home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pola Makan Sehat untuk Kanker Pankreas, Perhatikan 7 Hal Ini!

Pola Makan Sehat untuk Kanker Pankreas, Perhatikan 7 Hal Ini!

Nutrisi merupakan faktor penting dalam perawatan kanker pankreas. Tumor ganas yang menghambat fungsi pankreas dan pengobatan kanker yang dijalani bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi. Pasien kanker pankreas perlu menerapkan diet atau pola makan tertentu untuk mengelola gejala dan memastikan tubuh memperoleh nutrisi yang cukup.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalani diet sehat untuk kanker pankreas. Mari, simak lebih lengkapnya dalam ulasan ini.

Aturan diet sehat untuk kanker pankreas

Kanker pankreas bisa menyebabkan pasien mengalami gangguan pencernaan serius seperti sakit kuning, diare, dan konstipasi parah.

Gejala kanker pankreas lain seperti mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan bahkan bisa bertambah parah ketika pasien menjalani kemoterapi dan radioterapi.

Jika tidak menyesuaikan pola makan, pasien kanker pankreas bisa kekurangan nutrisi. Padahal kecukupan nutrisi dapat memperpanjang harapan hidup pasien pankreas.

Tak hanya mengatasi gejala dan efek samping pengobatan, diet untuk kanker pankreas juga meningkatkan kualitas hidup pasien yang telah menjalani operasi whipple atau pengangkatan kanker.

1. Pilih makanan yang mudah dicerna

MPASI daging sapi

Salah satu fungsi utama pankreas adalah menghasilkan enzim pencernaan yang bertugas memecah lemak, protein, dan karbohidrat. Keberadaan kanker bisa menghambat fungsi pankreas dalam melepaskan enzim pencernaan. Akibatnya, tubuh pasien kesulitan dalam memecah nutrisi dengan baik, terutama makanan padat yang mengandung banyak lemak.

Untuk itu, pasien kanker pankreas sebaiknya mengutamakan konsumsi makanan bertekstur halus dan rendah lemak. Hindarilah makanan berminyak atau gorengan karena bisa memicu konstipasi.

Dalam menjalani diet untuk kanker pankreas, setiap makanan sebaiknya diolah sampai mencapai tingkat kematangan terbaik. Hal ini membuat tekstur makanan menjadi lebih lembut dan nutrisi yang terkandung lebih mudah dicerna di dalam tubuh.

Anda yang baru melakukan operasi whipple (pengangkatan kepala pankreas) atau mengalami gangguan pencernaan yang parah bisa mengonsumsi makanan cair yang dihaluskan dengan blender terlebih dulu.

Seiring membaiknya kondisi tubuh, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan yang lebih padat secara bertahap.

2. Konsumsi enzim pankreas

Tubuh pasien kanker pankreas umumnya tidak mampu menghasilkan enzim pencernaan yang cukup atau mengalami defisiensi enzim. Pasalnya, tumor ganas yang menyerang jaringan eksokrin di pankreas membuat organ pencernaan ini tidak dapat memproduksi enzim secara optimal.

Saat mengalami defisiensi enzim, pasien kanker pankreas membutuhkan enzim tambahan dari luar tubuh. Dokter biasanya akan meresepkan suplemen yang berisi enzim lipase, tripsin, dan amilase untuk mencukupi kebutuhan enzim di dalam tubuh.

Dalam penerapan diet kanker pankreas, konsumsi suplemen enzim bisa membantu melancarkan proses pencernaan dan penyerapan nutrisi secara keseluruhan.

3. Makan porsi kecil tapi sering

perempuan makan oatmeal untuk asam lambung

Gangguan pencernaan, seperti diare dan mual akibat efek samping pengobatan kanker pankreas atau bahkan gejala kankernya sendiri bisa membuat pasien kehilangan nafsu makan.

Meski tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi, jangan memaksakan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah besar secara langsung saat tidak berselera makan. Selain meningkatkan rasa mual, mengonsumsi banyak makanan sekaligus memaksa pankreas bekerja lebih keras.

Cobalah untuk membagi makanan dalam porsi lebih kecil, tapi makanlah 2-3 jam sekali sehingga kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi. Pola makan seperti ini juga dapat membantu pasien kanker pankreas untuk menambah berat badan atau mempertahankan berat badan ideal.

Penting bagi pasien untuk mengutamakan makanan yang mudah dicerna. Namun, di antara jenis makanan yang dianjurkan Anda bisa memilih mana yang paling disukai sehingga bisa lebih berselera dan makan dengan lahap.

