kaki Demi Tubuh yang Bugar

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah, namun banyak yang malas melakukannya. Yuk, biasakan jalan kaki dengan tips berikut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Olahraga Lainnya, Kebugaran 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Lemas habis makan mungkin masih wajar. Tapi kalau Anda gemetaran atau berkeringat, bisa jadi tanda gula darah turun. Hal ini disebut hipoglikemia reaktif.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Penyakit Diabetes 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Latihan Kelenturan, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pentingnya Punya Self Esteem (Harga Diri) yang Baik dan Cara Meningkatkannya

Self esteem adalah nilai seseorang terhadap dirinya sendiri secara menyeluruh. Secara singkat, disebut juga harga diri. Yuk, ketahui self esteem secara lengkap.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gangguan Mental Lainnya 23 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sensory processing disorder

Mengenal Sensory Processing Disorder: Saat Otak Salah Menginterpretasikan Informasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat goji berry

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
stockholm syndrome adalah

Stockholm Syndrome: Ketika Sandera Justru Bersimpati Pada Penculiknya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
main boneka saat dewasa

Masih Suka Main Boneka Saat Dewasa, Apakah Normal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit