home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apakah Training Boot Camp Efektif Menurunkan Berat Badan?

Apakah Training Boot Camp Efektif Menurunkan Berat Badan?

Boot camp adalah program pelatihan olahraga berkelompok yang dirancang secara intens dalam kurun waktu tertentu untuk membangun kekuatan otot dan kebugaran fisik. Latihan fisik dari olahraga boot camp sendiri bervariasi untuk satu kali sesi; bisa meliputi lari, loncat, naik turun tangga, push up, sit up, naik turun bukit, tarik tambang, memanjat, hingga mungkin termasuk yoga dan pilates. Tak heran jika olahraga ini banyak diminati. Lantas, apakah ikut boot camp efektif menurunkan berat badan?

Olahraga boot camp cukup intens untuk menurunkan berat badan

Biasanya, satu kelompok boot camp akan dilatih dan diawasi terus oleh instruktur atau personal trainer dari pusat kebugaran. Olahraga boot camp mencakup kombinasi antara latihan kekuatan, kardio, dan aerobik yang dirancang mengikuti pola interval: menggabungkan satu sesi latihan singkat dengan intensitas tinggi yang dilanjut dengan latihan ringan berdurasi lebih panjang untuk memulihkan diri, sebelum kembali diulang-ulang.

Semakin intens olahraga yang Anda lakukan, detak jantung akan semakin meningkat. Jantung tersusun dari otot-otot yang harus bergerak supaya lebih kuat dan kuat lagi. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat. Semakin tinggi intensitas olahraga yang Anda lakukan, semakin besar kalori yang terbakar.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) melaporkan bahwa boot camp adalah jenis olahraga yang sangat efektif untuk membangun kekuatan otot, daya tahan tubuh, serta melatih orang-orang agar lebih disiplin menjalani hidup sehat. Boot camp juga bisa jadi pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan, karena satu kali sesi boot camp dapat membakar hingga 1.000 kalori.

Beberapa boot camp juga dapat memberikan informasi tentang pola makan sehat dan menantang pesertanya untuk mengatur makannya selama menjalankan program ini, terutama jika tujuannya memang mengurangi berat badan.

Tidak semua orang bisa ikut olahraga boot camp

Boot camp memang jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk tubuh. Sayangnya, tidak semua orang bisa ikut olahraga ini. Pasalnya olahraga boot camp membutuhkan tenaga yang luar biasa banyak dan gerakan cepat yang bisa terlalu menantang bagi pemula.

Oleh sebab itu, sebelum mendaftar sebaiknya tanyakan dulu pada instruktur tentang bagaimana program ini akan berjalan supaya Anda bisa menilai, apakah olahraga jenis ini cocok untuk Anda atau tidak.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mengikuti olahraga jenis ini apabila berusia lebih 40 tahun, sedang hamil, tidak pernah berolahraga selama beberapa waktu, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai kelas boot camp atau program latihan olahraga apapun.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Boot Camp – https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/boot-camp-workouts diakses pada 31 Mei 2018

Boot Camp Workout – https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/boot-camp-workout/art-20046363?pg=1 diakses pada 31 Mei 2018

Why Boot Camp Workout Are So Effective, Acording to Science – https://www.menshealth.com/fitness/a19671650/why-boot-camp-workouts-are-so-effective-according-to-science/ diakses pada 31 Mei 2018

Boot Camp Workout Pros and Cons – https://www.verywellfit.com/boot-camp-workout-pros-and-cons-3120564 diakses pada 31 Mei 2018

 


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 24/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri