home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pembengkakan Jantung (Penyakit Kardiomegali) Bisa Sembuh Apa Tidak?

Pembengkakan Jantung (Penyakit Kardiomegali) Bisa Sembuh Apa Tidak?

Kalau Anda membaca tulisan ini, besar kemungkinan Anda sudah terdiagnosis dengan kardiomegali, yaitu penyakit pembengkakan jantung. Mungkin saat mendengar pernyataan dokter terkait kondisi kesehatan Anda, rasa cemas dan takut seketika muncul. Pasalnya, kardiomegali adalah salah satu jenis penyakit jantung kronis. Lalu, apakah kardiomegali atau pembengkakan jantung bisa disembuhkan? Mungkinkah kambuh kembali di suatu saat nanti? Ini dia jawabannya.

Apakah pembengkakan jantung dapat disembuhkan?

Kardiomegali adalah kondisi di mana jantung membesar akibat berbagai hal. Kebanyakan penyebabnya berasal dari gangguan fungsi jantung lainnya. Bahkan bisa dibilang kardiomegali merupakan komplikasi dari penyakit jantung.

Pertanyaan yang mungkin terlintas pertama kali ketika didiagnosis penyakit ini yaitu apakah kardiomegali bisa disembuhkan? Pada sebagian kasus, ukuran jantung bisa dikembalikan seperti semula. Namun, dalam beberapa kasus jantung tidak akan mengempis kembali pada bentuk awalnya, hanya bisa diperkecil atau sedikit diperbaiki.

Seperti apa pengobatan terhadap orang yang mengalami kardiomegali?

Meskipun bentuk jantung Anda tidak dapat dikembalikan seperti sedia kala, Anda tetap bisa menjalani hidup yang normal, kok. Pengobatan yang dilakukan biasanya bertujuan untuk mengoreksi atau memperbaiki penyebab kardiomegali.

Contohnya, bila kondisi perbesaran jantung ini akibat tekanan darah tinggi. Maka tekanan darah tinggi yang akan diobati. Namun, karena tekanan darah tinggi tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikendalikan, maka dokter akan memberikan pengobatan yang membuat tekanan darah Anda terkendali. Beberapa pengobatan yang biasanya diberikan pada orang yang mengalami kardiomegali adalah sebagai berikut.

Obat-obatan

Jika pembengkakan jantung ini diakibatkan oleh otot jantung yang tidak bekerja dengan baik (kardiomiopati) atau kondisi kelainan jantung lainnya, biasanya dokter akan memberikan pasien beberapa obat seperti:

  • Diuretik, yaitu obat yang berfungsi untuk membantu tubuh mengeluarkan air dan natrium yang tertahan. Biasanya, tumpukan natrium dan air ini juga bisa menyebabkan jantung membesar.
  • Antikoagulan, berfungsi untuk menurunkan risiko penggumpalan darah di pembuluh darah sehingga mencegah serangan jantung atau stroke.
  • Antiaritmia, obat yang berfungsi untuk menjaga jantung tetap berdetak dengan normal.
  • Beta bloker, digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Tindakan medis atau operasi

Jika pembesaran jantung yang terjadi cukup parah, maka operasi atau tindakan medis akan dilakukan. Beberapa tindakan medis yang biasanya dilakukan yaitu:

  • Operasi katup jantung. Jika pembengkakan jantung akibat katup jantung yang tidak berfungsi dengan baik, maka dokter akan memperbaiki katup tersebut.
  • Operasi bypass. Operasi bypass dilakukan jika pembengkakan jantung disebabkan oleh penyakit jantung koroner.
  • Transplantasi jantung. Pada kasus yang cukup parah, maka transplantasi atau cangkok jantung adalah pilihan terakhir untuk mengobati penyakit ini.

serangan jantung tak hanya akibat tumpukan lemak

Apakah kardiomegali bisa menyebabkan serangan jantung?

Berbagai penelitian menyatakan bahwa orang yang ukuran jantungnya membesar akan lebih mudah mengalami serangan jantung. Hal ini sebenarnya diakibatkan oleh jantung yang bengkak sudah tidak bisa lagi menjalani fungsinya dengan normal.

Kerja jantung jadi lebih berat akibat pembengkakan yang terjadi. Kondisi ini yang kemudian membuat seseorang mengalami serangan jantung mendadak atau serangan stroke.

Pembengkakan jantung bisa ditangani dengan perubahan pola hidup

Percuma saja melakukan pengobatan medis kalau Anda tidak menjauhi berbagai risiko penyakit ini. Maka dari itu, pengobatan medis serta penerapan gaya hidup sehat harus dilakukan beriringan dengan perubahan pola hidup.

Tidak sulit, kok. Anda hanya harus memilih-milih makanan yang baik untuk jantung Anda. Misalnya dengan menghindari lemak jahat dan perbanyak asupan serat serta lemak tak jenuh. Pastikan juga Anda selalu melakukan olahraga rutin paling tidak 30 menit sehari. Tak perlu olahraga yang berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai di sekitar rumah atau bersepeda.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya mulai sekarang hindari konsumsi garam serta makanan kemasan yang mengandung natrium. Makanan-makanan tersebut hanya akan membuat tekanan darah Anda melonjak naik dan tak terkendali. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi agar Anda mudah mengatur konsumsi makanan setiap harinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. (2017). Enlarged heart – Treatment. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/enlarged-heart/diagnosis-treatment/treatment/txc-20305843  [Accessed 21 Aug. 2017].

WebMD. (2017). What Is an Enlarged Heart (Cardiomegaly)?. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/heart-disease/guide/enlarged-heart-causes-symptoms-types#1  [Accessed 21 Aug. 2017].

Healthline. (2017). Cardiomyopathy. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/heart-disease/cardiomyopathy  [Accessed 21 Aug. 2017].

Bloodpressureuk.org. (2017). Blood Pressure : Enlarged heart (LVH) and high blood pressure. [online] Available at: http://www.bloodpressureuk.org/BloodPressureandyou/Yourbody/Enlargedheart  [Accessed 21 Aug. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 01/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x