4. Gunakan bumbu alami tapi hindari bau menyengat

Hal lain yang membuat pasien kanker pankreas tidak nafsu makan adalah seringnya makanan terasa hambar atau pahit di lidah.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mencampurkan bahan masakan alami yang bisa memberikan cita rasa yang kuat pada makanan, seperti lemon, jahe, kunyit, bawang putih, lada, dan cabai.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat saus yang kemudian disiramkan di atas lauk atau sayuran. Lalu, konsumsilah buah seperti jeruk atau leci ketika mulut terasa pahit dan kering.

Namun, hindari makanan yang baunya terlalu menyengat saat sedang mual. Minuman yang memberi sensasi hangat di tubuh seperti teh jahe bisa membantu mengurangi rasa mual.

5. Hindari makanan yang memperparah gejala

minyak goreng untuk penderita kolesterol

Dalam menerapkan diet untuk kanker pankreas, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu gangguan pencernaan yang lebih serius.

Menghindari beberapa jenis makanan bisa membantu mengendalikan gejala diare, mual, dan muntah akibat. Berikut adalah beberapa pantangan makanan untuk mencegah perburukan gejala kanker pankreas.

  • Makanan tinggi lemak dan minyak
  • Minuman yang terlalu panas
  • Makanan tinggi serat yang dikonsumsi dalam jumlah besar termasuk sayuran, buah, biji-bijian, dan gandum
  • Minuman atau makanan yang tinggi laktosa
  • Alkohol
  • Kopi
  • Minuman bersoda
  • Makanan dengan kandungan gas yang tinggi seperti kubis, bawang, jagung, dan kacang kering

Pasien pankreas bukan tidak boleh sama sekali mengonsumsi makanan di atas, tapi hindari konsumsinya saat mengalami diare, mual, atau muntah.

6. Jaga kadar gula darah tetap stabil

Menurut sebuah studi dalam Journal of The Pancreas, diabetes tipe 2 adalah faktor risiko untuk kanker pankreas sekaligus komplikasi yang bisa dialami oleh pasien, termasuk pasien telah menjalani operasi pengangkatan kanker pankreas.

Pasien kanker pankreas yang mengalami diabetes tentunya perlu mengatur asupan karbohidrat hariannya dengan baik sehingga tidak membuat gula darah melonjak naik.

Anda juga bisa menjaga kadar gula darah tetap terkendali dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, aktif secara fisik atau rutin berolahraga, dan menjalani pengobatan.

Dokter mungkin akan meresepkan obat diabetes untuk membantu menurunkan gula darah. Jika kesulitan menurunkan berat badan, pasien kanker pankreas perlu menjalani diet khusus.

Namun, berkonsultasilah dengan spesialis gizi untuk menentukan jenis diet yang tepat untuk menurunkan berat badan pasien kanker.

7. Lengkapi dengan suplemen nutrisi

Khasiat Ekstrak Sambiloto dan Sistem Imun dalam Melawan COVID-19

Jika Anda masih kesulitan mencukupi kebutuhan nutrisi atau kehilangan berat badan terlalu banyak, dokter atau ahli gizi mungkin menyarankan konsumsi suplemen pelengkap gizi. Suplemen yang diberikan biasanya mengandung protein, vitamin, dan nutrisi lainnya lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, suplemen ini bukanlah pengganti makanan utama. Jadi, dalam penerapan diet untuk kanker pankreas, suplemen biasanya dikonsumsi di antara jadwal makan utama atau digunakan sebagai pengganti camilan.

Kanker pankreas bisa mengganggu fungsi pencernaan di dalam tubuh sehingga pasien perlu menerapkan pola hidup sehat untuk kanker yang meringankan kerja pankreas.

Jika Anda kesulitan menentukan pilihan makanan yang baik untuk kanker pankreas atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, konsultasikanlah dengan dokter dan spesialis gizi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

De Souza, A., Irfan, K., Masud, F., & Saif, M. W. (2016). Diabetes Type 2 and Pancreatic Cancer: A History Unfolding. JOP : Journal of the pancreas, 17(2), 144–148. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29568247

Gärtner, S., Krüger, J., Aghdassi, A. A., Steveling, A., Simon, P., Lerch, M. M., & Mayerle, J. (2016). Nutrition in Pancreatic Cancer: A Review. Gastrointestinal tumors, 2(4), 195–202. https://doi.org/10.1159/000442873

Cancer Commons. (2021). Pancreatic Cancer: Why is Diet Important? Retrieved 13 August 2021, from https://cancercommons.org/latest-insights/pancreatic-cancer-why-diet-is-important/

Pancreatic Cancer Action Network. (2021). Diarrhea. Retrieved 13 August 2021, from https://www.pancan.org/facing-pancreatic-cancer/living-with-pancreatic-cancer/diet-and-nutrition/diarrhea/

Pancreatic Cancer Canada. (2021). DIET & NUTRITION. Retrieved 13 August 2021, from https://pancreaticcancercanada.ca/diet-nutrition/

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 30/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.