Jalan Maju Sudah Biasa! Yuk, Coba Jalan Mundur Demi 4 Manfaat Sehat Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Ya, jalan kaki merupakan cara mudah sekaligus menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas fisik tanpa usaha dan energi yang berlebih. Namun, apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, Anda bisa mencoba jalan mundur.

Sekilas berjalan mundur tampak tak memberikan manfaat yang berarti. Padahal, aktivitas satu ini justru menawarkan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dibanding berjalan kaki ke depan seperti biasanya. Lantas, manfaat apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat jalan mundur bagi kesehatan

Jalan maju ke depan mungkin sudah biasa, sehingga Anda sering melakukannya tanpa ragu. Lain halnya ketika Anda berjalan mundur. Berjalan mundur dapat meningkatkan ketahanan dan kapasitas aerobik Anda lebih cepat. Pasalnya, tantangan yang diberikan pada tubuh Anda lebih besar, sehingga Anda memaksa tubuh untuk  untuk beradaptasi dengan hal baru yang tidak biasa dilakukan.

Secara tidak langsung, hal tersebut dapat mendorong peningkatan dan pertumbuhan dalam kebugaran fisik Anda. Nah, hal inilah yang membuat jalan mundur jauh lebih memiliki manfaat kesehatan dibanding jalan maju.

Berikut ini beberapa manfaat berjalan mundur bagi kesehatan yang sayang dilewatkan:

1. Membakar kalori lebih banyak

Berdasarkan penelitian, jalan mundur diketahui dapat membakar 40 persen kalori lebih banyak dibandingkan jika Anda jalan kaki pada umumnya. Jika Anda berjalan mundur di area yang menanjak, Anda membutuhkan lebih banyak energi sehingga kalori yang dibakar juga akan lebih banyak.

Peningkatan kalori yang dibakar ini tentu akan memberikan manfaat yang baik. Selain itu, berjalan mundur mungkin merupakan cara yang baik untuk menambah intensitas latihan yang lebih tinggi karena Anda tidak perlu melakukannya dengan kecepatan tinggi.

2. Meningkatkan fungsi otak

Ketika Anda berjalan mundur, tentu Anda akan mengalami kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan jalan maju, bukan? Anda dituntut untuk lebih fokus sekaligus bisa mengatur keseimbangan. Nah, inilah mengapa jalan mundur sama artinya dengan melatih otak Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang sulit.

Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Nevada di Las Vegas, diketahui bahwa tingkat konsentrasi yang diperlukan saat Anda berjalan mundur sama intensnya dengan konsetrasi yang diperlukan saat Anda sedang menghadapi bahaya. Hal ini membuat para peneliti menarik kesimpulan jika jalan mundur dapat meningkatkan fungsi otak karena membuat Anda lebih fokus saat melakukannya.

3. Meningkatkan denyut jantung

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa dengan kecepatan yang sama, jalan mundur dapat meningkatkan denyut jantung dibandingkan dengan jalan maju.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Texas dalam Journal of Orthopaedic and Sport Physical Therapy menyimpulkan bahwa jalan mundur dapat meningkatkan denyut jantung sebesar 17-20 persen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jalan mundur adalah metode latihan interval yang ideal untuk menambahkan intensitas latihan yang lebih tinggi ketika Anda melakukan aktivitas fisik jalan kaki.

4. Manfaat lainnya

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biomechanics juga menemukan bahwa jalan mundur dapat mengurangi nyeri lutut anterior jika dibandingkan dengan jalan maju ke depan. Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Medicine menemukan bahwa kombinasi dari jalan mundur dan jalan maju dapat meningkatkan kebugaran jantung dan mengubah komposisi tubuh.

Meski tubuh Anda tidak terbiasa dengan jalan mundur, namun aktivitas satu ini menawarkan lebih banyak manfaat bagi jantung, pembuluh darah, dan pembakaran kalori dalam waktu yang lebih singkat. Nah, hal ini tentu akan membuat latihan Anda lebih efisien dan intens. Jadi bagaimana, sudah siap untuk mencobanya?

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Sehat Jika Wanita Berotot Kekar Bak Pria Binaragawan?

Otot kekar identik dengan pria yang sehat dan bugar. Bagaimana kalau wanita yang punya otot kekar? Apakah bisa? Apakah hal ini sehat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 15 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Turun Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya

Ingin menurunkan berat badan tapi tak suka olahraga yang berat? Tenang, jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan. Ini tipsnya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Olahraga Kardio, Kebugaran 3 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

6 Jenis Hobi yang Membantu Anda Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Jika Anda sedang mencari aktivitas lain untuk mulai berhenti stalking sosmed si mantan, mengapa tidak pilih salah satu contoh hobi yang sehat ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 2 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Jenis Olahraga yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Rutin olahraga saat menstruasi dapat meredakan berbagai gejala PMS yang menyengsarakan. Tapi tak semua olahraga baik dilakukan saat sedang haid.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kesehatan Wanita, Menstruasi 1 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips pendinginan setelah lari

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat yoga untuk kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
kesalahan membakar lemak perut

7 Kesalahan Umum saat Berusaha Membakar Lemak Perut

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
13 Olahraga Untuk Penyandang cacat

13 Olahraga yang Baik untuk Penyandang Cacat atau Disabilitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit