backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Pilihan Olahraga yang Bikin Awet Muda, Sudah Coba?

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/07/2023

    Pilihan Olahraga yang Bikin Awet Muda, Sudah Coba?

    Sudah bukan rahasia lagi jika olahraga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, hingga mengurangi risiko terkena penyakit. Beberapa orang bahkan menilai bahwa olahraga bisa bikin awet muda.

    Lantas, benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

    Apakah benar olahraga bikin awet muda?

    jenis senam aerobik

    Olahraga pada dasarnya tidak akan mencegah penuaan, tetapi membantu mengurangi tanda-tandanya, seperti bintik hitam, keriput, dan kulit kendur.

    Aktivitas fisik ini akan melancarkan peredaran darah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit.

    Apabila peredaran darah lancar, risiko timbulnya bintik hitam yang menjadi salah satu pertanda penuaan juga bisa dikurangi.

    Pada tingkat sel, olahraga bisa menjaga panjang telomer, yakni bagian ujung kromosom yang bertanggung jawab atas proses penuaan.

    Menurut sejumlah penelitian terdahulu, penyerapan oksigen maksimal saat berolahraga diduga berdampak baik terhadap panjang telomer.

    Selain itu, olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik seperti angkat beban juga terbukti dapat menjaga kekuatan dan massa otot saat lanjut usia.

    Laman National Institute on Aging menyebutkan bahwa salah satu penyebab menurunnya kemampuan fisik seiring bertambahnya usia adalah hilangnya massa dan kekuatan otot.

    Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah tanda-tanda penuaan adalah dengan rajin berolahraga sejak masih muda.

    Pilihan olahraga yang bikin awet muda

    manfaat kalori kentang rebus untuk tingkatkan performa olahraga

    Tidak sekedar menyehatkan, beberapa jenis olahraga berikut juga dipercaya mampu membuat Anda awet muda.

    1. Aerobik

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care menunjukkan manfaat olahraga aerobik rutin.

    Disebutkan bahwa olahraga aerobik selama 150 menit per minggu dapat menjaga kesehatan jantung dan metabolisme tubuh. Dengan begitu, Anda akan merasa bugar dan lebih muda.

    Berbagai jenis olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan agar tetap awet muda di antaranya:

    Aerobik secara teratur setidaknya tiga kali seminggu juga dikaitkan dengan menurunnya risiko berbagai masalah kesehatan kronis, seperti stroke, diabetes, serangan jantung, dan hipertensi.

    2. Latihan kekuatan

    Penelitian lain dalam The Journal of Nutrition, Health & Aging menyebutkan bahwa latihan kekuatan atau strength training dapat membantu meningkatkan fungsi dan massa otot.

    Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari penurunan massa otot seiring dengan bertambahnya usia.

    Strength training seperti angkat besi, push-up, dan squat juga erat kaitannya dengan menjaga postur tubuh sehingga penampilan Anda tetap tampak awet muda.

    Jika Anda merupakan pemula, mulailah untuk latihan kekuatan selama 5–10 menit pada minggu pertama dan meningkatkan durasi olahraga menjadi 15–30 menit di minggu selanjutnya.

    Lakukan strength training setidaknya tiga kali dalam seminggu agar Anda mendapatkan manfaat yang optimal.

    3. High-Intensity Interval Training (HIIT)

    Olahraga yang bisa bikin awet muda selanjutnya adalah High Intensity Interval Training atau HIIT.

    Jenis olahraga interval ini dipercaya dapat mendorong peningkatan produksi growth hormone (GH) atau hormon pertumbuhan.

    Hormon pertumbuhan berperan penting dalam menjaga proses regenerasi sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Dengan demikian, elastisitas kulit terjaga dan Anda pun tampak lebih awet muda.

    Selain itu, olahraga yang dilakukan dengan intensitas tinggi dan cepat ini juga akan melatih jantung untuk memompa darah dengan lebih baik.

    Jadi, semua sel tubuh Anda bisa mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap berfungsi normal.

    Intensitas olahraga yang tinggi juga akan mempercepat penurunan berat badan, mengingat peningkatan berat badan juga kerap disertai dengan tanda penuaan seperti kulit mengendur.

    Meski begitu, Anda tidak disarankan melakukan HIIT setiap hari. Pasalnya, dibandingkan jenis olahraga Low-Intensity Steady State (LISS), HIIT memiliki risiko cedera yang lebih tinggi.

    Olahraga memang bisa membuat Anda tetap awet muda, tetapi ini bukanlah satu-satunya cara. Selain olahraga, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat supaya awet muda.

    Selain itu, perlu diingat bahwa hasil dari olahraga untuk membuat Anda tampak lebih muda mungkin tidak langsung terlihat. Maka, penting untuk melakukan olahraga secara rutin, bukan hanya sesekali saja.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Klinik Chika Medika


    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/07/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan