home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Memanfaatkan Lari untuk Menurunkan Berat Badan

Memanfaatkan Lari untuk Menurunkan Berat Badan

Semakin banyak Anda lari, semakin banyak pula kalori yang terbakar. Maka dari itu, masuk akal jika Anda banyak lari, berat badan Anda akan semakin berkurang. Kalau begitu, benar dong rajin lari menurunkan berat badan? Eits, tunggu dulu.

Lari saja belum tentu bisa menurunkan berat badan

Lari memang bisa membantu Anda menbentuk tubuh ideal. Tapi kalori yang terbuang begitu banyak ketika Anda berlari tak ayal sering membuat Anda kelaparan setelahnya karena tubuh sudah kehabisan energi. Makan membabi buta untuk menggantikan jumlah energi yang terbuang bukanlah cara tepat untuk menurunkan berat badan saat Anda sedang getol-getolnya lari.

Di samping tetap terus rutin berlari, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengurangi porsi makan. Kurangi 300 sampai 500 kalori per hari. Selain itu, olahraga lari menjaga metabolisme tetap bekerja sehingga membantu Anda membakar kalori.

Jenis lari untuk menurunkan berat badan

Berikut adalah tiga jenis olahraga lari yang harus Anda lakukan kalau Anda mau menurunkan berat badan.

Steady fat-burning run

Steady fat-burning run mengharuskan Anda berlari lambat, 50 persen kecepatan maksimal Anda, dan selama mungkin. Semakin lama Anda lari, semakin banyak lemak yang Anda bakar. Maka dari itu, cobalah untuk lari dengan kecepatan tetap dalam waktu yang lebih lama. Jangan gunakan minuman olahraga atau gel energi selama lari karena kandungan karbohidratnya. Asupan karbohidrat hanya akan membuat tubuh bergantung padanya daripada membakar lemak sebagai sumber energi.

Sprinting

Berbeda dari steady fat-burning run, sprinting mengharuskan Anda lari cepat. Lari dengan lebih cepat membantu Anda membakar lebih banyak kalori karena tubuh Anda akan harus bekerja lebih cepat untuk menghasilkan energi untuk berlari. Rutinitas olahraga yang baik harus mencakup pengulangan lari 30 detik. Lari cepat bisa dianggap sebagai cara untuk mengaktifkan tubuh ke mode pembakaran lemak.

Ingat, jangan cuma lari saja agar berat badan cepat turun

Manfaat lari untuk menurunkan berat badan akan bekerja lebih jika dikombinasikan dengan latihan kekuatan. Latihan kekuatan membantu menjaga otot tetap kuat untuk berlari.

Rutin berlari yang ditambah pengurangan asupan sebanyak 300 sampai 500 kalori setiap harinya membuat tubuh tidak hanya akan kehilangan lemak tetapi juga otot. Latihan kekuatan memastikan penurunan berat badan yang Anda alami hanya berasal dari jumlah lemak yang berkurang, dan bukannya massa otot. Anda bisa melakukan latihan kekuatan di manapun, baik di gym ataupun di ruang tamu, dengan latihan sederhana seperti push-up, lunges, atau squat.

Selain itu, beberapa faktor lain yang memengaruhi kemungkinan penurunan berat badan meliputi diet dan gaya hidup. Olahraga lari memang merupakan salah satu cara paling efisien untuk menurunkan berat badan, tetapi jika Anda berkomitmen untuk menjalankan program latihan tertentu daripada hanya lari, dan juga memperhatikan konsumsi kalori, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik saat berikutnya Anda menimbang berat badan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

“4 Ways Running is Best for Weight Loss” http://www.runnersworld.com/weight-loss/4-ways-running-is-best-for-weight-loss/slide/1 Accessed September 25, 2016 “Running for Weight Loss: 8-Week Training Plan! http://womensrunning.competitor.com/2013/10/training-tips/running-for-weight-loss-8-week-training-plan_16017 Accessed September 17, 2016

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 19/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x