home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Memahami Persiapan, Prosedur, serta Risiko dari Operasi Annuloplasty

Memahami Persiapan, Prosedur, serta Risiko dari Operasi Annuloplasty

Annuloplasty adalah salah satu metode dalam operasi katup jantung. Bila Anda akan menjalani operasi ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu terkait persiapan, prosedur, serta risikonya. Berikut adalah informasi lengkap mengenai prosedur annuloplasty yang perlu Anda tahu.

Apa itu annuloplasty?

Annuloplasty adalah salah satu prosedur bedah untuk memperbaiki katup jantung yang rusak. Pada prosedur ini, ahli bedah akan mengencangkan atau memperkuat cincin (annulus) di sekitar katup jantung. Ia mengencangkan bagian jantung tersebut dengan menggunakan cincin logam, kain, atau menjahit jaringan yang ada di sekitarnya.

Operasi ini bisa dilakukan tersendiri atau bersamaan dengan teknik bedah lainnya untuk memperbaiki katup jantung. Melalui operasi ini, katup jantung yang rusak bisa kembali berfungsi seperti sedia kala.

Kapan seseorang perlu mendapatkan operasi ini?

cara menjaga kesehatan jantung

Jantung memiliki empat katup untuk memastikan darah mengalir ke arah yang tepat, yaitu mitral, trikuspid, pulmonal, dan aorta. Katup jantung bisa mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya (penyakit katup jantung). Kerusakan bisa berupa penyempitan (stenosis) atau kebocoran (regurgitasi).

Umumnya, dokter merekomendasikan prosedur annuloplasty jika Anda mengalami kebocoran jantung, seperti regurgitasi katup mitral atau regurgitasi trikuspid. Kebocoran jantung biasanya terjadi ketika cincin di sekitar katup jantung (annulus) melebar atau berubah dari bentuk normalnya.

Ketika cincin melebar, penutup katup yang terpasang pada cincin mungkin tidak dapat membuka dan menutup dengan benar. Akibatnya, darah bisa bocor ke belakang dan jantung perlu berupaya lebih keras dalam memompa darah.

Dengan prosedur annuloplasty, ahli bedah dapat membentuk kembali serta memperkuat dan mengencangkan cincin yang melebar tersebut. Dengan demikian, jantung bisa bekerja memompa darah sebagaimana mestinya.

Adapun bila perbaikan jantung ini terasa sulit, ahli bedah mungkin akan memilih prosedur operasi penggantian katup jantung, seperti mitral valve replacement. Sementara pada katup yang menyempit, seperti stenosis katup mitral, operasi perbaikan dengan teknik commissurotomy bisa menjadi pilihan. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi selengkapnya.

Apa saja persiapan sebelum menjalani prosedur annuloplasty?

Umumnya, dokter dan perawat akan menginformasikan kepada Anda mengenai hal-hal apa saja yang perlu Anda siapkan sebelum menjalani prosedur pembedahan ini. Secara umum, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

  • Beritahu kepada dokter bila Anda sedang hamil atau berpikir Anda hamil.
  • Informasikan kepada dokter mengenai obat-obatan, termasuk vitamin, herbal, dan suplemen, yang Anda konsumsi dan tanyakan apakah Anda boleh mengonsumsinya sebelum operasi.
  • Beritahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan tertentu.
  • Beritahu pada dokter jika Anda memiliki gangguan pembekuan darah dan sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menghentikan konsumsi obat ini karena berisiko menimbulkan perdarahan.
  • Usahakan untuk berhenti merokok.
  • Dokter mungkin akan meminta Anda untuk melakukan beberapa tes pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.
  • Tidak makan dan minum (berpuasa) selama kurang lebih 8 jam sebelum prosedur operasi.

Bagaimana prosedur operasi annuloplasty ini?

Umumnya, operasi untuk jantung memerlukan perawatan inap di rumah sakit. Sebelum prosedur dimulai, perawat akan meminta Anda untuk mengganti pakaian dengan baju operasi yang telah disediakan serta melepas seluruh perhiasan di tubuh Anda.

Setelah itu, Anda perlu berbaring di meja operasi. Kemudian, Anda akan mendapat obat bius total untuk membuat Anda tertidur selama prosedur berlangsung.

