home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pentingnya Punya Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 30-an (Bisa Mencegah Tulang Keropos Dini, Loh!)

Pentingnya Punya Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 30-an (Bisa Mencegah Tulang Keropos Dini, Loh!)

Gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang baik dan rutin olahraga, bukanlah “tren” yang diperuntukkan khusus untuk kaum muda milenial saja. Pasalnya, tubuh tetap memerlukan perlakuan istimewa ini bahkan jika usia Anda sudah genap menginjak 30-an sekalipun. Tenang, tidak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat. Yuk, mulai hidup sehat demi mencapai tubuh yang bugar di usia 30!

Ada banyak perubahan tubuh yang terjadi mulai di usia 30-an

Semakin bertambah usia Anda, semakin banyak penurunan fungsi tubuh yang Anda rasakan. Salah satunya adalah penurunan metabolisme. Hal ini membuat tubuh Anda cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan yang berujung pada kelebihan berat badan. Tak heran, berbagai penyakit mulai Anda rasakan gejalanya di usia 30-an ini.

Tak hanya itu, fungsi tulang dan massa otot juga ikut menyusut — walaupun mungkin belum terlalu terlihat. Jika tubuh tidak bugar, bukannya tidak mungkin Anda akan lebih gampang capek dan sedikit-sedikit pegal linu ketika melakukan berbagai aktivitas di usia ini.

Selain itu, penurunan kadar kolagen juga mulai terjadi di usia 30-an. Hal ini membuat kulit Anda terlihat mulai keriput dan mulai terbentuk kerutan di wajah. Ini bisa terjadi karena sel kulit baru tidak cepat terbentuk seperti saat usia Anda masih muda.

Namun jangan khawatir, penurunan fungsi tubuh ini bisa diperlambat jika Anda tetap menjaga kebugaran tubuh Anda.

Pentingnya menjaga tubuh tetap bugar di usia 30

Menerapkan pola hidup sehat dan mempunyai tubuh yang bugar dapat memperlambat efek penuaan pada tubuh Anda. Kebugaran dapat meningkatkan status kesehatan Anda serta menurunkan risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Kebugaran bisa dijaga dengan cara melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot dan tulang, sehingga risiko Anda mengalami kehilangan massa otot dan tulang keropos di usia tua bisa menurun. Mempunyai tubuh yang bugar juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kesehatan mental.

Jadi, kebugaran tubuh tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Kesehatan mental bisa tercapai jika tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Belum terlambat untuk memulai hidup sehat di usia 30-an

Bagi Anda yang sebelumnya tidak menerapkan hidup sehat, belum terlambat bagi Anda untuk memulai hidup sehat di usia yang sudah menginjak 30 tahun. Justru, memulai hidup sehat di usia ini dapat membantu Anda menjaga kebugaran tubuh dan mencegah Anda dari berbagai penyakit.

Motivasi adalah kuncinya! Mulailah secara perlahan. Memang, membentuk kebiasaan baru dalam hidup Anda mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Yang penting adalah Anda konsisten menjalankannya.

Lakukan olahraga teratur

Mulailah dengan melakukan olahraga yang Anda suka secara rutin. Setidaknya, lakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Jangan lupa untuk melakukan olahraga yang melatih kekuatan otot, seperti angkat beban, yoga, pilates, push-up, dan sit-up, setidaknya dua kali dalam seminggu. Hal ini berguna untuk meningkatkan massa otot Anda, sehingga mencegah Anda dari kehilangan massa otot berlebih.

Konsumsi makanan bergizi

Hal ini penting dilakukan untuk mengontrol berat badan Anda. Ingat, semakin tua Anda, semakin mudah Anda mengalami kenaikan berat badan, terlebih jika Anda tidak melakukan olahraga teratur. Untuk itu, ada baiknya Anda mulai mengurangi makanan yang mengandung tinggi gula dan kalori, seperti makanan manis dan junk food.

Perbanyak konsumsi makanan sumber protein. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga untuk membantu mempertahankan massa otot Anda. Dan, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah, setidaknya lima porsi per hari. Sayur dan buah mengandung banyak nutrisi penting yang tubuh Anda butuhkan untuk tetap sehat.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Frechman, R. (2017). The Importance of Fitness in Your 30s. [online] Available at: http://www.eatright.org/resource/fitness/exercise/benefits-of-physical-activity/the-importance-of-fitness-in-your-30s [Accessed 7 Aug. 2017].

Health in Your 30s | HealthyWomen. [online] Available at: http://www.healthywomen.org/content/article/health-your-30s [Accessed 7 Aug. 2017].

Men’s Health. (2004). 30s – What Changes & How to Fix it. [online] Available at: http://www.menshealth.com/health/30s-what-changes-how-fix-it [Accessed 7 Aug. 2017].

The Importance of Physical Fitness. [online] Available at: https://www.healthstatus.com/health_blog/wellness/the-importance-of-physical-fitness/ [Accessed 7 Aug. 2017].

Peloquin, A. 9 Fitness Habits That You Need to Start in Your 30s / Fitness. [online] Available at: http://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/9-fitness-habits-that-you-need-to-start-in-your-30s.html [Accessed 7 Aug. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala pada 19/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x