Selama operasi, Anda akan terhubung ke mesin bypass jantung-paru. Mesin ini membuat darah tetap mengalir di tubuh Anda selama prosedur berjalan. Selain itu, tim medis akan terus memantau detak jantung, pernapasan, tekanan darah, dan tingkat oksigen Anda.

Prosedur annuloplasty umumnya merupakan operasi terbuka, yaitu dilakukan dengan sayatan besar. Meski demikian, operasi invasif minimal dengan sayatan yang lebih kecil juga mungkin menjadi pilihan. Pada operasi invasif minimal ini, ahli bedah akan menggunakan alat khusus yang masuk melalui sayatan kecil tersebut.

Setelah membuat sayatan, ahli bedah akan mengukur cincin katup Anda, kemudian menjahitnya dengan cincin yang terbuat dari logam atau bahan lainnya. Cincin yang dokter gunakan ini bisa bersifat kaku, tetapi mungkin juga lentur, tergantung dari kondisi masing-masing pasien.

Jika sudah selesai, ahli bedah akan melepas alat bypass jantung. Lalu, menutup sayatan dengan jahitan dan perban.

Apa yang terjadi setelah operasi annuloplasty?

operasi bypass jantung

Setelah selesai menjalani operasi, perawat akan memindahkan Anda ke ruang ICU untuk memasuki masa pemulihan selama sehari atau lebih. Saat di ruangan ini, Anda akan mendapat obat-obatan dan cairan melalui infus di tangan atau lengan Anda. Anda pun akan memakai kateter untuk menampung urine serta cairan dan darah dari dada.

Setelah itu, perawat akan memindahkan Anda ke ruang rawat inap biasa selama beberapa hari kemudian. Di ruang ini, perawat akan tetap memantau Anda, termasuk kemungkinan munculnya efek samping dari operasi.

Jika sudah cukup pulih, tim medis akan meminta Anda untuk mulai melakukan pergerakan ringan, seperti berjalan, latihan pernapasan, serta secara perlahan meningkatkan aktivitas Anda. Setelah beberapa hari di rumah sakit, Anda mungkin sudah boleh pulang ke rumah.

Sepulang dari rumah sakit Anda tetap harus menjaga area sayatan tetap bersih dan kering untuk mengurangi risiko infeksi. Selain itu, segera lah rumah sakit jika ada tanda kemerahan, perdarahan, atau keluarnya cairan dari lokasi sayatan, nyeri yang tak kunjung membaik, demam, sulit bernapas, mual atau muntah, atau kelemahan di lengan dan kaki.

Apa hasil dari prosedur operasi ini?

Setelah menjalani prosedur annuloplasty, gejala yang Anda rasakan terkait kondisi ini mungkin mulai membaik. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak langsung melakukan aktivitas berat. Tanyakan pada dokter kapan Anda boleh kembali bekerja, menyetir, atau bahkan berolahraga.

Anda juga perlu tetap menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga untuk penderita penyakit jantung, mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung, berhenti merokok, serta mengelola stres.

Apa risiko dan komplikasi dari prosedur annuloplasty?

Di bawah ini sejumlah risiko dan komplikasi yang mungkin muncul dari prosedur annuloplasty.

  • Perdarahan
  • Serangan jantung
  • Infeksi
  • Irama jantung yang tidak teratur (aritmia)
  • Katup jantung yang diperbaiki tidak berfungsi dengan baik
  • Stroke
  • Kematian
health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Annuloplasty – Type – Mayo Clinic. Mayoclinic.org. (2021). Retrieved 7 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/annuloplasty/pyc-20384965.

Heart valve surgery – Mayo Clinic. Mayoclinic.org. (2021). Retrieved 7 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/heart-valve-surgery/about/pac-20384901.

Heart Valve Repair or Replacement Surgery. (2021). Retrieved 7 July 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/heart-valve-repair-or-replacement-surgery.

Mitral valve surgery – minimally invasive: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Medlineplus.gov. (2021). Retrieved 7 July 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/007411.htm.

Mitral Valve Repair Surgery (Commissurotomy) for Mitral Valve Stenosis | Michigan Medicine. Uofmhealth.org. (2021). Retrieved 7 July 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/abn0755.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 29/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x